6 Dampak Negatif Tidur Dengan Kipas Angin

30 Jul 2018 19:31 1429 Hits 0 Comments
Tidur dengan kipas angin adalah suatu keharusan bagi beberapa orang. Terlebih, bila kalian tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Tidur dengan kipas angin adalah suatu keharusan bagi beberapa orang. Terlebih, bila kalian tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Meski memang tidur dengan kipas angin bisa membuat kalian tidur dengan nyenyak, namun menggunakan kipas angin sepanjang malam saat kalian tidur sesungguhnya memiliki beberapa dampak negatif.

1. Meningkatkan risiko alergi

Menurut The Sleep Advisor, ketika kipas menggerakkan udara di sekitar ruangan, itu akan menyebabkan banjir debu dan serbuk sari ke arah hidung kalian. Oleh karena itu, jika kalian rentan terhadap asma, alergi serbuk bunga, atau alergi apapun, tidur dengan kipas angin hanya akan membuatnya bertambah buruk.

Sama halnya seperti bila kipas meniupkan debu ke arah kalian setiap kali kalian menyalakannya. Tentu tidur pun tak lagi terasa nyaman.

2.Kulit Menjadi Kering

Selain meningkatkan risiko alergi, tidur dengan kipas angin yang diarahkan ke tubuh akan membuat kulit kering. Saat kipas angin dihidupkan, udara dingin yang berhembus ke arah kalian akan membuat kulit kering jika digunakan dalam waktu yang lama.

Terlebih, bila kalian terbiasa tidur dengan mata yang terbuka sebagian. kalian juga akan mengalami mata kering yang menyebabkan iritasi.

3.Iritasi Sinus

Tidur dengan kipas angin juga dapat menyebabkan iritasi sinus. Hal ini dikarenakan aliran udara yang secara konstan mengarah ke tubuh dapat mengeringkan sinus. Jika itu terjadi terus-terusan, maka tubuh akan memproduksi lendir berlebih untuk mencoba mengimbanginya. Hasilnya, hidung akan mudah tersumbat, berlendir, dan sakit kepala.

4.Nyeri Otot

Ini mungkin tidak kalian sadari. Tapi jika kalian bangun dengan otot yang kaku atau sakit, bisa jadi kipas anginlah penyebabnya. Ini karena udara dingin yang terkonsentrasi dapat membuat otot tegang dan kram. Ini menjadi masalah yang umum terjadi bagi orang tidur dengan kipas angin di dekat wajah dan leher mereka.

5.kekurangan Oksigen

Jika kalian tertidur dengan posisi kipas angin mengarah ke wajah langsung dapat menyebabkan kalian kekurangan oksigen dan kesulitan bernafas. dampak yang ditimbulkan bisa lebih parah bila kalian tidur didalam ruangan tertutup dengan vertilisasi yang buruk. hal ini menyebabkan udara tidak segar terperangkap di ruangan tempat kalian tidur.

6.Penurunan suhu tubuh secara drastis

saat kita sedang tidur maka secara otomatis tubuh akan mengalami penurunan suhu tubuh, namun bila kita tidur menggunakan kipas angin maka suhu tubuh akan berkurang secara drastis.
Selain itu, tekanan darah dan sistem pernafasan akan terganggu. akibatnya bisa fatal pada jantung dan paru-paru yang merupakan organ yang penting bagi kehidupan manusia.


Tapi meski demikian, ada keuntungan tidur dengan kipas angin. tidur dengan kipas angin akan mencegah kalian bangun setiap beberapa menit karena kepanasan. Mungkin ada baiknya kalian  mengarahkan kipas angin tersebut ke arah lain untuk menghindari dampak negatifnya?

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel