Berhentilah Keseringan Marah

27 Jul 2018 21:14 1105 Hits 0 Comments
Ternyata marah - marah secara berlebihan itu tidak baik. Berikut ulasan dampak dari keseringan marah.

Mungkin sebagian dari kita sering marah – marah apabila dalam keadaan yang membuat diri kita tidak nyaman, serta hati dan pikiran kita dalam keadaan panas pula. Tanpa kita sadari ternyata terlalu sering marah – marah, apalagi sampai berlebihan bisa menyebabkan beberapa penyakit bagi diri kita sendiri.

Marah juga disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti tertekan, stress, depresi, sindrom, dan situasi yang tidak nyaman lainnya. Sebagian orang yang sering marah – marah memiliki sensitifitas yang tinggi dan mudah marah pula dengan hal – hal yang kecil / sepele. Terlalu sering marah juga akan membuat tubuh kita menjadi tegang . Kondisi yang tegang tersebut akan meningkatkan proses kerja semua organ tubuh sehingga organ – organ tubuh akan bekerja lebih keras dan beresiko terkena berbagai macam penyakit.

Berikut saya ada beberapa dampak yang diakibatkan dari keseringan marah, yaitu :

1. Terkena penyakit jantung

Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat dari keseringan marah yaitu penyakit jantung. Karena terkadang tanpa kita sadari, ketika kita marah jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Selain itu juga, saat sedang marah – marah tubuh akan mengeluarkan hormon stress yang merupakan racun bagi jantung.

2. Terkena tekanan darah tinggi

Keseringan marah – marah ternyata bisa membuat tekanan darah kita melambung naik, sehingga akan memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

3. Terjangkit penyakit stroke

Otak akan memompa darah dengan cepat dan akhirnya mengakibatkan tersumbatnya aterosklerosis, itu merupakan akibat dari keseringna marah – marah. Sehingga kemungkinan besar akan terkena penyakit stroke, sebab adanya penyumbatan aliran darah pada otak.

4. Tidur terganggu

Saat kita marah – marah, otak akan bekerja aktif dan terfokus pada penyebab kemarahan itu terjadi. Sehingga bisa – bisa kita merasa kesulitan untuk istirahat dan memejamkan mata untuk tidur.

5. Terkena gangguan pernafasan

Ada dari beberapa orang yang ketika marah itu suka ngos – ngos an. Itu merupakan salah satu contoh gangguan pada pernafasan kita yang diakibatkan oleh marah – marah, dan yang lebih parah lagi bisa sampai terkena penyakit sepeti asma.

6. Daya tahan tubuh melemah

Ketika kita sedang marah, tubuh akan meningkatkan hormone stress yang sangat berbahaya bagi kesehatan serta meningkatnya kerja organ tubuh yang mengakibatkan melemahnya daya tahan tubuh.

 

Berikut diatas merupakan bentuk penyakit – penyakit yang disebabkan oleh keseringan marah – marah, mungkin jika sekali atau dua kali belum akan terasa efeknya. Tetapi jika kita sangat sering, bahkan bisa sampai tiap hari, kemungkinan besar akan terjangkit penyakit tersebut.

Marah – marah bukanlah hal yang baik, lebih baik kita selesaikan suatu masalah yang sedang kita hadapi dengan tetap tenang dan dengan kepala yang dingin. Bagi sebagian kita umat muslim, ketika kita seding marah – marah sangat disarankan sekali untuk berwudhu. Karena dengan berwudhu, itu akan membuat hati dan pikiran kita menjadi tenang.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel