Jetpack Cuda, Teknologi Untuk Berenang di Dalam Air

25 Jul 2018 21:40 1454 Hits 0 Comments
Jika jetpack selama ini kita kenal sering mengudara dalam film-film atau pun aksi live nya kini bisa juga berjalan di dalam air.

Diving merupakan olahraga yang sangat menyenangkan karena dengan diving kita bisa melihat view bawah laut yang cantik dan mempesona tentunya sensasi ini tidak akan ditemukan saat di permukaan air dan membuat siapa pun ingin kembali lagi.

Namun terkadang di momen tertentu disaat kita ingin menuju spot tertentu biasanya terkendala dengan kecepatan, tapi kini sepertinya tidak akan lagi dirasakan setelah ditemukannya tabung jetpack yang memiliki kecepatan bergerak cukup tinggi di dalam air.

Jika jetpack selama ini kita kenal sering mengudara dalam film-film atau pun aksi live nya kini bisa juga berjalan di dalam air, sensasinya tentu sangat menyenangkan.

Jetpack bernama Cuda ini seukuran tas ransel sangatlah compact, mudah pengoperasiannya. Diciptakan oleh seorang mahasiswa jurusan designer Loughborough University, Inggris, Archie O'Briendan berkerjasama dengan 3D Hubs (sebuah forum online), memiliki kelebihan pemakaian yang ringkas selama menyelam, terkecil dan pertama dunia, memiliki daya dorong cukup cepat sekitar 8mph-13mph di dalam air tanpa penyelam harus berlelah-lelah berenang ke sana kemari. Menurut Archie O'Briendan ide awalnya ia ingin mengecilkan ukuran jet ski engine menjadi sebuah jetpack seperti sekarang ini.

Jetpack ini memiliki mesin berkarakter motor mini yang bandel dan beruntung untuk merancangnya produsennya sendiri tidak memerlukan waktu lama dan biaya riset yang sangat besar dibanding Seabob, pesaingnya yang ternyata 'hanya' bisa bergerak di atas permukaan air saja dan tentu saja berharga lebih mahal.

Jetpack Cuda dibuat cukup singkat, hanya membutuhkan proses satu tahun agar siap di pasarkan. Dengan dukungan 3D Hubs team Archie O'Brien Cuda berhasil mendapatkan 'formula bahan' mesin driveshaft yang diubah menjadi besi, dan baling-baling yang dibuat dari bahan polimer infused serat karbon yang tangguh berputar di berbagai kecepatan dan tekanan air, heatsink yang bersistem CNC, sisi elektrikal yang sangat kedap air (disegel sangat kuat, lalu disegel kembali, dan dilapisi silikon) berbody plastik kualitas PLA tanpa sambungan dan dilapisi resin epoksi agar secara keseluruhan jetpack Cuda ini benar-benar powerfull di dalam air.

Karena kepraktisannya Jetpack di luar sana banyak digunakan untuk acara diving fun, atraksi hiburan bersama lumba-lumba dan tantangan bawah laut yang tema acaranya bisa kita modifikasi sendiri. Menurut informasi di laman kxxv. com, jectpack Cuda akan mulai diproduksi di awal 2019 nanti, bicara soal harga diperkirakan sekitar $ 6.000 tetap lebih murah dari harga Seabob yang dijual seharga $ 17.000!

Saat perenang bergerak maka untuk mengatur kecepatan, mengendalikan tekanan daya dorong jetpack Cuda, maka perenang cukup menggunakan remote yang dikendalikan selama menyelam. Sedang sebelum memulai menggunakan jetpack, perenang perlu merakit dengan waktu yang cukup singkat sekitar 1 menitan saja.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel