Tips Belajar Dengan Efektif

25 Jul 2018 20:34 925 Hits 0 Comments
Ketika kita belajar dengan tidak efektif, mungkin saja materi yang kita pelajari akan tidak terserap dengan baik. Oleh karena itu disini saya ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Mungkin ada sebagian orang yang seringkali ketika belajar kita merasa kurang efektif, dan adapun yang tidak. Dari kita yang merasa tidak efektif, itu bisa terjadi karena cara belajar yang digunakan salah atau tidak cocok dengan diri kita, sehingga harus mencari cara yang tepat agar semua hal yang kita pelajari bisa diserap dan dikerjakan dengan baik dan benar.

Dan saya disini ada beberapa tips cara belajar bagi kalian yang merasa belajar kurang efektif, yaitu :

1. Belajar kelompok

Bagi sebagian dari kita, mungkin ada saja yang kalau belajar sendiri itu merasa kesuliatan, sedangkan apabila berkelompok bisa diserap dengan mudah. Tetapi perlu diingat, belajar kelompok itu bukan membiarkan hanya yang pintarnya saja bekerja atau belajar, tetapi semua yang terlibat dalam belajar kelompok itu harus sama – sama belajar agar saling paham dan mengerti.

2. Membuat perencanaan diawal

Mungkin ada dari beberapa kita ada yang sibuk sekolah, sehingga tidak ada waktu untuk belajar. Oleh karena itu kita harus membuat perencanaan awal dan membagi waktu diantara sekolah, belajar dan bermain.

3. Rajin mencatat rangkuman / intisari pelajaran

Ada dari beberapa kalian yang mungkin saja, ketika mendengarkan materi dari guru yang dijelaskan itu mudah lupa. Oleh karena itu agar selalu ingat, lebih baik dicatat rangkuman / intisari dari materi yang diberikan guru, dan jangan lupa pula untuk dibaca serta dipelajari agar lebih paham.

4. Belajar menggunakan multimedia

Dijaman yang sudah canggih ini, pasti sudah tidak sedikit dari kalian yang menggunakan internet. Untuk meningkatkan produktifitas kita, lebih baik internet tersebut kita manfaatkan dengan belajar. Dengan cara searching materi – materi yang kita rasa sulit, atau juga yang belum kita ketahui, dan juga mengunjungi Youtube untuk melihat video – video tutorial yang bermanfaat bagi kita.

5. Belajar dengan konsisten

Maksudnya ketika belajar itu jangan hanya ketika mendesak ada tugas atau sekali – sekali saja. Lebih baik kita mengatur waktu untuk konsisten belajar, contohnya seperti setiap malam 1 jam digunakan untuk belajar serta lakukan hal tersebut setiap hari agar terbiasa. Agar kita bisa bisa mengatur waktu untuk belajar dengan baik.

6. Belajar di tempat yang hening dan tenang

Dari beberapa kita mungkin ada yang merasa tidak tenang ketika belajar ditempat yang ramai dan berisik, sehingga materi yang kita pelajari menjadi tidak dapat diserap oleh otak dikarenakan keramaian dan suara yang berisik tersebut. Belajar di tempat yang hening dan tenang bisa menjadi solusi terbaik untuk hal tersebut, contohnya seperti kita belajar sendiri didalam kamar yang tenang dan hening tanpa harus khawatir ada yang mengganggu.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel