Berhentilah Keseringan Menahan Lapar

23 Jul 2018 19:33 1309 Hits 0 Comments
Berhati  - hatilah jika kita keseringan menahan lapar, karena akan berdampak buruk pada kesehatan. Berikut ulasan dampak yang diakibatkan dari keseringan menahan lapar.

Menahan lapar yang dimaksud bukan puasa, melainkan menahan lapar karena ada alasan tertentu. Seperti misalnya tanggung mengerjakan tugas hingga lupa makan, sedang bermain hingga tidak mau makan karena saking asyiknya bermain, atau juga sengaja tidak makan seharian karena ingin diet. Namun perlu diketahui ternyata menahan lapar yang berlebihan, apalagi sampai seharian atau berhari – hari. Itu sudah sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, karena dengan kita menahan lapar dengan alasan – alasan tersebut bisa memungkinkan memperlambat pertumbuhan pada tubuh kita, merusak jaringan metabolism serta kinerja beberapa organ dalam tubuh.

Berikut saya ada beberapa dampak buruk jika kita menahan lapar secara berlebihan, yaitu :

1. Terkena Malnutrisi

Jika kita menahan lapar secara berlebihan, kemungkinan besar diri kita akan mengalami Malnutrisi. Dan ini merupakan efek yang paling bisa merusak tubuh kita, karena Malnutrisi itu sendiri bisa menyebabkan tidak mampu melihat dalam cahaya yang redup atau kurang terang (night blindness) karena kekurangan vitamin A, akan terjangkit penyakit karena kekurangan vitamin C (scurvy), bahkan bisa juga mengakibatkan terkena anemia karena kekurangan zat besi.

2. Menghambat proses metabolisme

Ini juga merupakan dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita, jika keseringan menahan lapar. Karena jika kita kekurangan asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi, maka proses metabolisme pada tubuh kita akan melambat dan terhambat karena kekurangan makan.

3. Kepadatan tulang menurun

Ternyata kekurangan juga bisa menyebabkan kepadatan pada tulang kita menurun, bahkan yang paling parah bisa menyebabkan tulang kita rapuh.

4. Selalu merasa kelelahan

Rasa lapar juga dapat mengganggu keseimbangan vitamin esensial serta memperlambat proses fisiologis tubuh kita. Jadi, seseorang akan meresa cepat lelah dan bahkan bisa menyebabkan pingsan akibat dari kelelahan itu sendiri. Sehingga sangat diperlukan untuk makan dengan gizi yang seimbang bagi tubuh kita.

5. Tekanan darah tinggi

Jika kita kekurangan protasium dan vitamin D, bisa membuat lonjakan darah tinggi. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 3 orang anak, ditemukan 2 kelompok dalam kondisi kekurangan gizi dan tidak kekurangan gizi. Dan penelitian itu mengungkapkan tekanan darah tinggi akan terjadi pada seseorang yang kekurangan gizi.

6. Ketidakseimbangan elektrolit

Kalau kita merasa sangat kelaparan, itu artinya sejumlah nutrisi dalam tubuh kita menghilang. Hal tersebut diakibatkan dari kurangnya konsumsi elektrolit, sebab mineral yang dibutuhkan oleh jantung untuk tetap sehat dan terjaga adalah protasium, sodium, kalsium dan magnesium. Sehingga kekurangan beberapa mineral ini menyebanbkan ketidakseimbangan elektrolit.

7. Mempengaruhi kinerja otak

Ada banyak sekali penelitian yang mengatakan, kalau kita kekurangan makan maka akan mempengaruhi kinerja otak kita. Sehingga pikiran kita akan terganggu ketika dipaksakan melakukan sesuatu dalam keadaan kelaparan, dan yang paling parah memicu terjadinya stres.

 

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel