Peluang Bisnis Penjualan Produk Sistem Dropship

23 Jul 2018 11:21 687 Hits 0 Comments
Sistem yang digunakan adalah pemilik produk dalam hal ini produsen menerima dan mengirimkan barang pesanan dari pelaku dropship dimana pengiriman barang akan ditujukan ke pembeli yang melakukan transaksi lewat pelaku dropship. Ikuti tips selengkapnya disini.

Mungkin beberapa diantara Anda dibuat penasaran dengan bisnis yang akan kami bahas ini yaitu bisnis penjualan produk dengan sistem dropship. Bisnis ini dapat dikatakan adalah solusi bisnis bagi Anda jika ingin berbisnis penjualan produk namun tidak memiliki modal besar. Dan prospek ke depan bisnis penjualan via online cukup cerah, karena masyarakat indonesia sudah banyak yang tidak lagi ragu menggunakan jasa online sebagai alternatif pilihan pembelian produk mereka.

Penjualan produk dengan sistem dropship adalah penjualan produk tanpa memiliki produk sendiri. Sistem yang digunakan adalah pemilik produk dalam hal ini produsen menerima dan mengirimkan barang pesanan dari pelaku dropship dimana pengiriman barang akan ditujukan ke pembeli yang melakukan transaksi lewat pelaku dropship. Pelaku bisnis ini bisa dibilang menjadi tenaga marketing online pemilik produk sebenarnya tanpa harus menggaji tetap tiap bulan. Karena full penghasilan dari dropship adalah selisih dari penjualan setiap produk yang harganya ditentukan sendiri oleh pelaku dropship kedari harga yang dilepas oleh supplier.  

Keunggulan bisnis ini adalah bisa berjualan tanpa harus direpotkan dengan masalah stok barang, pengiriman barang, pengembangan produk, dan lain-lain. Hal-hal seperti itu hanya merupakan tugasnya sang pemilik produk. Pelaku Dropship hanya bertugas mempromosikan produk, menerima pesanan, melakukan order ke supplier/produsen, dan tinggal menunggu pesanan sampai di tempat tujuan. Produknya sendiri cukup bervariasi mulai dari produk-produk fashion, aneka barang unik, dan masih banyak lagi.

Ambil saja contoh sebuah situs yang menjual ransel gunung seperti Backpacks Asia, jika kita andaikan mereka memiliki sistem dropship, maka Anda tidak perlu mengurus barang sama sekali mulai dari produknya sendiri seperti tas carrier-nya, sampai kemasan produk dan pengiriman sampai kepada pemesan barang. Anda sebagai pelaku dropship hanya perlu meneruskan pembayaran dari pembeli kepada penjual tier 1 setiap kali ada order barang yang masuk.

Nah sudah bertekad untuk mencoba merintis bisnis penjualan produk dengan sistem dropship? Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Tentukan produk apa yang ingin Anda jual. Jika produk fashion cari produk yang lagi nge-trend. Carilah supplier-supplier yang terpercaya dan telah memiliki pengalaman yang cukup lama akan bisnis dengan sistem dropship ini. Di internet banyak sekali toko online yang menawarkan sistem dropship, dan Anda bisa cari infonya. Biasaya supplier mempunyai katalog yang bisa digunakan untuk promosi.
  • Setelah menemukan supplier dan menentukan katalognya Anda perlu mempromosikan bisnis penjualan online Anda, bisa lewat jejaring sosial media atau Anda bisa membuat toko online, bisa dari blogspot maupun wordpress.
  • Alat pembayaran dapat Anda lakukan via tranfer bank, diusahakan Anda memiliki token bank terkait supaya memudahkan Anda dalam pengecekan setiap transfer yang masuk dan keluar. 
  • Alat komunikasi handphone yang digunakan untuk mengkonfirmasi transfer dari pembeli dan pemesan.

Ituah tadi beberapa hal-hal pokok yang perlu Anda perhatikan untuk merintis bisnis atau usaha penjualan produk menggunakan sistem dropship. Apabila Anda benar-benar ingin merintis bisnis penjualan produk dengan sistem dropship, maka Anda disarankan untuk menuntut ilmu kepada mentor yang sudah berpengalaman akan bisnis ini. Tergabung dengan komunitas para pebisnis online sedikit banyak akan membantu semakin memperluas wawasan Anda  Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi untuk Anda dalam menjalani bisnis dropship di masa depan.

Tags

About The Author

Azlan Shah 12
Pensil

Azlan Shah

IG: azlanshah_id

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel