Sejarah Pemberian Nama Brand Ternama di Dunia

22 Jul 2018 23:06 1365 Hits 0 Comments
Beberapa merek terkenal menggunakan gabungan nama-nama pendiri perusahaan sebagai merek dagang mereka, sementara yang lain menggunakan permainan kata berdasarkan fokus perusahaan mereka.

Beberapa merek terkenal menggunakan gabungan nama-nama pendiri perusahaan sebagai merek dagang mereka, sementara yang lain menggunakan permainan kata berdasarkan fokus perusahaan mereka.

Namun ada juga beberapa perusahaan ternama yang menggunakan nama perusahaan berdasarkan orang atau tempat sejarah yang unik.

1.Volkswagen

Volkswagen dalama bahasa Jerman artinya Car of the People atau mobil rakyat. Kok bisa dinamakan Car of the People ? Jadi waktu era Nazi berjaya, Nazi membeberkan rencana-rencana unggulnya dalam pemilu, salah satunya adalah memakmurkan rakyat menengah ke bawah. Untuk mencapai rencana tersebut, VW lah yang menjadi ujung tombak rencana Nazi tersebut, karena pada saat itu mobil hanya dipakai untuk pejabat dan orang-orang kaya.

Mulailah prototipe model pertama dari VW dibuat dan diberi nama Kraft durch Freude (KdF-Wagen, yang artinya strength through joy car) pada tahun 1938 dan siapa kira VW tetap menjadi merek ternama sampai sekarang.

2.Nokia

Nokia awalnya adalah sebuah pabrik kertas di Finlandia yang didirikan oleh Fredrik Ideastam pada tahun 1865. Fredrik mempunyai ambisi yang kuat dan fokus dengan bisnis kertas yang sedang ditekuninya tersebut. Akhirnya ia mendirikan pabrik kedua di samping Sungai Nokianvirta (di kota Nokia), yang menginspirasi dia untuk menamai perusahannya itu.

Nokia berkembang mencakup berbagai pasar, seperti karet, kayu dan barang elektronik (kabel dan generator). Setelah terjadi deregulasi telekomunikasi di Eropa pada tahun 1980-an, perusahaan Nokia beralih bidang fokus bisnis menjadi industri telekomunikasi yang kita kenal sampai saat ini.

3.Asus

Perusahaan yang berkecimpung dengan dunia elektronik modern ini terinspirasi dari Pegasus, kuda terbang dari mitologi Yunani Kuno. Asus mengklaim bahwa bisnis mereka adalah perwujudan dari kekuatan, kemurnian dan semangat petualang, sama seperti Pegasus.

Kok gak dinamain Pegasus, tapi malah Asus ? ternyata itu adalah strategi untuk menempatkan Asus di bagian teratas daftar pencarian bisnis jika diurutkan berdasarkan alfabet .

4.Sharp

Sharp awalnya adalah perusahaan yang memproduksi pensil mekanik di Jepang. Ada beberapa pelanggan yang menyebut produk itu "pensil tajam siap pakai", dari situlah Hayakawa Tokuji menamai perusahaannya dengan nama Sharp untuk mencerminkan ketajaman produk yang dihasilkan.

Namun setelah gempa besar yang melanda kota Kanto pada tahun 1923, Dia menjual hak patennya untuk melunasi hutang dan pindah ke Osaka untuk beralih bisnis radio.

5.Cadilllac

Cadillac didirikan dari perusahaan Henry Ford dan berkecimpung di dunia bisnis mobil mewah. Namun, sebenarnya nama Cadillac adalah nama seorang tentara sekaligus penjelajah dari Prancis pada abad 17, Antoine Laumet de La Mothe Cadillac. Hubungannya apa Henry Ford dan Cadillac ?

Jadi Cadillac ini dulunya sangat ambisius untuk membunuh para suku Indian, dengan izin dari Raja Louis XIV yang saat itu memerintah, ia mendirikan Fort-Pontchartrain du Detroit yang sekarang dikenal dengan kota Detroit. Nah, Perusahaan Cadillac awalnya menetapkan pusat perusahaan mereka di kota Detroit dan memberikan nama perusahaan sesuai dengan orang yang mendirikan kota pusat perusahaan mereka beroperasi, Cadillac.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel