Mengenal Lebih Dalam Directx

22 Jul 2018 08:24 1822 Hits 0 Comments
Mungkin dari kalian ada yang belum tau Directx. Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Ada beberapa orang yang mungkin belum mengenal nama Directx, namun ada beberapa orang juga yang sudah paham tentang Directx tersebut. Contohnya setiap kali kita akan menginstall/bermain game, atau menggunakan alat pemutar music pada laptop atau komputer yang masih baru. Pasti kita akan diwajibkan untuk menginstall Directx terlebih dahulu, agar aplikasi yang ingin kita gunakan dapat berjalan dengan sangat baik.

Pengertian Directx

Dari pengertiannya itu sendiri, Directx adalah sebuah rangkaian komponen di Windows yang memungkinkan perangkat lunak, terutama dan khusunya game, untuk dapat langsung dimainkan atau digunakan bersama perangkat keras video dan audio kita. Sebuah game yang menggunakan Directx dapat menggunakan akselerator multimedia bawaan perangkat keras kita dengan lebih efesien dan baik, yang akan meningkatkan pengalaman multimedia secara keseluruhan dan lengkap. Serta jika kita ingin bisa melihat versi Directx yang digunakan komputer atau laptop kita hanya menekan tombol Windows + R, dan setelah itu ketikan dxdiag. Disana nanti akan keluar versi Directx kita.

 

Komponen yang ada pada Directx

Directx itu sendiri memiliki beberapa komponen yang saling melengkapi satu sama lain untuk bisa mengoptimal kinerja hardware pada perangkat komputer atau laptop kita, diantaranya :

1.Directx Grapics

Adalah sebuah komponen yang ada dalam Directx untuk menangani masalah yang terdapat pada graphics, biasanya ini sangat dibutuhkan sekali oleh seseorang yang ingin memainkan sebuah game.

2. Directx Input

Adalah sebuah komponen yang menangani pada bagian peripheral hardware input, yaitu seperti keyboard, mouse, joystick, perangkat MIDI dan lainnya.

3. Directx Sound

Adalah sebuah komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada laptop atau komputer kita. Ada beberapa media player yang mewajibkan atau memerlukan adanya directx sound, agar suara yang dihasilkan bisa maksimal. Contohnya seperti VLC media player, WinAMP, Gom Player dan lainnya.

 

Cara kerja Directx

Directx itu merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer atau laptop yang kita miliki dan sistem operasi yang digunakan, serta Directx juga merupakan bagian dari windows API (Application Programming Interface). Dalam cara kerjanya itu sendiri, contohnya seorang developer game ingin memutar file audio atau suara, maka dia hanya perlu memanggil liblary yang diperlukannya saja. Pada waktu game dijalankan, ia hanya memaggil Directx API dan akan memutar file suara.

Dengan istilah lainnya developer game tidak perlu tahu jenis sound card yang akan digunakan oleh usernya. Microsoft telah menyediakan Directx,  dan pabrikan sound card telah meyediakan pula driver yang berkemampuan Directx. Jadi seorang developer hanya menanyakan suara yang ingin dimainkan saja, dan ini berlaku untuk semua jenis laptop maupun komputer. Tetapi jika sebuah laptop atau komputer tidak memiliki Directx, itu tidak akan berdampak buruk pada perangkat hardwarenya sendiri.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel