Berhentilah Keseringan Begadang

21 Jul 2018 11:31 1454 Hits 0 Comments

Berhentilah keseringan bergadang dari sekarang, karena banyak sekali dampaknya. Mau tau 

apa saja ? Klik ulasan berikut

Pada zaman sekarang begadang mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh orang – orang yang memiliki kesibukan tugas – tugas atau pekerjaan yang harus segera diselesaikan dengan cepat ataupun menggunakan waktu tersebut untuk belajar. Di kalangan remaja banyak juga yang mengurangi jam tidur mereka untuk begadang, dan menggunakan waktu tersebut untuk hanya sekedar bermain game, bermain di tempat tongkrongan, menonton bola atau film dan lainnya.

Kita memerlukan waktu tidur itu setidaknya kurang lebih 6 - 8 jam dalam sehari, jika kita kekurangan untuk tidur efeknya bisa membahayakan kesehatan tubuh kita pula. Tetapi walaupun bisa mengganti jam tidur malam tersebut dengan tidur siang dahulu bisa saja, tapi apabila keseringan tidak baik. Mungkin apabila sekali atau dua kali begadang mungkin tidak akan kerasa efeknya, tetapi apabila sudah sangat sering sampai – sampai hampir setiap hari selalu begadang itu sudah sangat tidak baik bagi kesehatan. Saking sibuk dan terbiasanya atas hal tersebut, sampai – sampai tidak mempedulikan dampak negatifnya. Karena apabila kita keseringan begadang, dapat membuat kesehatan fisik kita menurun serta stress mental.

Disini saya ada beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh begadang, yaitu :

1. Kelelahan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh kita

Hal tersebut dikarenakan tubuh di paksa bekerja secara terus – menerus tanpa ada jeda waktu sesaat untuk mengistirahatkan tubuh kita. Dan akibatnya daya tahan atau kekebalan tubuh kita akan menurun, dan biasanya akan mudah terserang penyakit seperti flu, hepatitis dan lainnya.

2. Terserang Insomnia

Jika kita keseringan begadang maka, kita akan menjadi terbiasa tidak tidur malam hari. Hal tersebut bisa menyebabkan insomnia, contohnya ketika kita akan tidur lebih awal akan merasa sangat kesulitan. Dikarenakan sudah terbiasa begadang atau tidur larut malam. Dan juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

3. Terkena sakit kepala

Kurang tidur yang berlebihan dan terus – menerus bisa memacu kerusakan pada sel otak kita, sehingga bisa menyebabkan gangguan pada kepala seperti pusing maupun sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena otak kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.

4. Berat badan meningkat

Tidur yang tidak cukup juga bisa membuat berat badan kita meningkat terus, karena dengan begadang akan mengganggu metabolisme lemak di dalam tubuh. Hal tersebut juga memacu meningkatnya rasa lapar, yang akhirnya berdampak bertambahnya berat badan.

5. Terserang penyakit jantung dan stroke

Apabila kita tidur dalam waktu kurang dari 6 jam akan beresiko menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat penumpukan plak yang akan bisa membuat penyumbatan pembuluh darah manusia. Selain itu kurang tidur bisa menimbulkan gejala apnea, yaitu dimana udara yang masuk kedalam paru – paru saat tidur melalui dan mulut akan menjadi sedikit jumlahnya.

6. Menyebabkan penyakit Alzheimer

Seorang professor dari Neurology Washington University yang bernama Dr. Yo-El Ju, menyatakan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan resiko plak yang disebabkan oleh adanya penumpukan protein otak. Hal ini diduga bisa menyebabkan kerusakan sel otak , bentuk yang pada Alzheimer. Dan biasanya tertimbun selama 10 – 15 tahun.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel