Jenis Dan Karakteristik Kopi Toraja Yang Penting Untuk Diketahui

18 Jul 2018 13:37 2128 Hits 0 Comments
Tahukah kalian bila kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi yang popular dan kopi terbaik yang dimiliki oleh negara kita Indonesia.

Tahukah kalian bila kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi yang popular dan kopi terbaik yang dimiliki oleh negara kita Indonesia. Jenis kopi ini memiliki nama lain yaitu Celebes Kalosi. Kopi Toraja ini memang telah dikenal oleh para pecinta kopi dari seluruh dunia. Disamping nama kopi Toraja, kopi lain yang juga dikenal oleh penjuru dunia yakni kopi Gayo dari Aceh dan kopi Luwak.

Mari kita kenal lebih lanjut kopi Toraja itu, kopi Toraja berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Sapan. Untuk wilayah Sapan sendiri merupakan lokasi yang dijadikan sebagai tempat pengumpulan kopi Toraja yang berasal dari sekitar Tana Toraja.

Kopi Toraja ini di tanam di ketinggian sekitar 1400-2100 diatas permukaan laut, daerahnya sendiri berada tepat di kaki pegunungan Sasean. Karena kopi ini ditanam di daerah yang subur karena berada di tanah vulkanis dengan ketinggian yang pas membuat kopi Toraja ini memiliki kualitas yang mantap.

Untuk karakter kopi toraja dari rasanya benar-benar sangat nikmat karena berada dalam tingkat keasaman rendah sehingga tidak terlalu berat bagi pecinta kopi. Cita rasa yg dihasilkan dari kopi ini yakni rasa fruity dan juga tidak terlalu pahit saat di konsumsi. Inilah yang menajdikan ia sebagai pembeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Ada lagi yang bakal memikat hati yakni aromanya, aroma yang dikeluarkan dari kopi ini sangat harum dan pastinya benar-benar khas. Mengapa bisa memiliki aroma yang harum. Ternyata kopi Toraja ini ditanam berdekatakan dengan tanaman rempah-rempah sehingga dapat mempengaruhi kopi Toraja.

Jenis Dan Karakteristik Kopi Toraja Yang Penting Untuk Diketahui

Citarasa yang dihasilkan dalam kopi ini melalui proses yang bisa dibilang sederhana. Biji kopi dipilih yang benar-benar matang sempurna dan warnanya itu merah tua, baru memulai untuk memanen. Kemudian biji kopi diolah dengan menggunakan metode giling basah. Setalah selesai digiling kopi akan disangrai dan kemudian akan disimpan selama beberapa hari agar menjadi lebih berkualitas. Proses akhir dihaluskan dan diolah menjadi kopi yang seperti konsumen ingin. Untuk para pecinta kopi yang ingin menikmati kopi ini bisa dilkukan dengan berbagai cara sesuai dengan selera.

Ada dua jenis kopi Toraja,

  • Kopi Arabika

Biji kopi dalam varian kopi Toraja lebih banyak digunakan karena kondisi geografis dari daerah Toraja ini yang berada di pegunungan Sasean dan ketinggian yang memang cocok bila di tanami dengan jenis kopi arabika. Karena kopi jenis arabika dapat ditanam pada ketinggian 700-2000 diatas permukaan air laut.

 

Kopi jenis ini memang akan tumbuh dengan subur serta akan menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Tanaman ini juga kaan terhidar dari penyakit tanaman yakni karat daun yang dapat merusak kualitas kopi. Pada jenis kopi ini memiliki rasa yang ringan dengan keasaman rendah.

 

  • Kopi Robusta

Untuk kopi jenis robusta memang berbeda sekali dengan kopi arabika. Memang di daerah ini tidak memproduksi kopi jenis ini dengan banyak. Citarasa yang ada dalam kopi ini itu lebih kuat dan pahit bila dibandingkan dengan jenis arabika. Mengapa bisa demikian, itu disebabkan kopi jenis robusta memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Untuk para penikmat kopi ada tiga pilihan rasa dan ini tergantung pada penggunaan biji kopi. Untuk kopi arabika memang rasa ringan menonjol dan rasa fruity serta aroma harumnya yang khas. Robusta sendiri citarasa kuat dan pahit, sehingga keduanya bisa dicampur.

Reff : https://www.agromaret.com/tag/kopi-toraja

Tags

About The Author

rizki 23
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel