Cara Beternak Kambing Etawa Yang Baik Dan Benar

16 Jul 2018 12:07 2331 Hits 0 Comments
Ada yang tau kambing etawa? Etawa ya bukan ketawa hehe. Kambing Etawa merupakan kambing popular di Asia Tenggara yang berasal dari India, tepatnya di Distrik Etawah. 

Ada yang tau kambing etawa? Etawa ya bukan ketawa hehe. Kambing Etawa merupakan kambing popular di Asia Tenggara yang berasal dari India, tepatnya di Distrik Etawah. Kambing ternyata ada yang popular jug ya, hehe. Di India atau di Distriknya, kambing etawa disebut dengan kambing Jamnapari.

Kambing Etawa biasanya dimanfaatkan susu dan juga dagingnya. Kalian tahu tidak kalau kambing etawa juga sering loh diikutkan ke ajang kontes. Buat yang belum tau, gimana sih kambing etawa itu? Saya akan deskripsikan bagaimana bentuk kambingnya, kambing etawa berbadan besar, telinganya Panjang, memiliki bentuk wajah yang cembung, tanduknya pendek, dan bulu yang lebat di sekitar pahanya. Udah kebayang belum gimana bentuknya? Hehe.

Kambing etawa ternyata berat lohh, untuk kambing jantan bobot badannya mencapai 90kg dan kambing betina memiliki bobot mencapai 60kg. Kambing etawa betina yang dalam masa puncak laktasi bisa memproduksi susu sekitar 3-4 liter lohh perharinya. Puas deh minum susu kambing, hahaha.

Cara Beternak Kambing Etawa Yang Baik Dan Benar

Bagi kalian yang mau beternak kambing etawa, sebenarnya beternak kambing etawa hanya memiliki 3 aspek saja lohh. Apa apa saja tuh? Mari kita simak!

  • Proses pengadaan indukan atau bibitan kambing etawa

Pada proses ini, sebaiknya kita membeli indukan kambing etawa dari kelompok peternak yang terpercaya dan memiliki indukan serta anakan kambing etawa yang berkualitas. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mengetahui Track Record dari kambing etawa yang akan Anda ternak.

Kambing Etawa yang bagus dijadikan pejantan adalah kambing yang punya postur punggung yang lurus, berbadan besar, memiliki kaki yang kokoh, tidak cacat, dan umurnya sudah lebih dari 1,5 tahun. Sedangkan untuk kambing etawa yang bagus dijadikan sebgai indukannya adalah kambing yang kakinya lurus, memiliki dua putting, tidak liar, memiliki tubuh yang proporsional, dan bebas dari penyakit pastinyaa.

  • Pemberian pakan dan vitamin untuk kambing etawa.

Setelah memilih kambing, berilah kambing etawa Anda vitamin agar kambing Anda tetap sehat di lingkungan barunya supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya dan melupakan lingkungan masa lalunya, huhuu. Pemberian pakan kepada kambing etawa harus Anda sesuaikan dengan usianya, karena tiap kambing memiliki kebutuhan gizi yang berbeda tiap umur. Umumnya pakan kambing etawa dikelompokkan menjadi 2, yakni pakan rumput atau daun hijau dan pakan tambahan seperti kacang, tepung ikan, bungkil kelapa, dsb.

  • Prosedur Pelaksanaan peternakan

Kalau ingin beternak sudah pasti harus ada yang Namanya kandang kan ya temen-temen, hehe. Kandang kambing etawa sudah pasti harus bersih, sinar matahari bisa masuk secukupnya untuk mencegah kotoran ataupun bakteri berkembang di sekitar kandang, dan juga harus ada ventilasti supaya angin bisa masuk ke dalam kandang. Lokasi kandang atau peternakan Anda sebaiknya jauh dari pemukiman, karena kalau kabur, kemungkinan diambil orang hehe.

Umumnya untuk seekor kambing dibutuhkan kandang berukuran ±1 x 1,5 meter. Sebaiknya jarak antara rumah Anda dengan kandang berjarak 10 meter yaa supaya mengawasi kambingnya lebih mudah hehe.

Dari beberapa sumber yang saya baca dari sesepuh Google, ukuran kandang yang cukup untuk kambing etawa yaitu sebagai berikut:

  • Untuk kambing etawa beranak, ukuran kandangnya ±120 x 150 cm per ekornya
  • Untuk kambing etawa indukan, ukuran kandangnya ±100 x 150 cm per ekornya
  • Untuk kambing etawa anakan, ukuran kandangnya ±100 x 125 cm per ekornya
  • Untuk kambing etawa pejantan, ukuran kandangnya ±120 x 150 cm per ekornya
  • Untuk kambing etawa dewasa, ukuran kandangnya ±120 x 150 cm per ekornya

Nah, kira-kira segitu dulu yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, semoga bermanfaat yaa. Semoga artikel saya memotivasi Anda semua untuk beternak kambing etawa, hehe. Kunjungi selalu artikel saya yaa, Terimakasih dan sampai jumpa. Salam embekkk etawa!!

Reff : https://www.agromaret.com/kambing

Tags

About The Author

rizki 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel