Fakta Unik Suara Manusia

6 Jul 2018 20:21 1348 Hits 0 Comments
Mau tau apa saja fakta unik suara manusia ? Silahkan cek ulasan berikut.

Suara merupakan salah satu anugrah yang indah dari tuhan untuk manusia, karena dengan suara manusia dapat berkomunikasi sata sama lain. Bukan hanya itu bahkan suara dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi banyak profesi. Salah satunya menjadi seorang penyanyi.

Saat seseorang mengalami gangguan dengan produksi suaranya, maka dia akan kesulitan dalam melakukan komunikasi dan bahkan menjalankan aktivitasnya. Sebab suara itu terlalu dekat dengan kegiatan sehari – hari atau mungkin terlalu sering kita dengar, kita menjadi kuran memperhatikan tentang fakta -  fakta yang dimilikinya.

Kali ini saya akan coba membagikan bebrapa fakta unik yang mungkin belum kalian ketahui :

1. Ketika kita minum, cairannya tidak akan mengenai pita suara kita

Karena saluran pernafasan itu berbeda dengan saluran pencernaan. Sedangkan suara kita berada di saluran pernafasan. Jadi kalau kita minumcairannya tidak akan mengenai pita suara kita.

2. Saat suaranya lagi cape atau serak, berbicara bisik  - bisik malah membuat kita makin cape

Ternyata berbisik – bisik tersebut memang salah kalau suara kita lagi cape atau serak, karena berbisik – bisik bukanlah gerakan yang alami bagi pita suara kita. Jadi kalau misalnya lagi cape atau serak lebih baik berbicara biasa saja atau tidak berbicara sama sekali.

3. Seorang pria bisa menahan nada panjang selama 20 detik, sedangkan seorang wanita sekitar 15 detik dan anak – anak hanya sekitar 10 detik

Dari point diatas, ada juga seorang Vocal Coach bernama Richard dari Amerika bisa menahan nada panjang sepanjang 1 menit 43 detik.

4. Panjang pita suara pria dan wanita berbeda

Ternyata pita suara itu kecil sekali, untuk seorang pria panjang pita suara biasanya 30mm. Sedangkan untuk wanita yaitu sekitar 20mm dan anak kecil panjangnya sekitar 6mm. Hal tersebut membuat suara pada pria lebih berat dan lebih bass daripada seorang wanita, karena pita suara pada pria lebih panjang daripada wanita.

5. Penelitian menyebutkan wanita yang suaranya tinggi lebih tertarik dengan pria yang suaranya tinggi pula, begitupun sebaliknya

Jadi pada penelitian tersebut menyimpulkan bahwa seorang wanita atau pria lebih suka pada pasangannya yang memiliki tingkatan/range suara sama.

6. Secara umum suara kita ketika berada di outdoor atau luar ruangan saat berbicara bisa terdengar sampai jaraknya 182m

7. Suara kita digerakan oleh otot – otot vokal yang ada pada tubuh 

Artinya kalau kita tidak melatih atau menggunakan vokal kita dalam waktu yang lama, maka kemampuan nyanyi kita bisa hilang. Jadi untuk menghindar hal tersebut banyaklah berlatih, seperti berlatih pernafasan, pemanasan, vocalizing.

8. Otot leher, otot dada, otot pundak, otot lidah dan otot bibir itu kita gunakan dalam berbicara ataupun bernyanyi

Dalam 1 kalimat saja, biasanya kita bisa menggerakan 100 otot.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel