Manfaat Buah Apel yang Kalian Tidak Sadari

5 Jul 2018 22:42 1915 Hits 0 Comments

Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan kalian dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari apel:

Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan kalian dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari apel:

1. Menurunkan Kolesterol
Satu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini memblokir penyerapan kolesterol, membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai tenaga. Tidak menyimpannya hingga menumpuk di dalam tubuh.

2. Mengatasi Diare dan Sembelit
Apakah kalian tidak bisa pergi ke kamar mandi (sulit bab) atau tidak bisa berhenti (diare) ? Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu kalian dalam proses diare.

3. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

4.  Menyehatkan Jantung
Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

5. Kesehatan Otak
Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker
Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

7. Mengurangi resiko gangguan pernapasan
Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.

8. Membantu kerja usus halus
Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

Tags

About The Author

ilham13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel