Manfaat dan Bahaya Kopi Untuk Tubuh

4 Jul 2018 17:33 1306 Hits 0 Comments
Sebagian orang sering meminum kopi untung menghilangkan rasa kantuk yang sedang terjadi dan sebagian orang juga meminum kopi bisa menghilangkan rasa lapar.tetapi tidak mengerti apa kegunaan kopi sesuguhnya bagi tubuh.kopi juga bagus bagi tubuh tetapi bila mengkonsumsinya berlebihan juga bisa berdampak negative bagi tubuh.

Sebagian orang sering meminum kopi untung menghilangkan rasa kantuk yang sedang terjadi dan sebagian orang juga meminum kopi bisa menghilangkan rasa lapar.tetapi tidak mengerti apa kegunaan kopi sesuguhnya bagi tubuh.kopi juga bagus bagi tubuh tetapi bila mengkonsumsinya berlebihan juga bisa berdampak negative bagi tubuh.

Ini dia manfaat kopi bagi tubuh :

1. Mencegah Seseorang Terkena Batu Ginjal
Menurut pakar peneliti yang bertempat di Harvard, mereka melakukan penelitian tentang kopi, dan alhasil merekapun mengumumkan bahwa untuk seorang wanita yang mau meminum kurang lebih 2-3 cangkir kopi sehari, berarti mereka telah mengurangi resiko terkena serangan penyakit batu ginjal sebesar 25%, penelitian ini dikuatkan oleh beberapa ahli peneliti yang tersebar didunia lainnya.

2. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes Tipe II Hingga 50%
Dengan mengkonsumsi beberapa cangkir kopi dalam sehari ternyata juga bermanfaat untuk menjauhkan diri agar tidak terserang penyakit diabetes tipe 2, hal ini didarasi oleh kandungan Asam klorogenik yang terdapat dalam kopi. Kandungan Asam klorogenik berperan memperlambat penyerapan kadar gula pada sistem pencernaan tubuh. Selain berfungsi untuk memperlambat penyerapan kadar gula, Asam klorogenik juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan GLP-1, zat kimia GLP-1 dapat meningkatkan insulin dalam tubuh.


3. Mencegah Kanker
Menurut beberapa riset yang dilakukan secara konsisten bahwa dengan meminum kopi sekitar 2-3 cangkir dalam sehari, dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker, adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker yang terjadi pada wanita (kanker yang menyerang bagian buah dada).

4. Mencegah Penyakit jantung dan stroke
Dengan mengkonsumsi rutin 2-3 cangkir kopi ternyata tidak meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung dan stroke. Malah Sebaliknya, dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah dan mengurangi resiko seseorang terkena stoke.Menurut sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 83.000 wanita diseluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir resiko terkena penyakit stroke hingga 19% hanya dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir dalam setiap harinya.

5. Minum kopi dapat melindungi hati dari Sirosis
Kopi juga mampu melindungi organ tubuh (hati) dari serangan sirosis, terutama serangan penyakit sirosis yang diakibatkan oleh kecanduan minuman keras.

Dampak mengonsumsi kopi berlebihan yaitu:


1. Kafein
Salah satu kandungan yang terdapat pada kopi adalah kafein, kafein sendiri bisa berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung dan memicu meningkatnya tekanan darah.


2. Gangguan pada gigi
Dengan minum Kopi dapat menyebabkan gigi seseorang berlubang, dan menimbulkan karang gigi menjadi kuning.

3. Peningkatan Asam Lambung
Jika mengkonsumsi kopi dengan Dosis yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena kegelisahan. Selain meningkatkan kegelisahan, kadar keasaman kopi dapat mempengaruhi Peningkatan Asam Lambung.

Tags

About The Author

ilham13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel