Cara Agar THR Ga Langsung Habis

10 Jun 2018 14:28 1459 Hits 0 Comments
Ngomongin soal THR, pastinya gak jauh dari antrean kebutuhan yang kudu segera dipenuhi. Jangankan nunggu THR cair, mungkin dari awal Ramadan kalian udah bikin daftar kebutuhan Lebaran yang harus dibeli, sampe nge-list nama sepupu yang harus dikasih angpau.

Ngomongin soal THR, pastinya gak jauh dari antrean kebutuhan yang kudu segera dipenuhi. Jangankan nunggu THR cair, mungkin dari awal Ramadan kalian udah bikin daftar kebutuhan Lebaran yang harus dibeli, sampe nge-list nama sepupu yang harus dikasih angpau. THR ujung-ujungnya cuma numpang lewat doang, malahan kurang banget buat menuhin semua kebutuhan Lebaran.

Alokasiin buat zakat
Yang ini kudu diprioritasin, karena puasa agan bakal kurang afdol kalo zakat kagak ditunaikan. Besaran zakat biasanya ngikutin ketentuan dari Badan Amil Zakat di tempat agan berzakat. Kurang lebih sejumlah 3,5 kilogram beras. Kalo dirupiahin, paling sekitar Rp 40 ribuan. Lebih mantep lagi kalau dilebihin buat sedekah, biar ibadah makin sempurna!

Jangan lupa bayar utang
Selain zakat, yang satu ini juga wajib segera dibayar nih Kalau klian masih punya utang kartu kredit, utang sama tetangga atau sodara dan belom dilunasin, mendingan buru-buru dibayar deh. Kagak mau kan Lebaran keganggu gara-gara dikejar-kejar utang?


Pisahin buat angpao Lebaran
Kalo agan mempekerjakan orang di rumah, misalnya Asisten Rumah Tangga, kalian wajib ngasih THR sebesar satu kali gaji mereka.  Paling kewajiban selanjutnya kasih THR ke keluarga yang pada belom kerja. Kalau buat yang ini mah, seikhlasnya aja.

Siapin jamuan Lebaran dan keperluan mudik
Tiap Lebaran, pasti ada aja tamu atau keluarga yang dateng ke rumah buat silaturahmi. Sebagai tuan rumah yang dermawan, agan kudu ngasih hidangan khas Lebaran yang enak-enak, kayak kue Lebaran, ketupat, opor ayam, rendang, biar tamu pada seneng. Beli makanannya kan pake duit juga tuh gan, jadi jangan lupa dialokasiin buat pos pengeluaran satu ini.
Sedangkan buat mudik, sisihin THR buat biaya transportasi sama akomodasi. Makin jauh kampung halaman, pastinya makin gede juga dana yang mesti dikeluarin.

Sisihin buat Investasi
Meski ada kebutuhan lain yang lebih penting, jangan lupa juga gan sisihin THR buat investasi. Dana ini berguna banget buat jaga-jaga. Siapa tau kan di kemudian hari, gaji agan kagak cukup buat menuhin kebutuhan harian? Kalau (amit-amit) beneran kejadian, agan jadi kagak ribet cari uang sana sini.

Belanja kebutuhan tambahan
Kata orang, belom afdol kalau Lebaran kagak punya barang baru. Makanya kagak heran dah kalau banyak yang ngabisin THR mereka cuma buat beli baju baru, HP baru, dan segala barang yang serba baru. Padahal kata financial planner nih gan, kalo kewajiban-kewajiban di atas udah terpenuhi, baru deh sisanya bisa dipake buat belanja. Bukan malah boros gara-gara belanja duluan! Tapi kalau HP emang udah gak berfungsi baik, baju Lebaran kagak pernah ganti dari 2 taun lalu, ga ada salahnya juga gan buat beli barang-barang itu. Kali-kali gitu nyenengin diri sendiri, ya gak?  

Tags

About The Author

ilham13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel