Beberapa Stadion Tempat Digelarnya Piala Dunia

9 Jun 2018 19:36 1943 Hits 0 Comments
Jelang gelaran Piala Dunia 2018, Rusia sebagai tuan rumah melakukan pembenahan infrastruktur sepak bola besar-besaran. Mulai dari munculnya deretan stadion baru yang modern hingga dirombak stadion-stadion lama agar menjadi lebih mewah.

Jelang gelaran Piala Dunia 2018, Rusia sebagai tuan rumah melakukan pembenahan infrastruktur sepak bola besar-besaran. Mulai dari munculnya deretan stadion baru yang modern hingga dirombak stadion-stadion lama agar menjadi lebih mewah.

Sebanyak 12 stadion yang tersebar di 11 kota pun telah dipilih dan dirombak untuk pertandingan final. Berikut daftar lengkap 12 stadion megah yang akan jadi saksi lahirnya Juara Dunia 2018.

1.Luzhniki Stadium 

Kota: Moscow 
Kapasitas : 81.000

Fans Man United dan Chelsea akan sangat akrab dengan stadion ini, karena Luzhniki Stadium jadi tempat Final Liga Champions 2008. Sebelumnya, bagian dalam stadion telah dihancurkan dan dibangun kembali sejak 2013. Bagian lintasan lari di dalam stadion pun dihilangkan guna membangun atmosfer pertandingan dan menambah kapasitas stadion menjadi 81.000.

2. Spartak Stadium

Kota: Moscow
Kapasitas 45.360
 
Stadion Spartak merupakan kandang resmi dari Klub Spartak Moskow yang dibuka pada tahun 2014. Stadion yang juga dikenal dengan sebutan Otkrytiye Arena ini juga menjadi lokasi yang digunakan untuk Piala Konfederasi 2017. Salah satu keunikan dari stadion yang mampu menampung 45.360 penonton ini adalah keberadaan patung Stratostin bersaudara, pendiri klub, yang berlokasi di belakang salah satu gawang.

3. Kazan Arena

Kota: Kazan 
Kapasitas 45, 379
 
Kazan Arena merupakan markas dari Rubin Kazan, sejak tahun 2013. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat Piala Konfederasi 2017 untuk menggelar salah satu laga semi final. Keunikan stadion ini terletak pada layar besar yang melebar sepanjang satu tribun dan menjadikannya stadion dengan layar luar terbesar di Eropa. 

4. Samara Arena

Kota: Samara 
Kapasitas : 44,918 

Stadion yang disebut Cosmos Arena ini menjadi salah satu venue unik dalam laga Piala Dunia 2018. Dibangun dalam bentuk kubah kaca ala luar angkasa di kota Samara, stadion ini menjadi sebuah bentuk penghormatan terhadap peran kota Samara dalam program eksplorasi ruang angkasa di Uni Soviet dan keunggulan bisnis dan riset luar angkasa yang berkelanjutan di kota. 

5. Mordovia Arena 

Kota: Saransk 
Kapasitas: 45.015

Kontruksi Mordovia Arena dan infrastrukturnya sendiri mulai dibangun pada 2010 silam, dan baru dibuka pada 21 April dengan pertandingan uji coba. Kapasitas awal dari stadion ini adalah 28.000 penonton, namun khusus untuk Piala Dunia 2018 kapasitas ditambah hingga 45.015. 

6. Rostov Arena

Kota: Rostov 
Kapasitas: 45.000
 
Rostov Arena telah melakukan renovasi, salah satunya penambahan kapasitas penonton, dan telah dibuka pada Mei 2018 bersamaan dengan dibukanya taman yang berdekatan dengan stadion, termasuk jalur khusus sepeda sepanjang tujuh kilometer, trotoar dan area hijau. 

7. Fisht Stadium

Kota: Sochi 
Kapasitas: 47, 659
 
Stadion yang terletak di kota Sochi ini pada awalnya dibangun untuk Olimpiade dan Paralympic pada 2014. Konstruksi yang sebelumnya merupakan arena indoor tertutup pun akhirnya diubah menjadi stadion sepakbola terbuka yang memenuhi regulasi FIFA agar dapat digunakan pada turnamen lain seperti lokasi Piala Konfederasi

8. Volgograd Arena

Kota: Volgograd 
Kapasitas: 45.568

Stadion yang didesain khusus untuk Piala Dunia yang dibangung di atas Central Stadium milik Rotor terdahulu yang dihancurkan pada tahun 2014. Stadion ini mampu menampung sekitar 45,568 penonton. Meski terbilang baru dengan ukuran yang relatif besar dengan desain yang sangat menarik.

9. Ekaterinburg Arena

Kota: Yekaterinburg 
Kapasitas: 35.000
 
Stadion ini terbilang sebagai stadion paling aneh yang dibangun Rusia untuk Piala Dunia. Stadion yang dikenal sebagai Central Stadium di Yekaterinburg ini sebelumnya adalah tempat multifungsi yang dibongkar penuh untuk Piala Dunia. Bila sebelumnya stadion hanya berkapasitas 25.000 kursi, maka agar bisa memenuhi aturan FIFA tentang kapasitas minimal stadion sebanyak 35.000 kursi dibangunlah tribun tambahan yang berada di luar stadion. 

10. Nizhny Novgorod Stadium

Kota: Nizhny Novgorod 
Kapasitas : 44, 899

Nizhny Novgorod Stadium memiliki pemandangan yang luar biasa, karena lokasinya yang berdampingan dengan beberapa tempat yang indah di kota tersebut. Setelah Piala Dunia, stadion ini akan digunakan oleh tim olahraga lokal untuk berlatih sepak bola.

11. Kaliningrad Stadium

Kota: Kaliningrad 
Kapasitas 35,212

Kaliningrad bisa dibilang unik dibanding kota tuan rumah lainnya karena tidak terletak di daratan Rusia tetapi berada di tengah Polandia dan Lithuania. Stadion ini terbilang yang terkecil dibanding arena lain yang digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2018 karena hanya memiliki kapasitas 35.212 kursi.

12. Saint Petersburg Stadium

Kota: Saint Petersburg 
Kapasitas: 68.134
 
Stadion yang juga disebut Krestosky Stadium ini menjadi salah satu yang termegah di Rusia. Dengan desain mirip pesawat ruang angkasa, stadion ini juga dilengkapi oleh fasilitas yang lebih mewah dan modern, salah satunya adalah atap yang bisa dibuka tutup secara otomatis. 
Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel