Beberapa Fenomena yang Terjadi Menjelang Lebaran

7 Jun 2018 15:22 1963 Hits 0 Comments

Tak terasa lebaran sebentar lagi

Seperti bulan puasa yang punya banyak fenomena yang terjadi hanya saat Ramadhan, Banyak hal yang menjadi kebiasaan, dan terasa tak lengkap jika tak dipenuhi sebelum lebaran, seperti beberapa fenomena berikut ini:

Tak terasa lebaran sebentar lagi

Seperti bulan puasa yang punya banyak fenomena yang terjadi hanya saat Ramadhan, Banyak hal yang menjadi kebiasaan, dan terasa tak lengkap jika tak dipenuhi sebelum lebaran, seperti beberapa fenomena berikut ini:

1.Mudik

Fenomena yang satu ini sudah menjadi agenda khusus yang wajib dijalankan menjelang lebaran. Terutama bagi yang merantau di kota orang. Tak peduli besarnya biaya dan beratnya medan perjalanan yang harus ditempuh karena macet dan rawan kecelakaan, fenomena yang satu ini tetap ramai peminat.

2.Baju Lebaran

Banyak orang yang mewajibkan diri dan sengaja berburu baju buat lebaran, biar gak gengsi kali ya? bahkan menyiapkan dari jauh hari buat bikin baju lebaran kembaran sekeluarga. Sekalipun gak ada budget lebih buat beli baju, tetep aja maksain. Malahan banyak juga yang harus bersedih hati hanya karena gak bisa nyiapin baju baru, atau minimal sandal baru.

3.Diskon Dimana – mana

Ini pinternya pedagang. Mau di mall, butik, toko online, pasar, dan dimana pun pasti sengaja mengadakan diskon besar-besaran menjelang lebaran. Apalagi pas midnight sale, tidak tanggung-tanggung, diskonnya bisa sampai 90%. Jadi dimaklum aja kalo akhirnya banyak yang maksain belanja.

4.Ongkos dan harga pada naik

Biasanya seminggu sebelum lebaran harga-harga sudah pada naik. Puncaknya di 3 hari sebelum dan sesudah lebaran. Misalnya saja ongkos kendaraan, yang biasanya cuma 5000, menjelang lebaran bisa naik sampai 4 kali lipat.

5.Bisnis ketupat laris manis

Buat yang lagi bingung pengen bisnis apa. Cobain deh bisnis dadakan membuat ketupat lebaran sejak seminggu sebelum lebaran. Karena ketupat pasti jadi makanan wajib di hari lebaran yang selalu tersaji di rumah orang. Jadi pasti bisnisnya bisa laris manis.

6.Malam takbiran

Malam takbiran bakal menjadi semarak banget karna tak jarang orang pada ngumpulin petasan yang aneh-aneh sejak lama buat menghias ramainya malam takbiran. Belum lagi yang siap-siap mau pukul bedug, sejak beberapa hari sebelumnya sudah mulai sibuk membuat kreasi bedug yang unik.

7.Uang baru

Biasanya menjelang lebaran, Tidak sedikit orang yang menukarkan uang nya dengan uang baru. Biasanya uang baru itu dipake untuk diberi kepada anak anak kecil.

8.Kue kering

Jika sudah mau lebaran, Kue kering pasti langsung jadi buruan banyak orang. Biarpun tau gak bakal lebaran di rumah, dan kue itu bahkan gak di buka – buka sebelum lebaran, tetep aja kue kering jadi buruan banyak orang.

9.Saling ngirim parcel

Parcel adalah makanan/minuman dengan jumlah banyak yang dibungkus secantik mungkin.Biasanya sih ngrim chiki,nastar dll.Saling mengirim makanan dalam wadah rantangan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya (sebagai wujud saling terjalin-nya persaudaraan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya).

Tags

About The Author

ilham13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel