apakah ada doa yang tidak terkabul??

6 Jun 2018 09:49 2006 Hits 0 Comments

pasti ada diantara teman teman yang sering berdoa kepada Allah SWT tapi tak kunjung di kabulkan,dan pasti diantara teman teman kalau berdoa didalam hatinya masih menyimpan keraguan

"apakah doa saya akan di kabulkan Allah"

pasti ada diantara teman teman yang sering berdoa kepada Allah SWT tapi tak kunjung di kabulkan,dan pasti diantara teman teman kalau berdoa didalam hatinya masih menyimpan keraguan

"apakah doa saya akan di kabulkan Allah"

Tenang saja teman teman doa kalian semua pasti akan di kabulkan oleh Allah tapi ada yang berbentuk cash dan dp,jadi bersabarlah dan yakin kepada Allah SWT kalau doa kita pasti akan di kabulkan oleh Allah jangan pernah ada sedikit keraguan padanya karena:Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]

Jadi jangan lah kita berburuk sangka kepada Allah karena doa kita belum di ijabah oleh Allah yakin saja bahwa Allah akan meng ijabahnya cepat maupun lambat sebagaimana hadist hadist berikut:

Sabda Rosululloh SAW:
“Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan”
(HR. Ath-Thirmidzi)

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”
(Al mukmin:60)

nah jadi teman teman jangan pernah ragu kalau doanya tidak akan di kabulkan karena Allah sudah berjanji dalam surah di atas kalau Allah berjanji dia tidak akan pernah ingkar.yakin saja.

Terkecuali jika teman teman memakan makanan yang haram itu bisa jadi penyebab doa teman teman tidak di kabulkan sebagaimana 

Rasulullah SAW bersabda;

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang Telah menceritakan kepada kami telah kami rezekikan kepadamu.'” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan  do’anya?.” (H.R. Muslim)

dan hikmah lain jika doa belum terkabul bisa saja karena Alloh suka mendengar suara kita
Sebagaimana diceritakan dalam Risalah Alqusyairiyah bab doa.
Alkisah Yahya bin Said Alqot-thon pernah bermimpi bertemu dengan Alloh, dan dalam mimpi tersebut ia mengadu kepadaNya, “Wahai Tuhanku, banyak sekali doa yang saya panjatkan kepada Engkau namun tidak ada yang Engkau kabulkan”.
Jawab Tuhan: “Wahai yahya, mengapa doa kamu belum saya kabulkan, karena saya senang mendengar suaramu”.
Dengan demikian maka bagi orang yang belum terkabul doanya, janganlah bersedih, bukan berarti Alloh benci pada kita, bisa jadi posisi kita malahan seperti Yahya bin Said, Alloh senang mendengar suara kita.

kenapa bisa begitu coba kalian bayangkan jika doa kita sudah terkabul pasti kita akan berhenti memanjatkan doa doa itu kan jadi allah memperlambat dengan hikmah allah senang sekali mendengarkan doa doa kita bukan membencinya.

dan jangan lah kita berputus asa jika doa doa kita belum di kabulkan sebagaimana hadist berikut: “Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘ Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.’ (H.R.Muslim)

dan tenang saja kalau misalkan doa doa kita belum terkabul dan kita keburu meninggal doa doa kita akan menjadi penghapus dosa dosa kita sebagaimana

 diinformasikan oleh Nabi Muhammad SAW:
“Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan. Pengabulannya itu bisa segera didunia ini, dan bisa juga ditangguhkan di akhirat kelak, atau bisa juga digantikan dengan pengampunan dosa sesuai dengan kadar doanya itu, dengan syarat ia tidak berdoa untuk sebuah perbuatan dosa, atau memutus tali silaturohmi, atau isti’jal (menuntut segera terkabul)”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rosululloh, apa yang dimaksud dengan isti’jal itu?” Beliau menjawab, “Seseorang yang berkata, “Aku telah berdoa kepada Robku, namun belum juga dikabulkan”

HR. Ath-Thirmidzi

 

nah teman teman sudah tau kan jadi jangan pernah mengira kalau Allah tidak mengabulkan doa kita karena pasti doa kita akan di kabulkan by proses jadi bersabarlah.

semoga artikel ini dapat bermanfaat.

sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags

About The Author

Aldi-13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel