Fakta Menarik Jack Ma Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

1 Jun 2018 19:44 2462 Hits 0 Comments

Jack Ma, founder Alibaba yang sangat sukses ini ternyata mempunyai fakta-fakta menarik yang seru untuk dibahas, bahkan ada yang harus kita tiru untuk menjadi sukses.

1.Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Sejak remaja, Jack Ma memilki minat pada bahasa Inggris. Pada usia 12 tahun, ia rajin bangun pukul 5 pagi dan pergi ke hotel di kotanya demi bertemu orang asing untuk praktek berbicara bahasa Inggris.

Ia terus melakukannya selama sembilan tahun dan kemudian menjadi pemandu wisata bagi para turis di China. Dari situ, ia mendapatkan nama panggilan Jack dari para turis, karena mereka sulit memanggil nama Tionghoanya, Ma Yun.

2.Mengalami Penolakan yang Bertubi – tubi Dalam Pendidikan dan Karir

Ma mendaftar untuk belajar di Harvard sepuluh kali dan ditolak setiap saat!
Dia diwawancarai oleh Charlie Rose, dan mengungkapkan sebuah wawasan unik tentang kisah di balik kesuksesannya. Ma mengatakan bahwa dia harus menghadapi penolakan berkali-kali dalam hidupnya: Dia gagal masuk ujian untuk kuliah di China tiga kali dan ditolak oleh Harvard bergengsi 10 kali setelah mendaftar.
Dia juga menolak 30 pekerjaan di China. Ada lima orang yang menerapkan pekerjaan polisi dan empat di antaranya lulus .. tapi dia gagal. Dia kemudian melamar pekerjaan di KFC di mana 27 orang melamar pekerjaan tersebut dan 26 di antaranya mendapat pekerjaan dan Jack Ma gagal.
Bahkan setelah ditolak berkali-kali, dia adalah salah satu orang paling sukses di dunia.

3.Kenapa Menamai Perusahaannya Alibaba?

Alibaba sangat kecil saat pertama kali didirikan di apartmen Jack Ma yang kecil, namun Jack Ma memposisikan masa depan Alibaba sebagai perusahaan global. Jadi nama perusahaan harus besar dan global. Suatu hari, Jack Ma pergi ke sebuah restoran di A.S. dan iseng bertanya kepada pelayan apakah dia pernah mendengar tentang dongeng Alibaba, dia menjawab ya dan menceritakan "open sesame" (di dongeng alibaba,ada gua harta yang pintu batunya dibuka dengan mantra open sesame) Lalu Ma bertanya kepada orang-orang di berbagai tempat dan menyadari bahwa cerita Alibaba dikenal secara global dan pengucapan Alibaba dalam bahasa yang berbeda di seluruh dunia terdengar sama.

Saat Jack Ma mau beli domain "Alibaba.com"ternyata sudah terdaftar, jadi Jack Ma menghabiskan $ 10.000 untuk membelinya dari pemilik aslinya. Bukan investasi yang buruk! Jack Ma juga percaya bahwa cerita "open sesame" sama dengan bagaimana Alibaba membuka pintu rezeki bagi perusahaan kecil di China.

Jack Ma juga mendaftarkan Alimama.com (mama dalam bahasa China berarti ibu, dan baba (dibaca papa) dalam bahasa China berarti ayah), dan Alibaby.com. Dia mengatakan Alibaba, Alimama dan Alibaby adalah keluarga. Dia merencanakan membuka bisnis alimama dan alibaby untuk jangka panjang.

4. Dia tidak suka membaca buku bisnis tapi dia tergila-gila dengan novel bela diri

Ketika dia pertama kali memulai Taobao sebagai cara untuk menangkis eBay mendominasi China, teman Jack Ma merekomendasikan agar dia membaca buku dari eBay yang berjudul "Perfect Marketing" (kisah tentang bagaimana eBay mengalahkan pesaing). Jack Ma menolak membaca buku itu dan sebaliknya dia berkata "Suatu hari saya ingin mereka membaca buku yang berjudul Bagaimana Taobao mengalahkan Ebay'."
Taobao akhirnya mendorong Ebay keluar dari pasar China. Jack Ma mendorong orang muda untuk membaca buku yang mereka minati daripada apa yang populer. Dia mengatakan dirinya menyukai novel WuXia Jin Yong (pengarang pendekar pemanah rajawali,pendekar hina kelana, pedang surga golok naga, pangeran menjangan,dll). Nilai-nilai Jack Ma dengan nilai-nilai inti Alibaba dipengaruhi oleh novel WuXia dan budaya WuXia. Sampai-sampai ruangan-ruangan di kantor Alibaba dinamai dengan sekte-sekte dan aliran bela diri di cerita silat gan. Seperti Ruangan Tapak Besi, Ruangan Gunung Persik,bahkan toilet diberi nama Paviliun Air Terjun. Jack Ma terkadang terlihat mondar mandir di kantor sambil bawa pedang yang menyerupai pedang di serial "Royal sword stained with blood"

Tags

About The Author

ilham13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel