RAM Yang Bagus

4 Jun 2018 16:05 1397 Hits 0 Comments
Lagi mencari RAM ? RAM yang Bagus , Worth It ? Simak dulu beberapa hal sebelum anda membeli RAM yang Bagus , Worth It .

Mungkin disini , para pembaca , terutama para perakit Komputer atau Geek Computer selalu membutuhkan salah satu komponen Komputer , yaitu RAM ( Random Access Memory ) .

“ Untuk Apa Sih RAM ? “ .

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory , yaitu suatu Memory tempat penyimpanan data sementara atau tidak permanen ( yang artinya , jika Komputer dimatikan , maka data tersebut yang ada pada RAM juga akan terhapus . ) ketika saat Komputer dijalankan .

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sementara dan mempercepat kecepatan Komputer . Namun RAM bukanlah komponen utama dalam Komputer . Semakin bagus RAM yang dimiliki , maka akan semakin cepat pula pemrosesan data atau kinerja Komputer tersebut .

“ RAM yang bagus ? “ .

Jika anda ingin membeli RAM yang bagus , anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum anda membelinya , yaitu :

Frekuensi

Pertama , Anda harus ketahui frekuensi RAM nya . Frekuensi RAM tergantung dari jenis DDR nya , salah satu contohnya adalah DDR4 . RAM DDR4 memiliki frekuensi minimal 1600Mhz , tetapi yang sering dibeli rata rata adalah 2400Mhz , tapi ada juga yang membeli 2666Mhz atau 3200Mhz keatas . Semakin besar frekuensinya , semakin cepat RAM .

Kapasitas

Lalu , macam-macam kapasitas RAM , diantaranya : 2GB , 4GB , 8GB , 16GB , 32GB , dan seterusnya ( rata-rata sekarang membeli RAM 4GB ) . Semakin besar ukurannya , maka Komputer bisa membaca dan menjalakan satu aplikasi dengan cepat .

Jenis DDR

Lalu , Jenis DDR RAM , dimulai dari DDR1 , DDR2 , DDR3 , DDR4 . Tapi apa yang membedakan dari keempat tersebut ? Yang membedakan adalah frekuensi RAM nya , seperti yang telah dijelaskan sebelumnya . DDR1 memiliki frekuensi antara 200Mhz - 400Mhz . DDR2 memiliki frekuensi antara 400Mhz - 1966Mhz . DDR3 memiliki frekuensi antara 800Mhz - 2133Mhz . DDR4 memiliki frekuensi antara 1600Mhz - 3200Mhz . Jadi sekarang rata-rata membeli DDR3 untuk keperluan biasa , tapi ada yang membeli DDR4 untuk keperluan yang lain . So , DDR1 dan DDR2 sudah jarang dipakai lagi .

Single Channel atau Dual Channel

Terakhir , membandingkan antara membeli Single Channel atau Dual Channel . Perbedaan dari Single dan Dual ini adalah perfoma kecepatannya , dimana Single Channel lebih rendah perfomanya dibanding Dual Channel . WHY ? Contoh , Single Channel adalah 1 RAM dengan kapasitas 4GB , sedangkan Dual Channel adalah 2 RAM dengan masing-masing kapasitas 2GB ( jadi 2x2 = 4 ) . Yang membedakannya adalah penggunaannya . Dimana Single Channel berarti 1 RAM mengerjakan semua proses di Komputer tersebut , sedangkan Dual Channel yang berarti ada 2 RAM bisa dialokasikan untuk menangani proses yang berbeda , sehingga Dual Channel bisa melakukan aktivitasnya berjalan normal . Untuk biaya , Single Channel lebih rendah daripada Dual Channel .

Heatspreader

Heatspreader adalah pelindung untuk RAM . Biasanya suka digunakan untuk para pengguna Komputer yang suka bermain Komputer terlalu lama atau juga untuk Overclocking . Heatspreader berguna untuk mengurangi panasnya RAM dan dapat memperpanjang umur RAM .

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan untuk membeli RAM yang bagus . But one thing , Anda lebih baik membeli RAM sesuai kebutuhan anda dan satu hal yang penting , tidak semua Komputer mendukung jenis DDR dan frekuensinya pada Mainboard atau Motherboard . Dan jangan lupa untuk memilih tipe RAM nya , DIMMs biasanya digunakan untuk Komputer , sedangkan SODIMMs biasanya digunakan untuk Laptop .

Until Next Time , Peace .

About The Author

JER 37
Ordinary

JER

Suka sesuatu.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel