sering bersedekah tapi masuk kedalam neraka,kenapa??

29 May 2018 12:56 2945 Hits 0 Comments
pasti kalian bertanya tanya kan ko bisa orang yang sering bersedekah bukannya masuk kedalam surga malah masuk kedalam neraka.padahal orang tersebut bersedakah di jalan allah

pasti kalian bertanya tanya kan ko bisa orang yang sering bersedekah bukannya masuk kedalam surga malah masuk kedalam neraka.

padahal orang tersebut bersedakah di jalan allah tapi tetap masuk kedalam neraka,kenapa?

sudah saya pernah katakan kalau semua perbuatan itu tergantung dari niatnya.Karena masih ada saja orang berbuat baik hanya karena ingin di puji oleh manusia.padahal sebaik baiknya perbuatan itu dari hati yang ikhlas yang mengharapkan ridha dari Allah SWT.

kenapa harus ikhlas??

Karena Abi Umamah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali apa yang ikhlas untuk mencari Wajah Allah.” (HR. An-Nasai no. 3140 dan dishahihkan Syaikh Al-Albani)

karena percuma saja jika kita bersedakah cuman ingin orang orang memuji kita sebagai orang yang dermawan.mending niatkan kita berbuat baik dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT.

dan jangan juga riya mentang mentang kita bersedekah dengan  uang yang lebih banyak dari pensedekah lainnya.

Karena dari Jundab bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Siapa yang berbuat riya (beramal agar dilihat kebaikannya) maka Allah akan menampakkan riyanya, dan siapa yang berbuat sum’ah (beramal agar didengar kebaikannya) maka Allah akan membeberkan sum’ahnya.” (HR. Al-Bukhari no. 6499 dan Muslim no. 2986)

Seharusnya kita harus lebih bersyukur karena kita di berikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT dan untuk di sedekahkan dengan kepada orang yang membutuhkan seperti fakir miskin bukan malah mencari pujian dari orang orang.

karena  Rasulullah pernah bersabda:

"Berikutnya (yang diadili) adalah orang yang diberikan kelapangan rezeki dan berbagai macam harta benda. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengenalinya (mengakuinya). Allah bertanya, 'Apa yang engkau telah lakukan dengan nikmat-nikmat itu?' Dia menjawab, 'Aku tidak pernah meninggalkan shadaqah dan infaq pada jalan yang Engkau cintai, melainkan pasti aku melakukannya semata-mata karena Engkau.' Allah berkata, 'Engkau dusta! Engkau berbuat yang demikian itu supaya dikatakan seorang dermawan (murah hati) dan memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).' Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeretnya atas mukanya dan melemparkannya ke dalam neraka," [HR. Muslim, shahih].

nauzubillah min zalik padahal kalau kita bersedakah dengan ikhlas dan mengarapkan ridha dari Allah SWT kita mendapatkan banyak ke untungan,dan juga bersedakah tidak akan membuat mu miskin malah rezeki kita akan di lipat gandakan, percaya deh,karena nabi pernah bersabda:

 “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah“.

dan Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

sedekah juga dapat memanjangkan umur seseorang sebagaimana Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

dan bersedakah juga dapat memadamkan panasnya alam kubur sebagaimana Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

bersedakah juga adalah salah satu amalan yang dibawa sampai mati dan akan terus mengalir sebagaimana Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“.

 

bagaimana sedekah itu menguntukan loh bukan membuat kita rugi tapi itu juga tergantung niatnya juga yang terpenting kita harus ikhlas jangan sampai niat baik kita malah menghankarkan kita kedalam api neraka.

semoga artikel ini bermanfaat.

sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tags

About The Author

Aldi-13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel