Sudah benar kah sholat kita selama ini???(part 2)

27 May 2018 14:15 2533 Hits 0 Comments

Sholat kita haruslah sempurna dan tidak boleh asal asalan,dan kenapa harus sempurna??

 

Pasti di antara kita pasti pernah terbesit pertanyaan apakah cara sholat kita selama ini sudah benar dan sempurna.

Sholat kita haruslah sempurna dan tidak boleh asal asalan,dan kenapa harus sempurna??

Gambar terkait

Karena Sholat menjadi tolok ukur diterima atau tidaknya amalan-amalan lainnya dari seseorang.Dan Insya Allah seluruh amal kita akan diterima manakala shalat kita baik. Sebaliknya, amalan kita tidak akan berguna jika shalat kita rusak.

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, kebanyakan kita menegakkan shalat namun tidak memperoleh pahala (kebaikan) sholat yang sempurna. Bahkan Beliau mengatakan bahwa paling maksimal kita hanya memperoleh 1/2-nya. Apa yang dapat menyebabkan hal ini?

Ada 2 faktor yang menentukan tingkat kesempurnaan seorang hamba Allah dalam sholatnya,yaitu:

1. Sejauh mana kecocokan sifat (kaifiat/tata cara) sholat kita dengan sifat sholat Nabi SAW (Syaikh al-Albani).

Semakin dekat kemiripan atau kesamaan shalat kita dengan habibullah Rasulullah SAW, semakin tinggi tingkat kesempurnaan  sholat kita. Begitu pula sebaliknya. Apakah cara sholat kita sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW?

2. Khusyu’-nya kita saat sholat (menurut Ibnu ‘Arabi)

Mungkin dari sebagian besar orang khusyu’ ini adalah perkara yang sulit. Namun, kita harus tetap berusaha ke arah sana. Otomatis mereka yang khusyu’ dalam sholatnya akan memperoleh lebih banyak kebaikan (pahala) daripada mereka yag tidak khusyu’ dalam sholatnya. Lebih lanjut Allah SWT menyatakan bahwa orang mu’min yang beruntung adalah mereka yang khusyu’ dalam sholatnya (QS Al-Mu’minun: 2). Menurut para ulama’ salah satu ciri sholat khusyu’ ialah tenang/tidak tergesa-gesa dalam sholatnya. Bagimana dengan sholat kita?

Mari kita simak bagaimana sih cara sholat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Yang pertama adalah

berdasarkan niat dari seseorang itu sendiri,karena jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri untuk shalat, beliau menghadap ke arah Kiblat dan berdiri mendekat ke pembatas (sutrah). Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan sesungguh-nya setiap orang hanya mendapat (balasan) berdasarkan niatnya.”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai shalat dengan ucapan:

 “Allah Mahabesar.”

Yang kedua adalah

Beliau mengangkat kedua tangannya lalu meletakkan yang kanan di atas yang kiri di atas dada. Beliau mengarahkan pandangannya ke tanah (tempat sujud).
Kemudian membuka bacaan dengan berbagai macam do’a (do’a istiftah), beliau memuji, menyanjung dan memuliakan Allah.
Kemudian beliau memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk (ta’awwudz). Kemudian membaca:

Artinya: “Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.” (Dengan tidak nyaring).

Kemudian membaca al-Faatihah dengan berhenti pada tiap-tiap ayat (tartil). Seusai membaca al-Faatihah, beliau mengucapkan: “Aamiin,” dengan menjaharkan (mengeraskan) dan memanjang-kan suaranya. Setelah membaca al-Faatihah, beliau membaca surat lainnya. Terkadang memanjangkannya, dan terkadang memendekkannya.

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengeraskan bacaan pada shalat Shubuh dan dua raka’at pertama dari shalat Maghrib dan ‘Isya’. Serta memelankan bacaan pada shalat Zhuhur, ‘Ashar, raka’at ketiga dari shalat Maghrib serta dua raka’at terakhir dari shalat ‘Isya’.

Kemudian jika beliau selesai membaca, beliau diam sejenak. Setelah itu beliau mengangkat kedua tangannya, bertakbir, dan ruku’. Beliau letakkan kedua telapak tangannya pada kedua lutut lalu meregangkan jari-jemarinya. Beliau tekankan kedua tangannya pada kedua lututnya seakan-akan menggenggamnya.

Beliau regangkan kedua sikunya ke samping sambil meratakan dan meluruskan punggungnya. Hingga andaikata dituangkan air di atasnya, niscaya air itu tetap tenang (tidak tumpah). Beliau berdiam agak lama saat ruku’ dan mengucapkan:

“Mahasuci Engkau, wahai Rabb-ku Yang Mahaagung.” (Diucapkan sebanyak tiga kali).

Dalam rukun ini beliau mengucapkan banyak macam dzikir dan do’a. Terkadang mengucapkan ini, terkadang pula yang itu. Beliau melarang membaca al-Qur-an dalam ruku’ dan sujud. Setelah itu beliau mengangkat punggungnya dari ruku’ sambil mengucapkan:

 “Allah mendengar orang yang memuji-Nya.”

Ketika i’tidal ini beliau mengangkat kedua tangannya sambil membaca:

 “Ya Rabb kami, hanya bagi-Mu-lah segala pujian.”

 

Yang ketiga adalah

 Kemudian beliau bertakbir dan menyungkur sujud. Beliau meletakkan kedua tangannya di atas tanah sebelum kedua lututnya. Beliau bertelekan pada kedua telapak tangannya dan membuka (lengan)nya. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam merapatkan jari-jemarinya dan menghadapkannya ke Kiblat. Beliau meletakkan sejajar dengan kedua bahunya dan terkadang sejajar kedua telinganya. Beliau menempelkan hidung dan dahinya ke tanah. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku diperintahkan untuk bersujud di atas tujuh tulang: dahi -sambil menunjuk hidungnya dengan tangan- kedua tangan dan kedua lutut, serta ujung jari-jemari kedua kaki.”

Dan yang paling penting adalah hidung juga harus menempel di tempat sujud karena rasullulah SAW pernah bersabda yang bunyinya:

 “Tidak (sempurna) shalat orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah sebagaimana menempelkan dahinya.”

Beliau berdiam sejenak dalam sujudnya sambil mengucapkan:
 “Mahasuci Rabb-ku Yang Mahatinggi.” (Diucapkan tiga kali)

Beliau memerintahkan untuk bersungguh-sungguh dan memperbanyak do’a pada rukun ini.

Kemudian beliau mengangkat kepala sambil bertakbir, lantas menggelar kaki kirinya dan mendudukinya (duduk iftirasy) dengan tenang. Beliau tegakkan telapak kaki kanannya sambil menghadapkan jari-jari telapak kaki kanan tersebut ke Kiblat. Lalu beliau mengucapkan:

 “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, cukupilah kekurangan-ku, angkatlah derajatku, tunjukilah aku, maafkanlah aku, dan berilah rizki kepadaku.”

Kemudian beliau bertakbir dan melakukan sujud kedua sebagaimana yang pertama lalu mengangkat kepalanya sambil bertakbir.
Kemudian bangkit duduk tegak di atas kaki kirinya hingga tulang-tulang kembali pada tempatnya semula (duduk istirahat). Kemudian bangkit ke raka’at kedua dengan bertumpu pada tanah.
Beliau melakukan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama. Hanya saja beliau melakukannya lebih singkat daripada yang pertama.

Kemudian beliau duduk tasyahhud seusai raka’at kedua. Jika shalat terdiri dari dua rak’at, maka duduk iftirasy sebagaimana duduk di antara dua sujud. Begitupula pada raka’at kedua dari shalat yang berjumlah tiga atau empat raka’at. Jika beliau duduk tasyahhud, beliau letakkan telapak tangan kanannya di atas paha kanannya dan meletakkan telapak tangan kirinya di atas paha kirinya. Beliau buka tangan kirinya dan menggenggamkan tangan kanannya di atas paha kanannya sambil menunjuk dengan jari telunjuknya dan memusatkan pandangan padanya. Jika beliau mengangkat telunjuknya, beliau menggerak-gerakkannya dan berdo’a dengannya. Beliau bersabda, “Dia memiliki (pengaruh) yang lebih dahsyat terhadap syaitan daripada besi.” Maksudnya telunjuk tadi.

Beliau lantas membaca tahiyyat pada setiap dua raka’at. Beliau bershalawat bagi dirinya sendiri pada tasyahhud awal maupun yang seterusnya. Dan beliau mensyari’atkan hal ini pada umatnya. Dalam shalatnya beliau mengucapkan banyak do’a yang beraneka ragam.

Beliau kemudian mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan mengucap((semoga kesejahteraan dan rahmat Allah terlimpahkan atas kamu sekalian.” Begitupula pada yang kiri. Beliau terkadang menambah kalimat (dan berkah-Nya)” pada salam pertama.

Bagaimana sudah tau kan tata cara sholat yang benar itu gimana,yu mulai dari sekarang perbaiki tata cara sholat kita yang mungkin masih belum sempurna.

semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Tags

About The Author

Aldi-13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel