Sekolah Yang Baik, Seharusnya Transparan

24 May 2018 12:56 1930 Hits 0 Comments
Sudah bukan rahasia lagi jika nilai akademik maksimal yang diraih para siswa adalah output yang selalu diharapkan oleh setiap murid, wali murid, dan sekolah itu sendiri tentunya. Namun, jangan jadikan nilai akademik sebagai orientasi dari kegiatan belajar-mengajar. Ada baiknya, sekolah harus mengedepankan proses dari setiap kegiatan pengajaran.

Pada dasarnya, sekolah merupakan sebuah lembaga yang berfungsi untuk memberikan pelayanan fundamental kepada masyarakat berupa ilmu pengetahuan, pengenalan diri, pengembangan bakat, kemampuan, dan mental, kesempatan meraih masa depan yang baik, memenuhi kebutuhan sosial, hingga transformasi budaya. Untuk menjalani fungsi-fungsi tersebut, maka pihak sekolah wajib memberikan pelayanan sebaik mungkin. Cheng (1996) pernah menyebut bahwa sekolah yang efektif adalah sekolah yang dapat memberikan fungsinya secara maksimal. Adapun fungsi yang dimaksud dapat melingkupi fungsi edukasi, budaya, ekonomi, agama, sosial, politik, dan kemanusiaan. Jika seluruh fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik, maka sekolah dapat menghasilkan output yang baik pula berupa Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, citra yang positif di masyarakat, serta profit yang bisa dikembalikan untuk mengembangkan sekolah.

Untuk itu, Paybill telah merangkum beberapa cara dari berbagai sumber yang bisa diterapkan sekolah agar bisa memberikan fungsi maksimal kepada masyarakat, antara lain:

Sekolah Unggulan Harus Berorientasi Pada Proses Pembelajaran
Sudah bukan rahasia lagi jika nilai akademik maksimal yang diraih para siswa adalah output yang selalu diharapkan oleh setiap murid, wali murid, dan sekolah itu sendiri tentunya. Namun, jangan jadikan nilai akademik sebagai orientasi dari kegiatan belajar-mengajar. Ada baiknya, sekolah harus mengedepankan proses dari setiap kegiatan pengajaran. Proses yang dimaksud antara lain guru harus bisa memastikan bahwa siswa benar-benar memahami apa yang mereka pelajari, mengetahui kemampuan dan kelemahan masing-masing, menanamkan keinginan para siswa untuk terus berkembang, hingga membangun suasana belajar-mengajar yang nyaman. Dengan begitu, para siswa tidak hanya berpeluang meraih nilai akademik yang baik, tapi juga bekal kemampuan dan mental yang cukup untuk bekal di masa depan.

Mengikuti Perkembangan Jaman
Kurikulum pendidikan di Indonesia selalu berkembang dan sekolah wajib mengikuti perkembangan tersebut. Namun bukan berarti perkembangan yang dituntut kepada pihak sekolah hanya sampai pada perkembangan kurikulum saja. Sekolah pun harus mengikuti perkembangan budaya, gaya hidup, teknologi, sampai karakter para murid. Bahkan, akan lebih baik jika sekolah dapat mengetahui perkembangan jaman terlebih dahulu dibanding murid-muridnya. Ini bukan hanya jadi tantangan serius bagi sekolah, tapi juga bagi para pendidik yang ada di dalamnya.

Perbaikan Kualitas Pelayanan
Sebagai sebuah lembaga pelayanan masyarakat di bidang pendidikan, sudah sepatutnya sekolah wajib memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik. Untuk itu, sekolah perlu memiliki program evaluasi secara berkala. Hasil evaluasi ini akan jadi raport bagi seluruh komponen sekolah untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Tak hanya itu, masalah perkembangan jaman seperti yang dijelaskan di atas pun bisa jadi sebuah informasi penting agar sekolah bisa memberikan pelayanan terbaik. Dengan mengetahui perkembangan jaman, sekolah pun dapat memahami kebutuhan yang paling relevan dengan para murid pada suatu waktu.

Berinvestasi kepada kualitas SDM juga termasuk upaya peningkatan kualitas pelayanan. Dalam arti, komponen-komponen pengajar seperti guru harus terus diberi pelatihan. Sekolah pun harus mau menerima input berupa saran dan kritik dari pihak luar seperti orangtua murid, pemerintah, media, dan lainnya. Masukan tersebut bisa menjadi nutrisi bagi sekolah agar bisa jadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan pendidikan.

Menciptakan Lingkungan yang Sehat, Aman, dan Nyaman
Iklim yang sehat, nyaman, dan aman harus tercipta di lingkungan sekolah. Dengan adanya iklim seperti ini, materi yang diberikan akan lebih mudah diserap oleh para murid. Lingkungan yang baik ini pun harus jadi sebuah garansi yang diberikan kepada para wali murid yang menitipkan anaknya di sekolah. Adapun ciri lingkungan sekolah yang dimaksud antara lain memiliki kualitas udara yang baik, enak dipandang mata, memiliki sistem sanitasi yang baik, jauh dari bahaya dari luar, bisa jadi tempat berkumpul yang nyaman, hingga adanya tumbuhan hijau. Lingkungan yang baik ini pun jangan hanya diciptakan oleh pihak sekolah, tapi sebaiknya libatkan pula para murid dalam bentuk sosialisasi kebersihan, kerjabakti, dan sebagainya.

Akuntabel dan Transparan
Sekolah yang baik pun harus transparan dan akuntabel dalam mengelola kegiatan, termasuk kepada para wali murid. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan fasilitas pembayaran tagihan sekolah yang terbaik seperti Paybill Invoice. Paybill Invoice adalah aplikasi yang dapat digunakan pihak sekolah untuk mengirim dan membuat tagihan langsung kepada wali murid, membantu wali murid agar dapat membayar iuran sekolah tepat waktu dengan adanya fitur reminder, memudahkan pengelola iuran untuk memonitor status pemabayaran iuran, hingga menjadi sarana informasi antara sekolah dengan walimurid. Walimurid pun dapat langsung membayar tagihan yang dikirim pihak sekolah melalui aplikasi Paybill Payment yang bisa diunduh secara gratis di App Store atau Google Play. Dalam aplikasi ini, terdapat banyak metode pembayaran untuk memudahkan wali murid dalam memenuhi kewajibannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Paybill Invoice dan Paybill Payment, Anda bisa kunjung www.paybill.id atau hubungi Helpdesk kami melalui email ke support@Paybill.id

Tags

About The Author

muhammad soleh 24
Novice

muhammad soleh

wartawan
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel