Karya Spektakuler Maestro Fotografi Ini Sita Perhatian Dunia

15 Feb 2018 08:48 1259 Hits 0 Comments
Karya-karya fotograper dunia ini benar-benar menakjubkan, semua fenomena alam yang terjadi berhasil mereka ubah menjadi sebuah mahakarya yang mampu menyita perhatian dunia.

Kalian memiliki hobi travelling dan fotografi, atau menjadikan fotografi sebagai profesi? Jika ya, mungkin beberapa tempat ini bisa menjadi inspirasi bagi kalian, untuk menyusun rencana petualangan dan merekam fenomena paling menakjubkan yang terjadi di sekitar kita. 


Dunia fotografi kini tidak hanya digemari oleh segelintir orang, pada dasarnya kini fotografi menjadi gaya hidup, dan seperti dilansir dari omnicoreagency.com, total pengguna Instagram yang aktif mencapai 800 juta, hal tersebut bisa menjadi salah satu tolak ukur bahwa fotografi tidak hanya menjadi sekedar profesi. Belum lagi fakta bahwa pengguna Instagram yang tersebar di dunia sebesar 61% diantaranya berusia 18-34 tahun, menandakan bahwa kini generasi millennial memiliki ketertarikan lebih terhadap fotografi, dilansir dari statistica.com. 


Dan jika kalian termasuk ke dalam orang-orang yang ingin melakukan eksplorasi dan penjelajahan di dunia, mengetahui budaya dan lingkungan baru di luar sana, beberapa foto ini bisa menjadi inspirasi untuk kalian, untuk segera berkemas dan melangkah keluar, dan temukan apa yang ada di hadapan. 


Berikut adalah fenomena dan gambar terbaik bulan ini yang berhasil dikumpulkan oleh fotografer National Geographic.

 

MICRONESIA
Pingelap merupakan sebuah atoll di Samudra Pasifik bagian dari Pohnpei, Federasi Mikronesia yang terdiri dari tiga pulau, Pingelap, Sukoru dan Daeka. Pingelap juga disebut sebagai pulau buta warna (Island of the Colorblind) dan disebutkan jika 10 persen penduduknya yang berjumlah 250 orang buta warna. Tidak ada yang tahu penyebab pasti mengapa sampai 10 persen penduduk Pingelap buta warna penuh. Namun satu teori yang ada ketika itu, pada tahun 1780 Tsunami besar menyapu pulau dan menyisakan sekitar 20 orang termasuk sang raja, dan diyakini raja ini yang menuadi sumber penyebar kecacatan genetic buta warna kepada keturunannya.
FOTO BY SANNE DE WILDE, NOOR

 

HONGKONG
Hongkong adalah rumah bagi tujuh juta orang yang mendiami tempat hanya sebesar 426 mil persegi, dan kota ini juga menjadi salah satu kota berpenduduk paling padat di dunia. Namun, Hongkong juga memiliki pesona yang luar biasa untuk menggaet para pelancong dari penjuru dunia.Statistik yang dikeluarkan oleh Dewan Pariswisata mengatakan bahwa terhitung sejak September 2017 jumlah pelancong tumbuh menjadi 2.2 persen dari tahun lalu, menjadi 42.63 juta wisatawan yang menikmati suasana kota Hongkong, dilansir dari scmp.com.
Dan potret di atas menunjukkan bagaimana lensa mengangkap refleksi dari gedung-gedung yang tinggi menjulang, dipadukan dengan lengang suasana taman saat hujan, menjadikan harmoni yang tak bertepi di gambar ini.

FOTO BY SPREEDPHOTO/GETTY

 

INDONESIA
Kalian tentu tidak asing dengan gambar tersebut, yap benar sekali. Gunung Bromo yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi salah satu destinasi yang tak pernah sepi peminat. Terus mengalami erupsi secara teratur, gunung ini mengeluarkan abu vulkanik yang cukup panas dan menggangu penerbangan domestic, namun dibalik semua itu, Bromo menjadi destinasi yang akan terus didatangi pelancong baik domesik atau mancanegara. Dan foto ini adalah salah satu bukti, bahwa pesona Indonsia selalu bisa mencengangkan dunia.
FOTO BY REYNOLD RIKSA DEWANTARA

 

MEKSIKO
Kupu-kupu raja  atau disebut juga Monarch Butterfliies terlihat begitu menakjubkan, meskipun pada gambar di atas menyertakan ironi yang mendalam, bagaimana tidak, kupu-kupu malang tersebut tewas tergeletak begitu saja lantaran cuaca dingin dan perubahan iklim. Pada gambar di atas kupu-kupu tersebut tampak berserakan di negara bagian Michoacan. Dan sedikitnya sembulan juta kupu-kupu atau  lebih dari 40 persen koloni ini akan tewas setelah terjadi badai musim semi.
FOTO BY JAIME ROJO

 

CINA
Kawasan pemukiman Larung Gar Buddist Academy di Sertar Country Garze Prefektur Otonomi Tibet, Provinsi Sichuan, China. Merupakan sebuah akademi untuk para biarawan, didirikan pada tahun 1980 dan terletak di antara gunung-gunung di kawasan terpenicil. Tempat ini merupakan lembaga agama Buddha terbesar di dunia dan dihuni oleh ribuan biarawan dan biarawati, dikutip dari reuters. Gambar di atas menunjukkan pemandangan nan menwan, dimana senja yang terbenam membuat warna yang sangat indah diantara pemukiman tersebut.
FOTO BY OAN YAN GAO

 

VIETNAM
Siapa yang tidak mengenal Vietnam, satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu merepotkan pasukan Amerika dan mengusir para penjajah menjauh dari tanah yang juga disebut sebagai negara lumbung padi. Pada gambar di atas terlihat bahwa dupa yang sudah dicelup dengan pewarna dikeringkan di daerah Quang Phu Cau, Hanoi. Dupa yang merupakan bahan aromatic yang dibakar untuk menandai peristiwa kehidupan dan menghubungkan dengan dunia roh ini menjadi ciri khas budaya Vietnam selama ribuan tahun.
FOTO BY TRAN TUAN VIET

 

MADAGASKAR
Belalang, siapa yang tak mengenal hewan ini. Jika hanya satu, hewan ini tidak akan mengganggu, namun jika mereka sudah berjumlah ribuan dan sedang melakukan migrasi, tentu akan berbeda ceritanya. Pada gambar di atas terlihat bagiaman migrasi ribuan belalang menjadi kumpulan awan yang menakutkan, iring-ringan dari ribuan belalang yang lapar tersebut tampak hinggap di salah satu pohon yang breada di Taman Nasional  Isalo. Saat musim hujan, populasi belalang membengkak secara drastic, dan akan terjadi antara satu hingga dua kali dalam satu decade.
FOTO BY INGO ARNDT

 

SLOVENIA
Diterjang suhu ekstrem dalam beberapa hari, menjadikan salah satu desa di dataran tinggi gunung  Javornik berubah menjadi kerajaan es spektakuler. Gunung ini berada di kawasan pusat olahraga ski di Slovenia, dan setelah diterjang angina bora yang sangat kuat, menyebabkan semua material yang ada di sekitar gunung membeku. Dan seperti yang terlihat di foto, pemandangan di dataran tinggi ini benar-benar begitu spektakuler.
FOTO BY MARKO KOROSEC


  

JEPANG
Kalian yang menjadi penggemar anime, dan cerita kolosal mengenai samurai dan para ninja tentu tak akan melewatkan destinasi ke negera ini. Yap, Jepang dengan segala harmoni dan kisah menarik yang menjadi potret di negeri sakura selalu mampu menyedot minat wisatawan untuk melancong. Hampir di semua musim yang ada di Jepang, selalu tampak terlihat anggun  mempesona. Seperti gambar di atas, pohon Maple dilihat pada musim gugur terlihat begitu indah, warna kuning keemasan dan ranting pohon yang meliuk indah. Gambar tersebut di ambil di Taman Nasional Shinjuku Gyoen, salah satu spot untuk menyaksikan Momojigari, sebuah tradisi untuk berburu daun momiji atau maple pada musim gugur, tradisi ini sudah berusia berabad-abad dan hingga kini masih terus dilakukan.
FOTO BY DANNY DUNGO


Sumber: nationalgeographic.com, wikipedia.com, omnicoreagency.com, statistica.com

 

About The Author

Nana 43
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel