5 Cara Desainer Mengatur Waktu Agar Tidak Mepet Deadline

2 Jun 2017 14:50 2055 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan Tips dan Trik ini, semoga bisa bermanfaat untuk para desainer yang ingin memiliki manajemen waktu yang baik dalam mengelola kegiatan hariannya, baik itu tugas kuliah ataupun proyek-proyek dibidang desain.

Hayo yang suka ngerjain tugas kuliah atau proyekan mepet-mepet deadline siapa?

Seorang desainer jika masih memiliki kebiasan seperti itu, hati-hati ya karena itu merupakan kebiasaan buruk yang lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dirubah dan mempengaruhi kualitas hasil kerja kita. Karena seorang desainer harus memiliki sikap disiplin dan bisa menghargai waktu agar dapat mencapai target-target yang ditentukan, baik itu tugas kuliah ataupun mengerjakan proyek-proyek dibidang desain.

Jika seorang desainer sudah bisa mengatur waktunya dengan baik, maka yang dihasilkan adalah mutu kerja yang baik dan optimal serta dapat dihargai oleh orang lain karena selalu tepat waktu. Nah disini saya akan memberikan tips jitu untuk mengatur waktu khususnya untuk seorang desainer dalam mengerjakan sebuah tugas kuliah atau proyekan agar memiliki kualitas manajemen waktu yang baik.

1. Buat semua kegiatan di dalam daftar 

Ini merupakan hal yang paling dasar agar tidak lupa akan kegiatan-kegiatan yang tersusun disetiap harinya. Catat semua kegiatan penting agar tidak lupa di setiap minggu. Pisahkan antara kegiatan pribadi dengan kegiatan profesional. Simpel sih caranya, yang penting lakukan dan action. Talk less do more guys.

2. Pilih pekerjaan yang prioritas dahulu

Jika kegiatan yang jangka waktunya tidak terlalu banyak, maka pilihlah kegiatan itu sebagai kegiatan yang paling penting dahulu untuk dikerjakan. Mengapa? Karena deadlinenya sangat singkat, maka itulah kegiatan itu dijadikan perioritas untuk dikerjakan.

3. Kerjakan kegiatan itu dengan enjoy

Kadang seorang desainer memiliki mood yang naik turun, tapi saya biasa menaikan mood saya dengan take action aja dengan melihat karya-karya desainer luar negeri maupun dalam negeri dan juga untuk menambah referensi saya. Dengan begitu, maka mood saya akan  naik dengan sendirinya, kemudian saya dapat melakukan aktivitas desain saya dengan enjoy.

4. Fokus 

Kata fokus sangatlah penting untuk siapa saja yang ingin meraih kesuksesan. Termasuk seorang desainer juga dong. Jadi ketika sedang mengerjakan tugas atau proyek, fokus ya dengan kerjaan itu agar cepat selesai dan sesuai target. Intinya tidak ngelantur kemana-mana seperti malah main game, nonton film, ngobrol yang tidak penting, bahkan tidur (yang ini gawat).

5. Kurangi Begadang!

Jika badan sudah drop, apakah bisa maksimal mengerjakan tugas? Hmmm cukup menarik ending ini ya, siapa yang suka begadang demi tugas? Begadang merupakan aktivitas yang hampir semua desainer pernah melakukan aktivitas ini. Dimana waktu pengerjaannya di malam hari bahkan sampai pagi hari demi mengejar target dan agar tidak melewati deadline. Padahal malam hari adalah waktu istirahat untuk badan kita. Berikan hak juga ya untuk badan kita agar tidak jatuh sakit. Bayangkan jika sudah mepet deadline kerjaan kita belum beres, kemudian kita jatuh sakit, maka akan sangat disayangkan kerjaan kita akan tidak selesai tepat waktu karena efek begadang. So, mulai hari ini kurangi begadang ya biar badan selalu sehat. Tips saya bila ada tugas berat, saya biasa tidur lebih awal jam 10 kemudian bangun jam 2 atau 3 pagi kemudian melanjutkan kerjaan. Intinya badan kita diberi hak juga yaitu tidur atau istirahat.

Semoga tips dan trik saya bisa bermanfaat. Share ya biar jadi amal jariyah dan barokah. 

 

 

Tags

About The Author

Muhammad Jaisyurrahman Yunus 22
Novice

Muhammad Jaisyurrahman Yunus

Designer
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel