16 Tips Keren Seputar Dapur Dan Masak Memasak Yang Perlu Kita Ketahui

14 Jan 2017 04:07 5356 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hai, adakah yang suka dengan urusan dapur dan masak – memasak ? Pas banget, kali ini kita akan kasih tips buat Ibu – ibu rumah tangga, mbak – mbak di kantor yang jago memasak, mas - mas dan bapak -bapak yang mempunyai hobi masak.

Hai, adakah yang suka dengan urusan dapur dan masak – memasak ? Pas banget, kali ini kita akan kasih tips buat Ibu – ibu rumah tangga, mbak – mbak di kantor yang jago memasak, mas - mas dan bapak -bapak yang mempunyai hobi masak. Apakah sudah mengetahui tentang hal sederhana yang bisa mengganggu tapi sering kita lakukan saat di dapur ?

Hal sederhana apakah itu ? Berikut ini ada 16 hal yang bisa membuat hidup anda menjadi lebih bermakna saat sedang berada di dapur :

1. Cara Mengupas Telur Rebus Yang Masih Panas

Agar telur rebus tidak susah dikupas saat dalam kondisi masih panas, anda bisa celupkan ke dalam air es. Setelah itu anda dengan mudah mengupas cangkang telur yang panas tadi dengan kondisi telur dalam keadaan utuh.

2. Tusuk Atau Lukai Cabe

Agar cabe tidak meletup - letup saat digoreng, anda bisa tusuk atau lukai sedikit cabe dengan pisau sebelum digoreng.

3. Membilas Sayur Dengan Garam

Saat mencuci kangkung, arnong / selada air atau genjer serta tanaman air lainnya, anda jangan lupa ketika pada bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang -binatang kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya menjadi mati seperti lintah, keong, ulat dan cacing air. Brokoli dan kembang kol adalah paling sering ada ulatnya, jadi jangan lupa menggunakan cara ini.

4. Cuci Bersih Tahu Dan Siram Dengan Air Panas

Agar tahu lebih awet ketika disimpan dalam kulkas, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas sebentar, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan di dalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan di dalam kulkas. Jika tahu adalah kualitas baik maka kemungkinan bisa bertahan selama 1 minggu.

5. Mengetahui Telur Busuk Atau Tidak

Untuk mengetahui telur busuk atau tidak, bisa gunakan tes apung air, jika mengapung di atas air itu tandanya telur sudah membusuk dan segera dibuang saja.

6. Stabilkan Suhu Pada Telur Yang Akan Dibuat Kue

Ketika akan mengocok telur untuk beragam keperluan membuat kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang / stabil, jangan dalam keadaan dingin, karena hal ini bisa membuat adonan kue tidak mudah mengembang.

7. Jangan Simpan Sayur Di Kulkas Menggunakan Plastik Kresek

Jika anda menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunak tas plastik kresek, tapi gunakan koran atau majalah bekas buat membungkusnya. Sebab dengan cara ini akan mampu mencegah air embun sayuran menggenang yang justru bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

8. Menetralisir Bau Dalam Kulkas

Untuk menetralisir bau dalam kulkas, maka belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

9. Gunakan Wajan Khusus Untuk Menggoreng Ikan

Agar ikan tidak mudah lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali - kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis tanpa dicuci, sebab sudah pasti ikan yang akan anda goreng akan lengket dan hancur saat dibalik sehingga tampilan masakan menjadi kurang cantik.

10. Menghilangkan Rasa Panas Di Tangan Karena Cabe Atau Sambal

Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat terlalu lama anda berkontak dengan cabe atau sambal, bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian di lap, dan masukkan tangan ke dalam beras, benam dan remas - remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan anda akan hilang.

11. Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang

Agar mata tidak pedih ketika anda mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam di samping talenan, dengan cara ini anda bisa menghindarkan mata dari rasa pedih.

12. Menghilangkan Kutu Beras

Agar beras tidak dirubungi oleh kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras kurang suka aroma kopi, salam beberapa saat kutu – kutu tersebut akan keluar dan tidak akan kembali lagi.

13. Membersihkan Peralatan Masak Yang Kotor Karena Kunyit

Jika peralatan masak anda kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir / kunyit, atau panci yang terlalu sering anda gunakan buat merebus air sehingga jadi kekuningan. Segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok - gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda – noda, bisa diulang lagi.

14. Memasak Daun Kates Supaya Tidak Pahit

Agar kembang kates, daun kates dan pare tidak terlalu berasa pahit ketika dikonsumsi sebagai sayur, sebaiknya direbus bersamaan dengan daun jambu biji (caranya adalah rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu sampai kurang lebih 5 menit mendidih, masukkan kembang dan daun kates atau pare) lalu diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu anda tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai dengan selera.

15. Agar Tempe Tidak Mudah Busuk

Agar tempe yang anda beli tidak mudah busuk, jangan simpan tempe di dekat tempat menyimpan garam.

16. Cara Menyimpan Daging Di Freezer

Jika menyimpan daging di freezer terlalu lama, pastikan daging tidak keluar masuk freezer secara berulangkali, karena hal ini justru bisa membuat bakteri mudah berkembangbiak. Sebaiknya segera potong - potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan keperluan anda per tiap kali anda akan masak dan sisanya simpan di plastik kecil - kecil secara terpisah per bagian, sehingga saat anda akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja buat memasak hari itu.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

 

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 59
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel