Antara PlayStation, Xbox dan Nintendo, Kamu Pilih yang Mana?

9 Sep 2016 10:24 14699 Hits 0 Comments

 

Setiap konsol game yang telah dijelaskan di atas pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semuanya kembali lagi ke kamu sebagai gamer, lebih prefer untuk memilih konsol game yang seperti apa. Kalau berbicara popularitas tentu saja Sony PS4 masih menjadi juara di hati masyarakat Indonesia. Kalau konsol game yang menjadi juara di hati kamu yang mana?

Bermain video game memang salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk melepaskan rasa stress dan juga menghilangkan rasa bosan. Video game merupakan sebuah hiburan yang dapat dimainkan oleh siapa saja tidak kira umur dan jenis kelamin. Peminat video game khususnya yang dimainkan pada game konsol setiap tahun semakin meningkat. Menurut data riset dari IDC atau International Data Corporation, pada tahun 2012 saja jumlah pemain game meningkat 30% dibanding tahun sebelumnya. Selain bermain video game secara online melalui PC warnet (warung internet) terdekat, kamu juga bisa bermain video game di rumah dengan game konsol yang kamu miliki. Beberapa game konsol yang cukup populer di Indonesia adalah PS atau PlayStation, Xbox dan juga Nintendo.

Setiap pemain game mempunyai game konsol favoritnya masing-masing. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba game konsol, pasti kamu bingung kan memilih game konsol apa yang sesuai buat kamu? Sebuah perusahaan multinasional bernama iPrice telah membuat riset kecil-kecilan mengenai perbedaan PS, Xbox dan juga Nintendo. Daripada kamu salah pilih, yuk mending dibaca dulu artikelnya.

Bermain Game Ternyata Membawa Banyak Manfaat, Lhooo

Sebelum membahas tentang game konsol, kamu harus tahu dulu nih beberapa manfaat yang mungkin tidak kmau sadari saat kamu bermain video game. Apa saja ya?

1. Melatih Logika

Dalam sebuah game tentu terdapat alur atau jalan cerita dari game tersebut agar para pemainnya mengerti arah game tersebut. Disinilah logika para gamers dilatih tanpa mereka sadari, karena di setiap game pasti memiliki masalah yang harus mereka selesaikan agar dapat menang di permainan tersebut.

2. Melatih Daya Ingat

Nih buat kamu yang suka lupa menyimpan barang dimana, lupa tugas sudah kerjain atau belum dan lupa hari ini sudah sikat gigi atau enggak. Kamu bisa melatih daya ingat kamu dengan bermain game. Menurut penelitian dari University of California, orang yang memainkan game, daya kinerja memorinya akan meninggkat hingga 12 persen.

3. Lebih Cepat Membuat Keputusan

Kadang-kadang jika dihadapkan pada suatu masalah kita akan gelabakan dan bingung untuk mengambil keputusan. Mungkin kebiasaan tersebut dapat dihilangkan jika kamu bermain game karena para ilmuan dari University of Rochester menemukan bahwa orang yang bermain video game action akan memiliki kemampuan mengambil keputusan yang lebih cepat berbanding mereka yang tidak pernah bermain game.

3. Memperbaiki Mood

Manfaat lainnya tentu saja bermain video game dapat memperbaiki mood kita. Jika kamu lagi BT dan bosan karena si dia tidak kunjung membalas chat, kamu bisa melampiaskan rasa bosan tersebut dengan bermain game-game kesukaan kamu.

PS, Xbox atau Nintendo ya?

Oke setelah membahas tentang manfaat sekarang kita kembali ke topik awal ya yaitu antara PS, Xbox dan juga Nintendo. Pertama-tama kamu harus tahu perbedaan ketiga game konsol ini.

Playstation 4

Siapa yang tidak kenal dengan PlayStation? Konsol game ini merupakan salah satu konsol game terpopuler di Indonesia. Produk ini pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. Playstation adalah konsol game pertama yang dikenal secara luas menggunakan CD sebegai media penyimpanannya. playStation setiap tahunnya terus berinovasi menciptakan produk-produk terbaru, hingga yang teranyar adalah PS4.

Dari segi permainan, terdapat banyak games yang bisa kamu mainkan. Mulai dari permainan Harvest Moon yang dulu nge-hits di PS series pertama, hingga serial game RGP yang legendaris seperti Final Fantasy adalah contoh game yang bisa kamu pilih. Bukan itu aja, beberapa game lainnya seperti The Order: 1886, Bloodborne, Infamous: Second Son juga bisa kamu mainkan sendiri atau bersama teman-teman.

Kelebihan PS4

Beberapa kelebihan PS4 yang bakal membuat kamu tergoda dan rela merogoh kocek agak dalam demi mendapat konsol game ini antara lain:

  1. Desain yang mewah dan keren dengan tombol open/close Blueray
  2. Dukungan multimedia yang canggih dan lengkap, serta adanya built-in dalam mesin
  3. Adanya dukungan Backward Compatibility. Fitur ini mengizinkan sebuah konsol memainkan game dari konsol yang telah wujud sebelumnya. Seperti contohnya kemampuan PS4 yang mampu memainkan game dari PS3.
  4. Adanya Touchpad Sony yang memberikan para gamer kesempattan untuk memainkan konsol dengan teknologi touchscreen.

Kekurangan PS4

Dibalik semua kelebihannya tentu saja terdapat kekurangan dari PS4, apa saja ya kekurangannya?

  1. Mahalnya tarif Playstore untuk setiap game yang ingin dibeli.
  2. Tidak memiliki streaming DLNA atau MP3 Playback
  3. Tampilan interface-nya masih sedikit monoton dan tidak ada perbedaan yang mencolok dari yang sebelumnya.

Xbox

Beralih ke konsol game selanjutnya yaitu Xbox, sebuah konsol game yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2001. Sebelum tersedia Xbox 360 dan Xbox One, Xbox adalah konsol game pertama yang diluncurkan oleh Microsoft di pasar konsol game. Pada saat peluncurannya, konsol game ini bersaing ketat dengan PlayStation 2 dan juga Nintendo GameCube. Kini Microsoft telah meluncurkan Xbox series terbaru yaitu Xbox One.

Beberapa game yang dapat kamu nikmati dengan Xboxe One ini antara lain game legendaris di Xbox yaitu Fallout 3, Halo 4, Mass Effects Series, Mark of the Ninja hingga permainan yang terinspirasi dari tv series terkenal yaitu The Walking Dead.

Kelebihan Xbox One

Sebagai perbandingan dari salah satu rivalnya yaitu PlayStation, konsol game Xbox One ini memiliki kelebihannya tersendiri.

  1. Kapasitas memori penyimpanan yang cukup besar yaitu 500GB.
  2. Terdapat fitur challenge harian atau mingguan yang dapat membuat game dapat dimainkan lebih lama meskipun para pemain telah menyelesaikan semua misi dalam game tersebut.
  3. Tampilan Interface Xbox One yang bagus dan sempurna.
  4. Tersedia layanan Xbox Live online yang menjadi andalan dari Microsoft.

Kekurangan Xbox One

Tentunya tidak ada yang sempurna dalam setiap konsol game yang tersedia di dunia ini, termasuk salah satunya Xbox One yang juga memiliki banyak kekurangan yaitu:

  1. Tidak adanya fitur Backward Compatibility seperti yang ada di PS4.
  2. Controller Xbox One masih menggunakan sistem baterai.
  3. Harga Xbox One dibanderol lebih mahal berbanding saingan utamanya yaitu Sony PS4.

Nintendo

Sekarang kita membahas konsol game yang terakhir yaitu Nintendo. Konsol game yang satu ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sejak kemunculannya, konsol game ini berhasil menggoyahkan dua pesaingnya yaitu PS dan Xbox. Banyak respon positif yang diberikan oleh para gamers saat rumor Nintendo Wii akan diluncurkan di Indonesia.

Saat ini telah tersedia Nintendo series Wii U yang secara bangga mengumumkan bahwa series ini dapat memainkan game paling fenomenal yaitu Supermario 3D World. Selain itu, kamu juga bisa bermain game Pikmin 3 dan berbagai game lainnya yang menggemaskan sekaligus mengasah otak.

Kelebihan Nintendo Wii U

Jika kita rangkum menjadi beberapa poin, kelebihan Nintendo Wii U antara lain:

  1. Memiliki fitur MiiVerse yaitu sosial media ekslusif Nintendo yang membuat kamu dapat berinteraksi dengan gamers lain dalam mode yang sama.
  2. Speaker stereo yang keras dan juga jernih untuk sebuah konsol game
  3. Controller Nintendo Wii U memiliki sebuah layar sentuh di bagian tengah yang berukuran 6.2 inci.
  4. Sangat ringan untuk sebuah konsol yang bisa dibilang “raksasa”.

Kekurangan Nintendo Wii U

Sementara itu, kekurangan dari Nintendo Wii U ini adalah:

  1. Sistem akun melekat pada hardware, sehingga jika konsol rusak maka game yang telah disimpan akan hilang
  2. Untuk ukuran grafis masih kalah dengan PS4 dan juga Xbox One
  3. Sejauh ini di Indonesia belum tersedia service centre resmi Nintendo, jadi kalau Nintendo kamu rusak agak susah untuk memperbaikinya.

Nah ini ada research nih dari iPrice soal konsol game mana yang paling populer di Asia Tenggara, nih ada infografiknya:

Sumber infografis: iPrice

About The Author

0 21
Novice

0

Suka nulis hal-hal yang sifatnya traveling, gaya hidup & gaming!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel