Mengulik Trend Olah Raga Panahan Di Indonesia

7 Sep 2016 23:30 2976 Hits 0 Comments
Olah raga panahan semakin dikenal dan populer dimata masyarakat. Semoga dengan tingginya antusias terhadap olah raga ini dapat terbentuk atlet panahan dengan kualitas tinggi.

Panahan adalah salah satu cabang oleh raga yang cukup dikenal di Indonesia. Olah raga ini pun pernah mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Melalui cabang olah raga ini lah Indonesia meraih medali pertama setelah 36 tahun mengikuti Olimpiade, yang merupakan ajang olah raga tingkat dunia.

Saat itu, trio panahan Indonesia Nurfitriyana, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani yang dikenal dengan tiga Srikandi Indonesia berhasil mengalahkan tim panahan Amerika Serikat di Olimpiade Seoul. Namun sayangnya, setelah meraih medali tersebut, cabang panahan belum bisa mempersembahkan medali lagi di Olimpiade selanjutnya. Di Olimpiade Rio de Janeiro Agustus kemarin, tim panahan Indonesia tersingkir di babak 16 besar, kalah dari tim panahan Italia.

Namun berbeda dengan prestasinya yang sedang menurun di pentas Olimpiade, panahan justru semakin dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Sudah banyak dijumpai klub panahan dan arena khusus untuk panahan yang muncul di berbagai daerah. Bahkan di sekolah-sekolah pun sudah banyak yang mengadakan ekskul panahan, mulai dari jenjang SD hingga SMA.

(Gambar Via : Jateng Terkini)

Mulai masuknya olah raga panahan dalam bentuk ekskul menunjukkan olah raga ini mulai berkembang secara polularitas maupun daya tarik di masyarakat. Momen inilah yang bisa dijadikan momentum kebangkitan bagi dunia panahan untuk bisa mengulangi kejayaan dimasa lalu.

Namun demikian, jika anda ingin menggeluti olah raga panahan, sebaiknya anda memperhatikan jenis-jenis peralatan panahan yang akan anda gunakan. Banyak yang menyebutkan panahan adalah olah raga eksklusif. Hal ini dikarenakan dana yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan panah boleh dibilang mahal. Untuk memiliki busur panah lengkap dengan string (tali busur) yang  berstandar internasional, anda harus rela merogoh kocek minimal satu setengah juta. Itu belum termasuk alat penunjang yang lain seperti anak panah, stabilizer, visir, quiver, dan lain-lain. Untuk mendapat satu set panahan siap pakai dengan standar internasional, setidaknya anda harus mengeluarkan dana tidak kurang dari lima juta rupiah.

Akan tetapi jika ada keinginan pasti ada jalan, mahalnya peralatan panahan ternyata bisa disiasati. Anda yang baru belajar atau ingin mencoba sensasi panahan bisa membeli produk lokal yang harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang bersaing. Produk lokal biasanya merupakan produk rumahan atau perusahaan dengan skala kecil. Pengerjaannya yang masih menggunakan alat sederhana membuat produk lokal relatif lebih murah. Akan tetapi hasil yang detail dan rapi membuat produk lokal tidak kalah bersaing dari segi kualitas produk.

Sebelum memiliki alat panah yang profesional, anda bisa mencoba berlatih dengan alat panah produk lokal sampai mahir. Dengan semakin canggihnya cara jual beli, produk panahan lokal maupun impor bisa dengan mudah diperoleh di toko-toko online dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Dengan semakin dikenalnya olah raga panahan,  diharapkan olah raga ini dapat mencetak atlet-atlet panahan yang memiliki kualitas tinggi. Sehingga bisa mengulangi kejayaan olah raga panahan dikancah Internasional. Dan mengibarkan sang merah putih di panggung olah raga dunia.

Semoga bermanfaat *:)*

Tags

About The Author

Ghatra 21
Novice

Ghatra

keep moving..
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel