Mau Instal Software Ubuntu di Windows 10 Langsung Tanpa Mesin Virtual? Begini Caranya

19 Jun 2016 16:26 5603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Update Windows 10 Anniversary menawarkan fitur baru yang hebat untuk developer.

Update Windows 10 Anniversary menawarkan fitur baru yang hebat untuk developer; sebuah Bash shell Ubuntu full versi yang bisa menjalankan software Linux langsung dari Windows. Ini memungkinkan karena Linux Subsystem untuk Windows yang ditambahkan ke Windows 10.

Jika Anda menggunakan Insider Preview  yang ada pada Windows 10 sekarang Anda bisa instal Bash shell dan menggunakannya langsung. Fitur ini ditambahkan di Insider Preview build 14316 yang hanya tersedia di Fast channel dan juga versi 64-bit.

 

Hal yang perlu Anda ketahui mengenai Bash Shell Windows 10

Ini bukan mesin virtual atau perangkat Linux yang di-compile ke Windows (seperti Cyfwin). Sebaliknya Windows 10 memberikan Linux Subsystem for Windows yang merupakan dari Project Astoria (membuat aplikasi Android berjalan di Windows) yang sudah ditinggalkan.

Ini bisa kita anggap dari kebalikan Wine (software untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux). Ini membuat hubungan Linux dengan Windows semakin kuat yang membantu pengembangan kedua OS besar ini.

Ada beberapa keterbatasan di sini. Ini tidak bekerja dengan software server dan juga grafis. Ini ditujukan untuk developer yang ingin menjalankan utilitas Linux di command-line Windows. Aplikasi ini juga bisa mengakses ke file sistem Windows, tetapi tidak bisa mengubah atau memberi perintah untuk mengubahnya. Dan mungkin masih ada kekurangan lainnya karena ini masih versi beta.

Cara Install

Pastikan Anda menggunakan update terbaru Windows, paling tidak build 14316. Anda harus mengaktifkan Insider Preview builds untuk mendapatkan fitur ini sebelum Anniversary Update secara resmi dirilis.

Ini hanya bekerja pada versi 64-bit Windows 10, jadi saatnya beralih ke Windows versi 64-bit jika Anda masih menggunakan versi 32-bit.

Buka Settings app dan arahkan ke Update & Security> For Developers. Aktifkan Developer Mode dengan mengkliknya.

Mau Instal Software Ubuntu di Windows 10? Begini Caranya

 

Selanjutnya buka Control Panel, klik Program> Turn Windows Feature On or off kemudian pilih Windows Subsystem for Linux (Beta). Klik OK. Setelah Anda merestart komputer klik tombol Start, ketik bash dan tekan Enter.

Mau Instal Software Ubuntu di Windows 10? Begini Caranya

Pertama kali Anda menjalankan file bash.exe Anda akan diminta untuk menyetujui ketentuan layanan. Perintah berikutnya yang muncul adalah mendownload Bash on Ubuntu on Windows yang merupakan aplikasi dari Windows Store.

 

Caramenggunakan Bash Ubuntu Shell dan menginstal Software Linux

Sekaran Anda punya command-line bash shell berbasis Linux yang full. Karena mereka ada di binary yang sama Anda bisa menggunakan perintah Ubuntu apt-get untuk menginstal software dari repository Ubuntu. Anda punya semua akses ke software berbasis command line, tetapi tidak semua aplikasi bekerj sempurna saat ini.

Untuk membuka bash shell buka saja menu Start dan car bash atau Ubuntu. Anda akan melihat aplikasi Bash on Ubuntu on Windows. Silahkan pin aplikasi ini untuk mempermudah Anda mengaksesnya.

Mau Instal Software Ubuntu di Windows 10? Begini Caranya

Jika Anda sudah berpengalaman menggunakan Bash shell Linux, Mac OSX atau platform lainnya Anda bisa menerapkannya di sini. Anda bisa menggunakan sudo karena kita diberi shell root. User root di UNIX platform punya akses sistem yang lengkap seperti Administrator di Windows. Berikut beberapa command dasar DOS dan Bash untuk mengingatkan Anda.

  • Change Directory: cd in Bash, cd or chdir in DOS
  • List Contents of Directory: ls in Bash, dir in DOS
  • Move or Rename a File: mv in Bash, move and rename in DOS
  • Copy a File: cp in Bash, copy in DOS
  • Delete a File: rm in Bash, del or erase in DOS
  • Create a Directory: mkdir in Bash, mkdir in DOS
  • Use a Text Editor: vi or nano in Bash, edit in DOS

Anda membutuhkan perintah apt-get untuk menginstal dan update software Ubuntu. Pastikan awali command ini dengan sudo untuk masuk ke root Linux. Ini beberapa perintah apt-get yang mungkin akan membantu:

  • Download update: sudo apt-get update
  • Instal package aplikasi: sudo apt-get install namapackage (ganti namapackage dengan software yang ingin Anda instal).
  • Uninstal package aplikasi: sudo apt-get remove namapackage.
  • Mencari package yang tersedia: sudo apt-cache search word (ganti word dengan kata kunci yang ingin Anda cari).
  • Download dan install versi terakhir aplikasi yang terinstal: sudo apt-get upgrade

Selamat mencoba!

Tags Windows

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel