5 Gejala Berikut ini Memperlihatkan Bahwa Anda Kurang Minum Air

10 Jun 2016 15:23 4181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan sampai di bulan puasa ini tubuh kita kekurangan cairan dan kemudian jatuh sakit.

Di bulan puasa, menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting karena dengan tubuh selalu sehat dan fit, mereka yang berpuasa akan dapat menjalankan puasanya tanpa adanya beban penyakit yang menghantui.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah yang dapat kita lakukan adalah minum air delapan gelas sehari.

Mungkin bagi sebagian orang yang berpuasa, hal tersebut jarang tercapai karena umumnya, orang-orang hanya meminum 4-5 gelas sehari saja dengan perhitungan subuh dua gelas, dua gelas ketika berbuka dan satu gelas lagi di waktu malam setelah pulang tarawih atau di waktu sebelum tidur.

Apakah itu cukup?

Bagi sebagian orang mungkin cukup. Tapi bagi mereka yang sering beraktivitas, hal tersebut tidaklah cukup.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa kita sudah cukup minum air atau belum?

Untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda seseorang itu kekurangan mineral di dalam tubuhnya, setidaknya ada lima hal yang dapat dilihat dan dirasakan oleh orang yang kekurangan tersebut.

 

1. Lebih jarang buang air kecil

Bagi Anda yang sehari-harinya hanya buang air kecil selama 1-3 kali saja, hal tersebut menjadi sebuah pertanda bahwa Anda kekurangan minum air.

Bukan hanya itu saja, ketika buang air kecil, warna urine bagi mereka yang minum berkecukupan adalah warna kuning cerah ataupun bening. Maka jika warnanya adalah kuning gelap sudah dapat dipastikan tubuh Anda kekurangan cairan.

 

2. Mengalami konstipasi

Menjaga tubuh terhidrasi setiap saat juga membantu “melicinkan” sistem pencernaan. Dengan begitu buang air besar akan dapat terlaksanakan secara teratur setiap harinya.

Namun, ketika tubuh kekurangan cairan, maka sistem pencernaan yang tidak mendapat “pelicin” tersebut jadi terganggu yang berakibat ke gangguan sistem pencernaan berupa konstipasi atau susah buang air besar yang dapat berujung ke penyakit lainnya seperti ambeien.

 

3. Mengalami rasa lapar yang cukup berat

Banyak alasan orang merasakan lapar selain karena memang membutuhkan makanan. Salah satunya adalah karena dehidrasi.

Oleh karena itu, jika merasa lapar Anda jangan langsung mencari makanan, coba minum segelas air putih atau air teh terlebih dahulu. Karena rasa lapar itu belum tentu diakibatkan oleh lapar karena belum makan.

 

4. Merasa lelah dan lesu

Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, secara otomatis, tubuh kita akan “meminjam” cairan dari darah yang ada di tubuh kita. Akibatnya, sirkulasi oksigen di dalam tubuh menjadi kurang sehingga kita merasakan lelah dan lesu yang berujung pada rasa mengantuk yang tinggi bahkan setelah minum kopi sekalipun.

 

5. Mata terlihat kering

Hal lain yang dapat terlihat secara jelas ketika seseorang kekurangan cairan  di dalam tubuhnya adalah ketika dilihat dari matanya yang terlihat kering dan berwarna merah.

Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini tentunya akan berbahaya bagi kesehatan mata, khususnya bagi mereka yang sehari-harinya menggunakan lensa kontak.

 

Penutup

Itulah 5 tanda/gejala bahwa tubuh kita kekurangan cairan. Jadi jangan heran jika Anda melihat di bulan puasa ini banyak orang dengan gejala-gejala di atas. Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai gejala-gejala tersebut juga berlangsung hingga selesai berbuka puasa.

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel