15 Perubahan dan Keunikan ini Hanya Terjadi di Bulan Ramadhan

19 May 2016 13:00 6835 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ayo coba pilih yang mana saja yang sering ada di lingkungan sekitar atau terjadi langsung pada diri Anda.

Sekarang ini sudah mulai memasuki tanggal tua, Sobat semua tahu artinya?

Gajian tinggal sebentar lagi *yay!!*

Tapi bukan itu sih…

Tidak terasa bulan Mei ini akan segera berakhir dan masuk ke bulan Juni. Bagi sebagian besar umat muslim, bulan Juni sekarang ini adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu karena pada bulan Juni mendatang bulan suci Ramadhan yang hanya datang satu tahun sekali kembali datang mengunjungi kita.

Dan seperti sudah menjadi tradisi turun-temurun yang sudah ada sejak zaman dulu, di bulan suci Ramadhan ini biasanya akan banyak terjadi hal-hal unik di sekitar kita.

Hal-hal unik tersebut umumnya adalah perubahan-perubahan yang insignifikan atau tidak terlihat bedanya, sehingga kita biasanya tidak menyadari bahwa ternyata ada sesuatu yang berubah baik yang terjadi pada diri kita atau pada orang-orang dan lingkungan di sekitar kita.

Nah di halaman berikutnya ini akan saya bahasa tentang 15 hal di sekeliling kita yang berubah dan biasanya tidak kita sadari ketika kita mulai memasuki bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan.

 

1. Jalanan dipenuhi para pedagang makanan manis ketika sore hari tiba

15 Perubahan dan Keunikan ini Hanya Terjadi di Bulan Ramadhan

Memakan makanan manis ketika berbuka puasa bagi sebagian besar orang merupakan hal yang selalu menjadi prioritas dibandingkan langsung memakan makanan berat seperti nasi dan lauknya.

Hal tersebut dilakukan oleh sebagian besar umat muslim bukan karena sebuah kebiasaan yang datang tiba-tiba. Melainkan karena keinginan mereka mengikuti hadits Rasulullah SAW.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh mereka orang-orang dengan otak bisnis untuk terjun ke industri kuliner dimana pada sore hari atau tepatnya pada waktu beberapa jam menjelang buka puasa, banyak orang yang menjual makanan dan minuman yang manis-manis seperti kolak, candil, sekoteng, es goyobod, es cendol dan masih banyak lagi.

Bahkan tetangga saya yang biasanya membuka kios untuk berjualan bakso, selama bulan Ramadhan kios bakso miliknya tutup dan beralih fungsi menjadi kios yang menjual berbagai masakan serta makanan dan minuman manis untuk teman berbuka puasa.

 

2. Berganti namanya makanan & minuman manis menjadi takjil

15 Perubahan dan Keunikan ini Hanya Terjadi di Bulan Ramadhan

Mulai memasuki bulan puasa, banyak penjual makanan-makanan manis mulai menjajakan barang dagangannya pada waktu sore hari.

Berbagai makanan manis seperti kurma, cendol, kolak, es candil, es kelapa muda, es cingcaw yang mungkin jarang kita temukan pada hari-hari biasa mendadak mudah ditemukan semudah menemukan sebuah gajah di kebun binatang.

Namun ada hal yang berubah dari berbagai makanan dan minuman atas, bukan dari segi rasa melainkan dari segi nama makanan dan minuman tersebut yang mendadak berganti menjadi “takjil.”

Soal yang satu ini saya sendiri bingung, kenapa namanya bisa takjil ya?

Merasa penasaran saya pun kemudian membukan situs KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan mencari arti kata “takjil” yang setelah saya telusuri ternyata memiliki arti “mempercepat (dalam berbuka puasa).

Lalu apa hubungannya makanan & minuman manis dengan mempercepat buka puasa?

Apakah karena dengan mencari takjil waktu berbuka puasa serasa lebih cepat?

Apapun itu, dengan populernya takjil di kalangan masyarakat berakibat positif dengan meningkatnya penghasilan atau pemasukan dari para penjualnya hingga berkali-kali lipat dibandingkan dengan penghasilan di hari-hari normal.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel