Sedikit Ulasan tentang Paket Internet dari XL

16 May 2016 12:00 4160 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Koneksi Internet terbaik di Bandung Selatan.

Masih pagi di hari senin yang cukup panas, saya ingin coba mengangkat topik tentang koneksi internet yang menggunakan sambungan broadband.

Sudah bukan berita baru lagi kalau koneksi internet broadband di Indonesia itu memiliki harga yang mahal serta kecepatan yang rendah jika dibandingkan dengan paket internet di negara tetangga.

Kecepatan yang katanya “up to 100 mbps” ataupun “up to 150 mbps” hanyalah sebuah pancingan untuk para konsumen untuk membeli paket internet dari suatu penyedia atau operator yang menyediakan layanan internet.

Dari sekian banyak paket internet yang mahal tapi lambat di Indonesia, tentunya harus ada yang dipilih sebagai penyedia layanan internet 4G terbaik yang memberikan penawaran menggiurkan dari segi harga paket internet dan dari jangkauannya yang luas.

Awalnya saya berpikir bahwa Smartfren adalah provider yang cinta dengan konsumennya karena menyediakan akses layanan internet hingga ke desa-desa dimana salah satunya adalah di suatu desa di pelosok kota Bandung tempat saya tinggal.

Tapi ternyata, XL di tempat saya memiliki sinyal yang cukup tinggi yakni pada jarak 63 persen hingga 85 persen. Dan dari sekian besar sinyal yang saya dapat, ternyata wilayah saya juga sudah ter-cover jaringan 4G XL.

Saya sudah menggunakan kartu XL sejak tahun 2000-an, tapi saya belum pernah sama sekali menggunakan produk-produk internet dari operator seluler tersebut.

Penasaran dengan paket-paket internet yang ditawarkan XL, saya pun kemudian mengecek #123*.

Setelah mengecek menu XL tersebut sekitar 10 menitan, saya cukup tergiur dengan paket-paket internet sekarang yang harganya bisa dibilang paling murah dibandingkan penyedia layanan internet broadband lainnya.

Dari sekian banyak paket internet yang ditawarkan XL, banyak paket-paket internet yang terkesan sama tapi sebenarnya berbeda. Contonya saja XL prioritas dan XL Combo Extra yang menawarkan paket internet masing-masing 50GB dan 56GB untuk waktu satu bulan.

Dari segi harga, XL Prioritas memiliki harga yang 2x lebih mahal dibandingkan XL Combo Extra.

Hal tersebut dikarenakan paket Prioritas adalah paket yang katanya “memprioritaskan penggunanya.”

Saya tanpa keraguan langsung membeli paket Combo Extra yang memiliki kuota 56GB. Saya berani membeli paket paling mahal karena menurut informasi dari para pemilik konter penjual kuota internet di sekitar rumah, XL memiliki koneksi yang merata.

Berbeda dengan paket internet 4G Simpati dan Indosat yang akses dari ruangan tertutup sangat tidak dapat diandalkan, paket internet 4G XL memiliki kecepatan yang cukup tinggi dimana kecepatan unduhnya mencapai 11 mbps dan 3 mbps di waktu malam hari dimana traffic biasanya berada pada puncaknya.

Ketika digunakan untuk mengunduh menggunakan downloader bernama EagleGet, saya mendapatkan kecepatan hingga 2 MB/sec ketika mengunduh sebuah film berukuran besar.

Terlalu cepat menyimpulkan bahwaa XL memiliki layanan internet terbaik di Indonesia, saya pun kemudian menemukan sebuah hal yang cukup mengecewakan soal internet XL.

Mengecewakan karena ketika saya sedang asik-asiknya bermain game ataupun berseluncur di dunia maya, terkadang muncul sebuah iklan yang membuat koneksi ketika bermain game terputus, atau jika sedang browsing, muncul sebuah iklan bernama “ibn add.”

Mungkin dari situlah XL mendapatkan potongan atau susbsidi dari paket-paket internet yang mereka jual sehingga mereka dapat menggunakannya sendiri.

Namun overall, paket internet yang disediakan XL ini adalah paket internet terbaik yang bisa saya dapatkan di daerah Bandung Selatan. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel