Fenomena Persaingan Film Indonesia Versus Film Hollywood Yang Masih Berlanjut

25 May 2016 16:59 5508 Hits 2 Comments
Sejak akhir April sampai pertengahan bulan Mei tahun ini boleh dibilang terjadi persaingan yang luar biasa di bioskop Tanah Air. Persaingan sengit antara Film Hollywood versus Film Indonesia sebelumnya yaitu film Captain America Civil War (CACW) dengan Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2) dalam merebut hati penonton ternyata berlanjut dengan persaingan antara film Hollywood X-Men Apocalypse (X-Men) dengan film Indonesia bertitle bahasa Inggris yaitu My Stupid Boss (MSB). Siapakah Pemenangnya?

 

Sejak akhir April sampai pertengahan bulan Mei tahun ini boleh dibilang terjadi persaingan yang luar biasa di bioskop Tanah Air. Persaingan sengit antara Film Hollywood versus Film Indonesia sebelumnya yaitu film Captain America Civil War (CACW) dengan Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2) dalam merebut hati penonton ternyata berlanjut dengan persaingan antara film Hollywood X-Men Apocalypse (X-Men) dengan film Indonesia bertitle bahasa Inggris yaitu My Stupid Boss (MSB).

Fenomena di atas tentunya cukup membanggakan bagi kita bahwa ternyata masih ada film-film Indonesia yang mampu bersaing dengan film-film asing terutama film Hollywood, yang notabene adalah film-film blockbuster dunia. Meskipun persaingan ini terjadi di negara sendiri, namun fenomena ini sekali lagi, cukup membanggakan.

Berdasarkan informasi terkini, sampai tanggal 22 Mei 2016, AADC 2 telah berhasil ditonton 3,5 juta pasang mata dan masih akan terus bertambah karena sekitar 95 bioskop masih menayangkan film tersebut di seluruh Indonesia. Anggapan saya yang pernah memprediksi film AADC 2 ditonton 2 juta orang ternyata melebihi prediksi. Baca http://www.plimbi.com/article/164089/inilah-8-film-indonesia-paling-ditunggu-yang-bakal. Begitu luar biasanya film AADC 2 ini memberi influence, sampai-sampai banyak yang menonton lebih dari sekali, bahkan ada yang sampai 4 kali, ckckck, hebat!

 

Kehebatan lainnya adalah, film CACW yang semula menjadi saingan terberat AADC 2 di minggu awal penayangan, ternyata saat ini tidak mampu lagi mengimbangi sepak terjang kisah Rangga dan Cinta, karena banyak yang sudah turun layar alias tidak banyak lagi diputar di bioskop. Tercatat hanya 10 bioskop saja di Indonesia yang masih memutar film CACW, sementara AADC 2 masih 95 bioskop.

Persaingan Steve Rogers Versus Rangga, Siapakah Pemenangnya?

 

Sementara itu film Indonesia lainnya yaitu My Stupid Boss (MSB) juga berhasil menuai respon postif dari para pencinta film Indonesia. Hanya dalam 5 hari pemutaran, tepatnya sampai dengan kemarin, film komedi ini berhasil banjir penonton, alias ditonton lebih dari 700 ribu pasang mata, dan lagi-lagi melebihi prediksi saya yang memperkirakan film ini bakal ditonton 700 ribu sampai 1 juta orang. Saat ini film MSB bahkan mengisi lebih dari 200 bioskop di seluruh Indonesia, wow!

Persis seperti yang dialami AADC 2 yang tayang di bioskop satu hari setelah perilisan CACW, MSB juga diputar sehari setelah film X-Men rilis di Indonesia. Entah kebetulan yang disengaja atau tidak, saya tidak tahu pasti. Saat ini X-Men diputar di 187 bioskop di seluruh Indonesia dan menyumbang pendapatan kotor untuk film ini sebesar 40,3 milyar rupiah. Sumber : http://www.bintang.com/celeb/read/ 2513979/lima-hari-tayang-di-indonesia-x-men-apocalypse-raih-rp-403-m. 

Hebatnya, meskipun harus bersaing dengan X-Men, MSB ternyata mampu mengimbangi sepak terjang para mutan ini dan tetap mendapat tempat di hati pencinta film tanah air, terbukti dari jumlah bioskop yang memutar film MSB lebih banyak dari X-Men, meski dari segi pendapatan masih kalah.

 

Fenomena dua film luar biasa ini ternyata menunjukkan kepada kita bahwa sineas-sineas tanah air juga tidak kalah hebat dan setidaknya sudah berhasil membuktikan bahwa film-film kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri meskipun harus bersaing dengan film-film dari luar. Terbukti dari keberhasilan duo film ini.

Fenomena Persaingan Film Indonesia Versus Film Hollywood Yang Masih Berlanjut

Mudah-mudahan fenomena Duet Maut MSB dan AADC 2 terus menular ke banyak film Indonesia dan akan lahir-lahir film Indonesia berkualitas lainnya. 

 

#HidupfilmIndonesia!

#Banggajadiorangindonesia!

 

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 46
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel