Cara Cover Lagu di Youtube

7 May 2016 18:15 19706 Hits 0 Comments

Kali ini kita akan belajar bersama langkah demi langkah meng-cover lagu di Youtube.
Baiklah, Hal yang pertama harus anda persiapkan adalah Laptop atau Personal Computer. Laptop atau Personal Computer (baca: PC) adalah modal dasar untuk ...

Apakah anda seorang yang suka bernyanyi ? Jika iya, tunjukkan bakatmu ke dunia melalui Youtube ! Rekam musik dan suaramu kemudian bikin videonya dan upload ! 


Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi semakin hari makin maju. Rekaman hari ini tak perlu lagi harus dilakukan di studio rekaman khusus. Anda bisa melakukannya dirumah dengan cara yang tidak begitu rumit.


Kali ini kita akan belajar bersama langkah demi langkah meng-cover lagu di Youtube.
Baiklah, Hal yang pertama harus anda persiapkan adalah Laptop atau Personal Computer.


Laptop atau Personal Computer


Laptop atau Personal Computer (baca: PC) adalah modal dasar untuk membuat sebuah cover. Laptop akan digunakan sebagai alat untuk mengedit dan merekam suara anda.


Software


Software yang biasanya digunakan untuk rekaman antara lain : Adobe Audition, Cube Base atau Studio One. Software yang paling sering digunakan operator studio rekaman adalah Cube Base. Anda bisa memlih salah satu diantaranya. Bagi anda yang pemula, sebaiknya menggunakan Adobe Audition, karena lebih mudah daripada software yang disebutkan diatas.


Mic


Mic untuk rekaman memang berbeda dari Mic yang biasanya digunakan di panggung-panggung. Mic rekaman lebih detail dalam penangkapan suara. Harganya memang sangat mahal, bisa dua juta ke atas. Namun jangan khawatir bagi anda yang seorang pemula. Cukup dengan membeli Mic kabel USB seharga 300 ribu-an anda sudah bisa rekaman dnegan hasil yang tidak begitu mengecewakan.


Ruang


Tempat atau ruang untuk rekaman menjadi faktor pendukung yang sangat penting. Kenapa ? Karena jika anda rekaman di suatu tempat yang crowded (ramai) maka itu akan mempengaruhi hasil (ouput) rekaman anda. Rekaman anda akan ada noise-nya. Jadi carilah ruangan yang sekiranya ‘sedikit’ lebih tenang agar output rekaman anda smooth.


Computer Sound, Headset atau Earphone


Anda harus memiliki salah satu dari Computer Sound, Headset atau Earphone. Alat ini akan digunakan untuk mengedit. Jangan mengandalkan speaker internal laptop karena tidak akan maksimal ketika mengedit. 

Baiklah, ketika semua yang disebutkan sudah ada, saatnya kita rekaman !

--------

Mulai Rekaman

Buat Musik-mu


Buatlah musik atau carilah karaoke-an lagu yang kamu inginkan di Youtube kemudian convert ke Mp3. Setelah selesai masukkan lagunya ke dalam software.

Rekam Suaramu

Rekamlah suaramu dengan mic yang disambungkan ke laptop. Tahap ini biasa disebut dengan take vocal. Setelah proses take vocal selesai, maka saatnya anda mengedit suara hasil take vocal suara anda tadi dengan headset ataupun computer sound. Perhatikan setiap detailnya, jangan sampai ada salah satu suara yang fals. Jika anda menemukan suara yang fals, maka cobalah untuk take vocal ulang sampai benar-benar tidak fals.

Export

Jika dirasa semua sudah sesuai dengan keinginan maka silahkan export hasilnya.

-------


Sekarang audio-nya sudah jadi, sekarang kita akan belajar cara membuat videonya.
Beberapa tahap untuk pembuatan video yang harus anda ketahui adalah konsep, take video, editing dan publish.


Konsep


Buatlah konsep video yang sejalan dengan maksud lagu yang anda angkat. Konsep video akan membuat penonton lebih bisa merasakan makna dari lagu yang anda bawakan.


Take Video


Cara take video adalah putar hasil export rekaman anda kemudian mulai rekam videonya dan ber-lagak-lah seakan-akan anda sedang benar-benar menyanyi.  Lip (bibir) harus sync dengan Mp3 hasil Export rekaman anda. Bila ada kesalahan maka terus ulanglah take-nya hingga sempurna.


Editing


Proses akhir ini adalah proses dimana anda akan memilah video-video hasil take video tadi. Setelah anda mendapatkan video yang paling baik, maka saatnya menumpuk video dengan hasil rekaman anda. 


Publishing


Setelah semua proses selesai, makan publishlah video anda ke Youtube. 


Itulah langkah demi langkah membuat video cover di Youtube. Untuk teknis rekamannya, akan dilanjut di next post. Semoga bermanfaat dan selamat rekaman.

 

Tags Tips Trik

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel