Inilah Akibat Terlalu Sering Menekan F5 atau Refresh

29 Apr 2016 02:34 132201 Hits 0 Comments
"STOP" Kebiasaan refresh mulai sekarang.

Apakah kalian pengguna komputer aktif? 

Saya yakin diantara kalian pasti memperhatikan tulisan “Refresh” yang kalian Lakukan jika pergi kedesktop dan langsung mengklik kanan mouse di desktop untuk melakukan refresh? Ataupun di dalam windows explorer? .....

 

Pilihan ini telah ada disana sejak kita menggunakan komputer.


"kita tidak tahu kenapah juga kita sering mengklik refresh?"


"Tapi apa yang kalian ketahui dari fungsi opsi “Refresh” ini?"


"Apakah dengan melakukan refresh Windows akan berjalan lancar? "


"Apakah akan membuat windows Anda menjadi lebih cepat?"

 

Atau mungkin kalian pikir dengan cara mengklik refresh akan menghapus memori komputer atau RAM komputer kalian? Hmm… tidak ada satupun jawaban yang benar. Dulu saya juga seperti kalian bahkan sampai sekarang tidak tahu kenapa saya masih sering melakukan refresh :D.

REFRESH.png

Baca Juga :

 

Langsung saja kita kepembahasan. 

Apa si sebenarnya kegunaan dari fungsi Desktop Refresh atau Refresh Folder?......

  • Saat desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya .
  • Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.
  • Kita menemukan ada ikon yang tidak bisa digunakan (diklik)
  • File yang dibuat oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
  • Dan situasi yang sama seperti di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah bila diharapkan.
 

Jika refresh ditekan secara terus menerus (dengen menekan F5) dalam jangka lama (lebih dari 2 detik) maka CPU Usage (cek di task manager) akan meningkat secara drastis, artinya akan membebani atau menambah proses pada komputer.
 

Di desktop sendiri tidak ada apa-apa, sedangkan di dalam folder sudah diprogram untuk auto-refresh ketika isi folder itu berubah, jadi jika isi folder ada perubahan maka akan otomatis di refresh (segarkan). tapi terkadang kita akan menjumpai isi folder tidak otomatis refresh.

 

Kita mungkin perlu untuk merefresh (menyegarkan) desktop windows dalam situasi berikut :

 

Untuk memperbaiki seperti situasi diatas, dapat diperbaiki dengan cara menekan tombol F5 ataupun klik kanan mouse dan pilih opsi “Refresh”. Secara manual menyegarkan desktop atau folder dapat menyusun isi dari urutan pertama folder, kemudian file2 dalam urutan abjad.

 

"Mengapa ada orang yang suka me-refresh Desktop terus-menerus?"

 

Kita mungkin sering memperhatikan ada pengguna komputer yang sangat sering mengklik kanan mouse dan memilih opsi “refresh” secara berulang-ulang, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru untuk me-refresh desktop secara terus-menerus. Kalian mungkin juga memperhatikan terutama dikalangan teknisi komputer atau pakar IT yang terobsesi dengan menggunakan pilihan “Refresh” pada saat komputer baru dinyalakan atau saat mereka keluar menuju dekstop, sebenarnya itu adalah kebiasaan yang tidak ada artinya dan malah memberi beban pada komputer.

Kalau tidak percaya dengan yang saya bahas silahkan anda tekan tobol F5 atau me-refresh pada dekstop secara terus menerus dan sambil cek kapasitas CPU usage anda pada task manager. Pasti semakin cepat anda me-refresh maka semakin tinggi pamakaian CPU usage anda.

Kalau kalian masih belum puas dengan apa yang saya jelaskan diatas coba kalian lakukan sendiri sambil membuka task manager pada tab CPU Usage lihat persentasi sebelum dan sesudah kalian melakukan refresh secara terus menerus. Pasti semakin cepat anda me-refresh maka semakin tinggi pamakaian CPU usage anda.

Lantas apa alasannya kalian melakukan refresh? 

Tidak ada dan tidak ada alasan untuk melakukannya, ini hanya kebiasaan dan peniruan yang menurut saya sangat konyol, tapi menurut beberapa pendapat orang melakukan refresh itu normal dan tidak ada efek sampingnya baik itu positif maupun negatif.

 

"Apa diantara kalian yang memiliki teman yang suka me-refresh desktop seperti ini? "

 

Mungkin harus disarankan untuk menyimak postingan ini, atau mungkin Anda sendiri adalah salah satunya korban yang memakai Resfresh secara terus menerus tanpa ada tujuan apapun.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, dan jangan lupa sering seringlah mampir ke Plimbi, karena di Plimbi Menerbitkan semua informasi yang kalian butuhkan. terima kasih sampai jumpa di postingan berikutnya "Good Luck."
                                                     

About The Author

BURHANUDIN 57
Expert

BURHANUDIN

Prioritas menjadi lebih baik dari kemarin :D umur 18 tahun. myblog : fixud.blogspot.co.id

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel