Untuk yang Penasaran, Inilah Bedanya Huawei P9 dengan P9 Plus

20 Apr 2016 15:50 8091 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
bedanya bukan hanya di embel-embel "Plus" saja.

Sebelumnya, mas Supriyanto telah mengulas tentang seperti apa Huawei P9 yang juga sekarang ini menjadi smartphone flagship terbaru dimana menurut sang penulis, Huawei P9 adalah “kamera DSLR yang muat masuk ke kantong.”

Saya sepakat dengan pendapat tersebut karena menurut saya juga kamera yang dimiliki Huawei P9 ini memang secara kualitas sangatlah bagus. Lensa optik buatan Leica gitu loh, ya jelas bagus!

Setelah saya baca ulasannya, ternyata pada artikel tentang Huawei P9 tersebut, memang hanya dijelaskan soal Huawei P9 dan tidak menjelaskan Huawei P9 Plus yang jika dilihat secara spesifikasi tidak begitu berbeda sehingga jika saya melakukan review tentang Huawei P9 Plus, hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan ulasan Huawei P9.

Oleh karena itu, disini saya akan coba membuat komparasi tentang Huawei P9 dengan Huawei P9 Plus dengan tujuan agar rasa penasaran Anda tentang apa yang menjadi pembeda dari kedua smartphone tersebut dapat terobati.

Ok, mari kita langsung saja bandingkan kedua spesifikasi yang dimiliki Huawei P9 dan Huawei P9 Plus, yang juga adalah smartphone flagship buatan Huawei asal negeri China.

 

1. Dimensi dan Desain

Dilihat dari segi ukuran, kedua smartphone ini jelas memiliki ukuran yang berbeda.

Huawei P9 memiliki dimensi dengan panjang 145 x 71 x 6.95 milimeter dengan bobotnya adalah 144 gram.

Sedangkan Huawei P9 Plus memiliki dimensi dengan panjang 152 x 75 x 6.98 milimeter dengan bobot mencapai 162 gram.

Beralih ke desain, kedua smartphone ini walaupun terlihat identical atau kembar, kedua smartphone ini ternyata memiliki satu perbedaan yang cukup mencolok jika dicermati lagi.

Perbedaan yang saya maksud adalah pada posisi peletakan speaker dimana pada Huawei P9 lokasi speakernya berada di bawah. Sedangkan pada Huawei P9 Plus lokasi speakernya berada di bagian depan (di dekat layar).

Perbedaan lainnya dari kedua smartphone ini adalah warnanya; Huawei P9 hadir dengan beberapa varian warna yaitu Rose Gold, Prestige Gold, Titanium Grey dan Mystic Silver. Sedangkan Huawei P9 Plus hadir dengan warna Haze Gold, Quartz Grey, Rose Gold dan Ceramic White.

 

2. Layar

Dari segi layar, kedua smartphone ini memiliki perbedaan mencolok lainnya selain dari ukuran layarnya yang berukuran 5.2 inch untuk versi P9 dan 5.5 inch untuk versi P9 Plus.

Perbedaan yang mungkin juga jadi faktor penentu ini adalah pada jenis layar yang digunakan. Pada P9, layar yang digunakan adalah layar IPS. Sedangkan pada P9 Plus, layar yang digunakan adalah layar Super AMOLED seperti yang digunakan oleh Samsung Galaxy Series.

Dengan resolusi Full HD kedua smartphone ini juga memiliki kerapatan PPI yang berbeda dimana pada P9 kerapatannya mencapai 424 ppi, dan pada P9 Plus kerapatannya hanya mencapai 401 ppi. Namun menurut saya hal tersebut wajar saja karena layar P9 plus ukurannya lebih besar dibandingkan dengan P9.

Tapi berhubung P9 Plus pakai layar Super AMOLED, Huawei P9 Plus sudah pasti jauh lebih unggul.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel