Bokek Menyerang, Inilah yang Bisa Dilakukan

19 Apr 2016 05:56 2431 Hits 0 Comments

Semua orang pasti pernah mengalami 'bokek' atau tak memiliki uang sama sekali. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya tanggal tua dan kurang pandainya kita mengatur sirkulasi perputaran uang.

Bokek adalah suatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan. Kita seperti mati kutu. 

Semua orang pasti pernah mengalami 'bokek' atau tak memiliki uang sama sekali. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya tanggal tua dan kurang pandainya kita mengatur sirkulasi perputaran uang.

Bokek adalah suatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan. Kita seperti mati kutu. Semua kalangan pernah mengalami hal ini, tak terkecuali mahasiswa yang notabennya adalah orang rantau. Semua serba jauh, terbatas dan sendiri. Bila tak pintar-pintar mengakali kehidupan sehari-hari, matilah.

Apa yang biasanya anda lakukan ketika anda bokek ? Jangan bingung. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika bokek atau kanker (kantong kering) menyerang.

Cek Semua Sudut 

Bokek Menyerang, Inilah yang Bisa Dilakukan

Search via google pictures

 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah coba ingat-ingat, pernahkah anda menyimpan uang disuatu tempat. Entah disaku, bawah baju di dalam lemari, atau pun di tas-tas. Intinya, coba cari keseluruh 'penjuru' sudut. Cara ini biasanya ampuh. 

 

Gadai

Bokek Menyerang, Inilah yang Bisa Dilakukan

How to borrow money from a friend via wikihow.com

 

Kedua, menggadaikan barang anda kepada teman anda dalam beberapa waktu. Ketika uang bulanan sudah keluar, saatnya mengambil barang anda lagi. Dengan cara seperti ini, anda agak bisa sedikit bernapas.

 

Jasa Penyambung Lidah

Bokek Menyerang, Inilah yang Bisa Dilakukan

Focused on Opportunities to Share via thisdaywithgod.wordpress.comâ

 

Ketiga, coba jadi penyambung lidah. Bagi anda yang memiliki kelebihan dalam hal komunikasi pemasaran, anda bisa mencoba hal ini. Banyak sekali teman-teman yang sedang berjualan barang-barang second atau pun baru. Coba loby dengan mereka lalu tawarkan jasa anda. Tak menutup kemungkinan anda bisa menjadi penyambung lidah yang saling menguntungkan satu sama lain.

Satu yang perlu diingat, ketika keadaan sudah berubah menjadi lebih baik, ada baiknya anda belajar untuk mengatur sirkulasi kuangan agar bokek tidak menyerang kembali dikemudian hari. Banyak dari kita tidak memikirkan jangka panjang, lebih memikirkan hari ini harus terpenuhi (baca: napsu).

Rencana jangka panjang perlu dipertimbangkan pula agar kebutuhan-kebutuhan masa mendatang tidak terbengkalai hanya karena keinginan.

Menurut Zenius.net ada 4 yang perlu disertakan dalam setiap rencana. Yakni Penting Mendesak, Penting Tidak Mendesak, Tidak Penting Mendesak dan Tidak Penting Tidak Mendesak. 

Penting Mendesak adalah kebutuhan yang memang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Seperti rumah anda terbakar, misalnya. Itu adalah hal penting dan sangat medesak.

Penting Tidak Mendesak adalah kebutuhan yang penting namun tidak mendesak seperti Olahraga Teratur. Kesehatan memang penting namun tidak selalu mendesak untuk dilakukan.

Tidak Penting Mendesak adalah suatu masa dimana anda harus mendahulukan mendesak meskipun tidak penting seperti mengangkat jemuran dan angkat telepon.

Tidak Penting dan Tidak Mendesak adalah suatu keadaan yang tidak begitu penting dan memang tidak mendesak seperti gosok gigi dan mandi.

Pembaca Plimbi yang baik, itulah tiga tips yang bisa anda lakukan ketika bokek menyerang. Semoga tips berikut dapat membantu anda ketika bokek. Selamat menerapkannya.

Tags Tips Trik

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel