Sebenarnya Boleh Nggak Sih Kecanduan Main Game?

15 Apr 2016 16:01 4697 Hits 6 Comments Approved by Plimbi
Masih banyak orang yang menganggap bahwa bermain game membuang-buang waktu dan hanya untuk orang pemalas yang tidak punya kerjaan. Bahkan masih banyak orang tua yang berfikir kalau melihat anaknya bermain game nantinya akan menjadi anak yang bodoh dan pemalas di kelas. Apalagi kalau sampai kecanduan main game. Tapi benarkah kalau kecanduan main game itu tidak ada gunanya?

Masih banyak orang yang menganggap bahwa bermain game membuang-buang waktu dan hanya untuk orang pemalas yang tidak punya kerjaan. Bahkan masih banyak orang tua yang berfikir kalau melihat anaknya bermain game nantinya akan menjadi anak yang bodoh dan pemalas di kelas. Apalagi kalau sampai kecanduan main game.

Game sebenarnya sangat diperlukan untuk merilekskan otak kita yang penat karena sibuk bekerja, selain itu juga dapat merangsang peningkatan kreatifitas dan kemampuan berimajinasi. Bisa juga untuk menghabiskan waktu luang yang kosong pas lagi antri di bank, atau menunggu pesawat mau take off. Bahkan game juga bagus buat anak-anak untuk menstimulus atau merangsang otak kanan mereka terutama kemampuan dalam berimajinasi.


Sebenarnya Boleh Nggak Sih Kecanduan Main Game?

Namun, pada saat kita menghabiskan waktu hingga berjam-jam setiap harinya untuk bermain game, bahkan sampai lupa makan dan kerja, maka sudah bisa dipastikan kita kecanduan main game. Selain ciri-ciri di atas, orang yang kecanduan main game biasanya selalu memikirkan game tersebut saat sedang belajar atau bekerja alias tidak konsentrasi, lupa waktu, menghabiskan banyak uang, suka berbohong, malas, gampang stress, gampang marah dan mudah tersinggung.

Dari ciri-ciri di atas tadi, sudah bisa dipastikan kalau kecanduan main game itu tidak baik. Segala sesuatu yang berlebihan biasanya tidak baik.
 

Sebenarnya Boleh Nggak Sih Kecanduan Main Game?

Namun sebenarnya bukan kecanduan main game nya yang tidak baik, tapi orang atau individunya yang tidak bisa mengatur dirinya itulah yang sebenarnya belum "baik" dalam arti belum dewasa dan belum bijaksana dalam menyikapinya.

Kalau kita bisa mengontrol atau menguasai diri kita dan mengatur waktu kapan saatnya main game dan kapan saatnya berhenti main game, serta tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh kita (makan dan tidur teratur), maka kecanduan main game itu tidak jadi masalah, malah bisa menguntungkan kita. Yup, benar, sebab sekarang ini sudah ada game online yang dapat menghasilkan uang dari main game tersebut. Salah satunya di bawah ini. Jadi lumayan kan, main game tapi sekaligus bisa dapat duit.

Sebenarnya Boleh Nggak Sih Kecanduan Main Game?

Jadi kalau kita bisa melakukan ketiga hal di atas, maka kita boleh saja sering-sering main game tanpa perlu stress atau marah atau bahkan sampai lempar barang kalau kita kalah, kita juga tidak perlu menunda makan kalau kita lapar atau menunda tidur kalau kita ngantuk, kita juga tetap bisa beraktifitas seperti biasa tanpa harus menunda-nunda pekerjaan. Seperti saat ini saya sedang menulis di kantor setelah pekerjaan di kantor selesai. Begitu otak mulai penat, saya main deh game kesukaan saya. Setelah itu saya lanjutkan pekerjaan saya lagi. Yah, pandai-pandai mengatur waktu lah, yang penting bisa memprioritaskan mana dulu yang harus dikerjakan.

Tapi kecanduan main game tidak saya sarankan untuk anak-anak dan remaja ya. Untuk mereka, maka orangtua harus bisa mengontrol anaknya agar bermain game tidak berdampak buruk buat masa depan mereka.

So, kesimpulannya kecanduan main game boleh saja tapi dengan catatan, hanya untuk orang dewasa yang bisa mengatur waktu dan bisa memprioritaskan mana yang utama, tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh, serta bisa mengontrol dan menguasai dirinya dari nikmatnya bermain game, sehingga bukan game yang mengusai kita, tapi kita yang menguasai game itu. Setuju friends?

Sip deh, kalau sudah begitu, mari main game!

Oya, jangan lupa komennya ya friends!

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 46
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel