iPad Air 3, Penerus iPad Air 2

14 Mar 2016 13:20 2019 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Spesifikasi dan harga dari iPad AIr 3

Mengingat bulan ini adalah bulan Maret, maka kita akan berbicara tentang Apple.

Apple disini bukan nama sebuah buah-buahan melainkan sebuah merek dari produk-produk yang harga dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Lalu apa hubungannya bulan maret dengan Apple?

Jika Anda adalah follower setia Apple yang setiap saat mengikuti perkembangan berita seputar Apple, Anda pasti sudah tahu bahwa bulan Maret ini, tepatnya pada tanggal 21 Maret 2016, Apple akan mengadakan sebuah event pameran produk-produk terbarunya.

Beberapa produk terbaru dari Apple yang sudah diprediksi akan dirilis pada event tersebut adalah sebuah iPhone berukuran 4 inch bernama iPhone SE, dan sebuah iPad berukuran 9.7 inch yang berdasarkan rumor akan diberi nama iPad Air 3.

Sebagai catatan, peluncuran produk sendiri iPad biasanya muncul sewaktu-waktu ketika pihak Apple merasa bahwa penjualan produk tersebut terus melambat. Salah satunya adalah akibat turunnya penjualan iPad Pro yang dirilis pada tahun 2015 lalu dan juga tidak begitu lakunya iPad Mini 4 di pasaran dimana tahun perilisannya sama dengan perilisan iPad Pro.

Sudah menjadi sebuah tradisi bagi Apple dimana mereka bungkam seribu bahasa ketika yang dibahas adalah produk-produk terbarunya. Sehingga orang-orang yang menanti kehadiran produk-produk terbaru Apple hanya dapat membuat dugaan tentang produk apa yang nantinya akan dirilis.

Salah satu dari dugaan tersebut adalah mengenai iPad berlayar 9.7 inch yang juga adalah penerus dari iPad Air 2 yang akan dijelaskan di bawah ini ke dalam beberapa kategori.

 

1. Desain

Dengan sebelumnya hadir iPad Air 2, pada iPad generasi ketiga yang namanya belum dipastikan ini, Apple katanya telah menyempurnakan dimensi dari tablet andalannya. Tablet ini nantinya akan sangat portabel dimana portabilitas tersebut membuat Apple akan mudah dibawah dengan satu tangan, enak digunakan untuk membaca, serta enak digunakan untuk bermain game dan browsing di internet.

Hingga saat ini, iPad Pro adalah tablet tercanggih dan tersangar dari Apple. Oleh karena itu, iPad berlayar 9.7 inch yang akan dirilis nantinya ini sepertinya tidak akan kalah canggih dengan iPad Pro yang pernah dirilis pada tahun 2015 lalu, bahkan mungkin lebih canggih.

Salah satu kecanggihan yang akan diadaptasi oleh iPad generasi terbaru ini antara lain, Quad-Speaker untuk suara lebih dahsyat, Kamera 12MP seperti iPhone 6s, serta hadirnya lampu flash untuk kamera belakang.

 

2. Software & Hardware

Dikarenakan iPad yang akan muncul pada 21 Maret 2016 mendatang adalah barang baru, tentu sistem operasi dari perangkat tersebut akan menggunakan iOS terbaru yakni iOS 9. Tidak hanya itu, iPad yang akan dirilis pada bulan 21 maret mendatang ini juga akan siap untuk menggunakan iOS 10 yang katanya akan dirilis pada bulan Juni 2016 mendatang bersamaan dengan rilisnya iPhone 7.

iOS yang digunakan sendiri adalah iOS versi 9.3 yang memiliki fitur-fitur yang tidak ada di versi-versi sebelumnya seperti fitur Night Shift yaitu sebuah fitur untuk mengganti warna layar pada malam hari, Apple’s News versi revamped, health app versi revamped dan CarPlay Technology.

Kemudian ada juga fitur pengaman untuk notes serta fitur multiple accounts dimana dalam 1 iPad akan dapat menyalakan beberapa akun pengguna.

Satu hal yang mungkin tidak akan dilihat pada iPad 9.7 inch terbaru ini adalah 3D Touch, yaitu sebuah fitur layar sentuh yang harus menggunakan sedikit tekanan yang digunakan pada iPhone 6s.

Menurut SVP dari Apple yaitu Johny Srouji, iPad Air terbaru ini nantinya akan menggunakan prosesor A9X sama dengan prosesor yang ditanamkan pada iPad Pro.

Kemudian soal baterai, iPad Air penerus iPad Air 2 ini diharapkan tidak akan berbeda jauh soal daya tahan baterai dengan pendahulunya dimana iPad Air 2 dapat bertahan selama 10 jam lamanya sebelum pengisian ulang.

 

3. Harga

Menurut bocoran yang beredar di internet, iPad Air generasi ketiga dengan memori 32GB yang juga merupakan model termurah akan dihargai 599 USD atau sekitar 8 jutaan hingga 749 USD atau sekitar 10 jutaan untuk tipe dengan memori internal 128GB.

 

 

 

 

Tags Teknologi

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel