6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

25 Feb 2016 19:00 2838 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kerontokan rambut harus segera diatasi agar tidak sampai menimbulkan kebotakan.

Pernahkah Anda merasa frustasi dengan rambut Anda yang banyak rontok setiap kali menyisir? Kerontokan rambut tidak boleh dibiarkan begitu saja. rambut yang rontok terus-menerus pada akhirnya bisa menyebabkan kebotakan, tentunya hal ini tidak diinginkan oleh siapa pun.

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor kesehatan dari dalam tubuh, tidak cocok dengan produk sampo tertentu, pola makan yang kurang sehat, dan masih banyak lagi. Jika Anda sudah mengalami kerontokan rambut ini, walau bisa dikatakan belum begitu parah, sebaiknya segera lakukan tindakan agar Anda tidak sampai mengalami kerontokan yang parah.

Saat ini memang sudah banyak produk sampo maupun produk rambut lainnya yang menjanjikan pengurangan rambut rontok. Anda bisa menggunakan produk-produk tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mencoba cara-cara alami mengatasi kerontokan rambut. Selain lebih aman, bahan alami yang digunakan pun sangat mudah didapatkan.

Berikut beberapa tips pintar yang bisa membantu Anda untuk mengatasi kerontokan rambut.

 

1. Menggunakan Lidah Buaya

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: tipkecantikan.com

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan juga bisa mengatasi masalah kerontokan. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya kembali meremajakan sel-sel jaringan dari rambut serta mengembalikan tekstur dari sel-sel kulit kepala yang rusak.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Ambil bagian daging dari lidah buaya dengan ukuran yang cukup. Usapkan bagian dalam dari lidah buaya tersebut ke seluruh bagian kepala, mulai dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Anda akan merasakan sensasi dingin yang menyegarkan saat menggunakan lidah buaya tersebut, efek tenang dan nyaman bisa Anda rasakan.

Setelah didiamkan selama lebih kurang 15 sampai 20 menit, bilas dengan air. Bilas sampai bersih dan sampai tidak ada sisa lidah buaya lagi yang menempel pada rambut.

 

2. Menggunakan Jeruk Nipis

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: www.sapujagat.com

Buah jeruk nipis yang segar tidak hanya bisa dikonsumsi menjadi minuman atau menjadi tambahan penyegar untuk bumbu masakan. Jeruk nipis juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara menggunakannya sangat mudah. Ambillah beberapa buah jeruk nipis, kemudian iris menjadi beberapa bagian.

Aplikasikan irisan jeruk nipis tersebut ke kulit kepala sampai merata. Jika sudah selesai, diamkan selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dan keramas sampai rambut benar-benar bersih.

 

3. Menggunakan Bawang Putih

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: www.bawangputih.org

Salah satu jenis bumbu dapur ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi dan mengurangi rambut rontok. Cara menggunakannya cukup mudah, haluskan bawang putih dengan menggunakan blender. Cara ini akan menghasilkan bawang putih yang benar-benar halus.

Kemudian oleskan bawang putih yang sudah berbentuk seperti pasta tersebut ke bagian rambut yang mengalami kerontokan. Proses pengolesan dilakukan malam hari sebelum tidur. Diamkan semalaman baru di pagi harinya dilakukan pembilasan dengan air. Bila perlu, keramas juga menggunakan sampo khusus untuk menumbuhkan rambut yang cocok untuk Anda.

 

4. Menggunakan Teh Hijau

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: sehatkanlah.com

Menikmati teh hijau panas di pagi atau sore hari dengan penganan manis tentunya akan terasa sangat nikmat. Akan tetapi, teh hijau tidak saja hanya baik untuk diminum. Teh hijau yang kaya akan antioksidan ini juga sangat baik untuk membantu mengurangi dan mengatasi masalah kerontokan rambut.

Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau kemudian membasuhkan seduhan teh hijau tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama lebih kurang satu jam agar kandungan dalam teh hijau mulai bekerja. Setelah itu, bilas rambut sampai benar-benar bersih.

 

5. Menggunakan Buah Alpukat

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: merdeka.com

Buah alpukat juga menjadi salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang rontok. Buah alpukat termasuk jenis buah yang memiliki kandungan protein. Protein sendiri sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa alpukat cukup sering dijadikan bahan untuk creambath.

Cara menggunakannya adalah dengan terlebih dahulu menghaluskannya dalam sebuah mangkuk. Usapkan alpukat yang sudah halus tersebut pada kulit kepala dan rambut secara keseluruhan. Diamkan krim alami alpukat tersebut meresap dan bekerja selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dan sampo dan bilas kembali sampai bersih.

 

6. Menggunakan Yogurt

6 Tips Cerdas Mengatasi kerontokan Rambut Secara Alami

Gambar via: authoritynutrition.com

Selain segar untuk dikonsumsi terutama di siang hari, yogurt ternyata juga baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan yogurt pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

 

Cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut bisa menjadi pilihan yang aman untuk rambut Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki tipe kulit kepala yang sensitif dan tidak bisa sembarangan menggunakan produk sampo dengan bahan kimia. Semoga tips mengatasi kerontokan rambut dengan cara-cara alami di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel