Nenek Moyang Hacker (Sejarah Perkembangan Hacker)

6 Feb 2016 15:33 4965 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Istilah Hacker muncul pada tahun 1960-an

Sedikit tentang siapa itu hacker ?, Hacker adalah orang yang melakukan serangan atau meretas sebuah program komputer, web, jaringan administrasi dan yang terkait dengan komputer. Hacker melakukan aksinya biasanya untuk mencapai apa yang mereka inginkan dengan berbagai cara agar bisa mengekploitasi di sebuah jaringan. Bukan hanya hacker ada juga carder (orang yang biasanya meretas kartu kredit), defacer (biasanya meretas sebuah web dan mengubah tampilan awalnya), cracker (orang yang meretas sebuah program komputer dan merubah isinya sehingga aplikasinya berubah menjadi full version melalui bug pada aplikasi tersebut), dan Phreaker (orang yang membobol sistem jaringan telepon).

Istilah Hacker pertama kali muncul di publik pada tahun 1960-an yang di prakarsai oleh para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang merupakan perintis perkembangan ilmu program komputer pada saat itu.

Pada saat itu, Hacker dikenal sebagai orang yang ahli dalam bidang pemrograman komputer dan diterima postif oleh masyarakat. Pada sekitar tahun 1983, FBI menangkap sekumpulan kelompok pemuda yang bernama The 414s. The 414s tertangkap karena membobol 60 komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos sehingga pada saat itu istilah Hacker lebih dikenal kearah negatif.

Hacker juga digolongkan menjadi 2 yaitu, WhiteHat Hacker dan juga BlackHat Hacker kalau disimpulkan WhiteHat Hacker cenderung ke Hacker yang Postif yang tidak menyalahgunakan kemampuannya untuk merugikan seseorang, beda dengan BlackHat Hacker atau Hacker Negatif yang kerjaannya merugikan seseorang.

Perkembangan Hacker semakin pesat dengan bermunculan kelompok Anonymous yang dibentuk sekitar tahun 2003. Anonymous merupakan kelompok Hacker terbesar dan paling terkenal diantara semuanya. Biasanya para anggotanya memakai topeng Guy Fawkes atau V for vendetta.

Hacker juga berkembang di Indonesia, pada sekitar abad ke 20, hacker di Indonesia sudah berkembang diantaranya adalah kelompok hacker Kecoa Elektronik, Anti-Hackerlink dan Echo. Pada tahun 2000-an, hacking di Indonesia mencapai masa ketenarannya yaitu Anti-Hackrlink yang tercatat membobol puluhan situs internet yang dari dalam maupun luar negeri.

Pada tahun 2014 silam, santer terdengar kabar bahwa hubungan antara Indonesia dengan Australia memanas dikarenakan, pihak pemerintahan Australia terdeteksi menyadap telepon presiden Indonesia yang pada saat itu adalah SBY. Hal itu menimbulkan perang cyber atau perang di dunia maya antara Hacker Indonesis Vs Hacker Australia. Hacker Indonesia melancarkan serangan melalui situs-situs pemerintahan dan juga Bank yang ada di Australia dengan menggunakan metode defacing. Dan pada tahun sebelum-sebelumnya, Hacker Indonesia juga menyerang sejumlah situs-situs milik Israel sebagai bentuk protes perlakuan Israel terhadap Palestina.

Untuk saat ini ada puluhan bakan ribuan hacker yang ada di Indonesia sebut saja Surabaya Blackhat dan Anonymous Indonesia yang sudah terkenal luas. 

Tags

About The Author

Fikri Firman F 40
Ordinary

Fikri Firman F

Seorang yang menyukai gadget serta digital grafis, main game, dan musik. Saat ini masih menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi Prodi Teknik Informatika UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel