Unboxing Mini PC Intel NUC DN2820FYKH

2 Feb 2016 15:35 4240 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Bongkar Hardware Intel NUC N2820

Hola Plimbers.

Setelah sebelumnya "coba-coba" review Edimax 3 in 1 Wifi Router, kali ini saya memberanikan diri untuk mengulas review dan unboxing salah satu produk mini PC besutan Intel dengan harga ekonomis (2 jutaan), yaitu NUC DN2820FYKH.

Review Spesifikasi dan Unboxing Mini PC Intel NUC DN2820WYKH

Langsung saja, kita mulai dari desain antarmukanya.

1. Desain Antarmuka Mini PC Intel NUC DN2820FYKH

Jika dibandingkan dengan beberapa NUC yang telah dirilis sebelumnya, DN2820 memiliki dimensi yang sedikit lebih besar, yaitu 4.59 x 4.41 x 2.03 inchi atau 11.66 x 11.2 x 5.15 cm. Namun, ini tidak mengurangi kesan simple dan mini yang ditawarkan, dengan berat sekitar 476 gram (belum termasuk RAM dan HDD) NUC series Celeron ini sangat mendukung untuk pemasangan bracket VESA pada bagian belakang monitor.

Chassis yang digunakan sebagai body adalah aluminium dengan warna alami. Bagian atas dan bawah ditutup dengan bahan dasar plastik berwarna hitam, pada bagian atas dilapisi dengan plastik bening tipis sebagai pelindung dari debu, goresan, atau gesekan, sehingga dianjurkan untuk tidak melepaskan plastik ini. Terdapat tombol power dan power LED indikator pada bagian atas.

Bagian dasar chassis dikunci dengan oleh empat buah sekrup yang tersembunyi di dalam kaki berbahan karet. Hal ini menjamin NUC tidak bergeser ataupun menggores meja jika kita tidak menggunakan bracket VESA.

Tampak depan terlihat satu buah port USB 3.0 pada bagian kiri dan sebuah sensor inframerah pada bagian kanan.

Pada bagian belakang berurutan dari kiri terdapat port adapter listrik DC 12 Volt, 1 buah Port HDMI, 1 buah port LAN Gigabit Ethernet, 2 port USB 2.0, dan 1 buah jack audio 3.5mm. Kemudian terdapat dua buah lubang ventilasi udara sebagai pembuangan panas dari pendingin CPU.

Bagian samping kiri dan kanan terdapat saluran pembuangan panas di sepanjang chassis dan satu buah Kensignton Anti-Theft Lock.

 

2. Spesifikasi Hardware

Berikut Spesifikasi Intel NUC DN2820WYKH yang memiliki codename Forest Canyon:
Warna Chassis

Hitam

Dimensi 11.66 x 11.2 x 5.15 cm
Berat (tidak termasuk HDD/SSD dan RAM) 476 gram
Prosessor Intel Celeron N2820
Clock Speed Up to 2.39 GHz
Turbo / Hyper Threading Tidak ada
Graphic Intel HD Graphics
RAM Support 1 x DDR3L SO-DIMM (up to 8 GB)
Media Penyimpanan Support 2.5" HDD
HDMI Output 1 x 1.4a (up to 7.1 channel audio)
Audio Output 1 x 3.5mm jack headphone/microphone/speaker
Mini Display-Port Output Tidak ada
USB 2 slot USB 2.0 dan 1 slot USB 3.0
Gigabit Ethernet Ada
Mini PCIe (half-height) Ada
Mini PCIe (mSATA support) Tidak ada
Infra Merah Ada
Bluetooth BT 4.0
Wireless Wifi 802.11 bgn 7260
Wireless Display (WiDi) Ada
Power Supply DC 19V, 36W
OS Compatible Support all OS (direkomendasikan Windows 8.1)
Garansi 3 tahun

 

3. Package Contents

Review Spesifikasi dan Unboxing Mini PC Intel NUC DN2820WYKH

Kesan mini sangat mengena dari pandangan pertama saat melihat kotaknya yang mungil (5x5x5 inchi). Informasi yang tertera pada kotaknya juga cukup memadai, selain informasi tentang keunggulan produk, terdapat juga di sana Product code, Packaging ID, Serial number, MAC Address, Version NUC, dan Date of Manufacture.

Review Spesifikasi dan Unboxing Mini PC Intel NUC DN2820WYKH

Dalam paket pembelian (package contents) terdapat 1 buah chassis NUC, 1 buah Bracket VESA, 1 buah power adapter dengan multi AC plugs (Tipe A, G, I, dan C), beberapa buah sekrup (baut) untuk bracket, Manual, product support, dan Warranty Instruction, serta User Guide.

 

4. Pemasangan RAM, Media Penyimpanan, dan Bracket

Selain ukurannya yang minimalis, pemasangan RAM dan media penyimpanannya pun terbilang praktis, hanya membutuhkan satu buah obeng plus.

Begitu keempat sekrup telah dibuka dan tutup bagian belakang chassis dibuka, maka akan terlihat port SATA untuk HDD 2.5 inchi seperti pada gambar berikut:

Tapi, ada baiknya memasang RAM terlebih dahulu dikarenakan posisi slot RAM berada di bawah sasis media penyimpanan.

Tidak ada sekrup/baut yang perlu dibuka atau diputar, kita hanya perlu mengangkat perlahan dan membalikkannya ke samping. Namun, disarankan untuk melepas kabel data dan kabel power SATA untuk memudahkan proses pembongkaran, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kabel penghubung media penyimpanan tersebut.

Area yang ditunjukkan nomor 1 adalah slot untuk RAM DDR3L dan nomor 2 adalah kartu WiFi+BT yang sudah disematkan dan sudah termasuk dalam package contents. Jika bagian ini kita angkat dan keluarkan maka akan tampak sistem pendingin yang menutupi prosessor.

Tara, kita sudah menelanjangi Intel NUC DN2820FYKH hingga ke dasarnya.

Setelah memasang RAM dan mengembalikan posisi motherboard seperti semula, kini saatnya memasang harddisk.

Ada empat buat sekrup/baut kecil yang harus dilepas untuk membuka plat pelindung yang menempel pada chassis. Jangan khawatir, petunjuk pemasangan terdapat pada User Guide yang termasuk package contents (bahkan beberapa image pada ulasan ini saya ambil dari hasil scan user guide tersebut).

Berikut gambar langkah-langkah pemasangan bracket VESA:

 

5. Kesimpulan

Plus

Jika dilihat dari harganya yang menawan ditambah ukuran, desain, dan kelengkapan fitur pendukungnya, maka dapatlah disebut Mini PC Intel DN2820FYKH sebagai produk yang sangat bagus dan menarik. Apalagi jika dibandingkan dengan produk dengan harga setara secara keseluruhan dengan tambahan unit power supply yang lebih kecil dan di-bundle dengan receiver Infra Merah yang bisa digunakan mentransformasi Mini PC ini menjadi Home Theatre PC.

Baca Juga : Komparasi: Mini Mac vs Intel NUC vs Tabulet

Minus

Bentuknya yang kecil sehingga perangkat di dalamnya yang sudah nge-press membuat perangkat ini hampir tidak bisa di-upgrade lagi selain penyimpanan, RAM, dan kartu wirelessnya. Itu berarti kinerja CPU dan GPU dari NUC DN2820 tidak bisa digenjot lagi performanya.

Overall

Intel NUC DN2820FYKH memiliki dimensi yang minimalis, 116.6mm x 112.0mm x 51.5mm, hanya sebesar genggaman. Didukung oleh Prosessor Intel Celeron N2820 (up to 2.4GHz dual-core, 1MB cache, 7.5W TDP) yang dilengkapi dengan Intel HD Graphics yang dapat beroperasi hingga 756MHz, koneksi yang terbilang lengkap, dari WiFi, WiDi, Infra Merah, BT 4.0, USB 2.0 dan 3.0, hingga HDMI 1.4a video output.

Harga final produk ini sangat tergantung dari Harddisk, RAM, Monitor, dan System Operasi yang akan kita gunakan.

Jika pembaca sedang membutuhkan computer yang simple, kecil, ringan, bertajuk barebone (komputer setengah jadi yang terdiri dari casing, power supply, motherboard, dan sistem pendingin), dan untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik tugas, memutar media, atau menulis di Plimbi, dengan budget 2 juta untuk chassis, ditambah HDD dan RAM sesuai selera, monitor, dan windows bajakan... err... kalau bisa beli yang asli aja, gan... Maka, Mini PC Intel NUC DN2820WYKH layak menjadi pilihan.

Pertanyaan selanjutnya adalah... Bagaimana performa mesin ini? Aw... Semoga ada author lain yang berkenan membuat reviewnya atau ada pembaca yang ingin berpartisipasi? Jangan ragu-ragu, ayo bergabung di Plimbi dan raih kesempatan memenangkan event-event Plimbi, menjadi Top Author of the Month, atau Best Article of the Month!

Tags

About The Author

Tuhuk Ma'arit 52
Expert

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel