Tips Sehat: Tidur Berkualitas, Aktivitas Nyaman

27 Jan 2016 20:00 1831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Siapa yang tidak bahagia bisa tidur dengan nyaman? Tidur merupakan kesempatan yang baik untuk Anda beristirahat dari berbagai macam aktivitas dan rutinitas yang mengerahkan gerak fisik dan pikiran. Tidur juga menjadi jalan untuk Anda menenangkan perasaan yang mungkin tengah dilanda kegalauan.

Tidur bisa juga dikatakan sebagai sebuah aktivitas, ya aktivitas istirahat. Bila seseorang selalu tidur dengan kondisi yang baik dengan waktu tidur yang pas dan normal, maka ia akan merasakan kesegaran saat bangun dan mampu beraktivitas di hari yang baru dengan penuh semangat.

Akan tetapi berbeda halnya  dengan Anda yang tidak bisa tidur dengan tenang atau tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Rasa pusing dan juga kurangnya semangat bisa saja menghampiri Anda.

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tidak terganggu oleh hal-hal yang sebenarnya tidak boleh mengganggu tidur serta lama waktu tidur yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas di sela rutinitas hidup yang padat? Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

 

1. Mematikan Lampu Kamar saat Hendak Tidur

Tips Sehat:  Tidur Berkualitas, Aktivitas Nyaman

Gambar via: f.tqn.com

Kondisi ruangan yang gelap merupakan kondisi yang baik untuk tidur. Sebaiknya hindari menyalakan lampu saat tidur karena akan mengganggu kualitas tidur Anda. Kondisi kamar yang terlalu terang bisa saja membuat Anda malah kesulitas tidur atau bahkan sering terbangun berkali-kali.

Akan tetapi untuk Anda yang memang tidak bisa tidur dalam keadaan yang benar-benar gelap, bisa menggunakan lampu tidur yang sinarnya redup dan menenangkan. Pastikan lampu tidur tersebut tidak langsung mengarah ke mata Anda. Fungsi lampu tidur dalam hal ini untuk membuat ruangan tidak benar-benar gelap gulita.

 

2. Mematikan Televisi saat Akan Tidur

Tips Sehat:  Tidur Berkualitas, Aktivitas NyamanGambar

via: media.onsugar.com

Menonton televisi memang menyenangkan, apalagi jika acara favorit Anda tayang. Akan tetapi, sebaiknya segera matikan televisi saat Anda akan tidur. Hal ini untuk mendukung Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Suara serta cahaya dari televisi yang menyala hanya akan mengganggu tidur Anda.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengatur jadwal menonton Anda. Misalnya, kegiatan menonton televisi Anda diatur maksimal sampai jam 10 malam saja. Tepati jadwal tersebut dan raih kualitas terbaik dari tidur Anda.

 

3. Jauhkan dan Matikan Ponsel Saat Akan Tidur

Ponsel apalagi smartphone sekarang ini memang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan seseorang. Akan tetapi, jika waktu tidur sudah tiba dan jika Anda memang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, maka jauhkanlah ponsel dari tempat tidur Anda, jika perlu matikan sebelum Anda tidur.

Selain menghindarkan Anda untuk menggunakan ponsel di waktu yang seharusnya menjadi waktu tidur Anda, sinyal ponsel juga tidak akan terlalu banyak menerpa Anda. Sinyal ponsel terutama dengan baterai yang akan habis tidak baik untuk kesehatan otak. Jadi, matikan dan jauhkan ponsel saat hendak tidur.

 

4. Selalu Menjaga Kerapian dan Kenyamanan Kamar

Tips Sehat:  Tidur Berkualitas, Aktivitas Nyaman

Gambar via: cdn.homedesignlover.com

Setiap orang tentunya ingin bisa beristirahat dalam sebuah kamar yang nyaman dan bersih. Kamar dengan kondisi yang baik akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Oleh karena itu, biasakanlah diri Anda untuk selalu membereskan kamar di pagi hari setelah bangun tidur atau selalu rutin membereskan keseluruhan kamar satu atau dua minggu sekali.

Kamar yang bersih, rapi, nyaman, dan terhindar dari nyamuk akan menjadi ruangan yang terbaik untuk Anda melepas lelah. Anda juga bisa memilih jenis kasur, sprei, dan selimut yang sesuai selera sehingga membuat Anda semakin nyaman saat tidur. Selain itu, ventilasi udara kamar juga harus diperhatikan dengan baik. Hal ini agar pertukaran udara masuk dan keluar bisa berjalan lancar sehingga kamar tidak terlalu berdebu atau terlalu lembab.

 

5. Kerjakan Tugas Tanpa Ditunda dan Hentikan Aktivtas Tersebut saat Tiba Waktunya Tidur

Saya cukup sering begadang untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah sehingga waktu tidur saya terganggu. Sebenarnya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Jika waktu tidur sudah tiba, sebaiknya langsung tidur.

Bagaimana dengan semua tugas yang ada? Salah satu tips agar tugas Anda selesai dan jam tidur tidka terganggu adalah dengan segera mengerjakan tugas setelah diberikan oleh guru, dosen, atau atasan kerja tanpa ditunda-tunda. Terkadang keharusan begadang mengerjakan tugas terjadi karena sebelumnya tugas tersebut sering ditunda pengerjaannya dan baru dikerjakan mendekati hari dikumpulkannya tugas.

Terganggunya waktu tidur akibat mengerjakan tugas sampai larut malam atau bahkan sampai begadang akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan otak. Daya konsentrasi Anda akan berkurang dan terus menurun karena jam tidur dan istirahat Anda juga berkurang.

 

Untuk tujuan kesehatan otak, tubuh, dan pikiran, maka sebaiknya Anda benar-benar memerhatikan kegiaatn tidur Anda agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Berbagai kegiatan harian akan bisa dilakukan dengan semangat dan berjalan lancar jika Anda juga mendapatkan waktu tidur yang cukup dan tentunya berkualitas. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 53
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel