5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

17 Sep 2016 07:45 6333 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Emulator Android gratis terbaik 

5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Kehadiran OS Android untuk PC memang cukup menarik. Tetapi, jika Anda tidak mau ribet dengan sistem operasi dan betah dengan Windows, maka Anda cukup menggunakan emulator Android saja.  

Saat ini, ada cukup banyak emulator Android yang bisa Anda gunakan. Beberapa emulator malah ditawarkan secara gratis. Emulator Android ini juga punya kemampuan yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi atau games. Apalagi, jika Anda punya spesifkasi komputer yang mumpuni.

Lantas, apa saja emulator Android yang bisa Anda pilih? Berikut 5 diantaranya yang bisa Andalkan untuk menjalankan Android di PC Windows Anda!


 

1. Windroye

Windroye merupakan emulator Android yang berjalan tanpa menggunakan disk virtual. Artinya, emulator ini langsung  berjalan dalam  OS Window menggunakan perangkat komputer sesuai sepsifikasi yang ada.

5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Aplikasi Android  bisa langsung berjalan dengan baik dengan membaca spesifikasi PC terlebih dulu sesuai dengan spesifikasi PC yang Anda gunakan. Spesifikasi RAM yang digunakan juga menggunakan RAM dari komputer Anda.

Yang saya suka dari emulator Android ini adalah kestabilannya dalama menjalankan fungsi Android di Windows. Kelebihan lainnya adalah kebebasan memasang banyak aplikasi sesuai kapasitas penyimpanan PC Anda.

 

2. Bluestack

Bluestack adalah emulator Android paling populer karena banyak digunakan. Bisa dibilang, emulator ini merupakan emulator nomor satu. Tidak berlebihan memang karena Bluestack cukup stabil dan mampu menjalankan aplikasi dan games Android dengan lancar.

5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Lalu mengapa saya menempatkan Bluestack pada posisi dua?

Alasannya karena Bluestack membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Emulator ini membutuhkan setidaknya RAM 2GB agar berjalan dengan lancar.  Bahkan, sebenarnya, RAM 2GB juga terasa kurang.  Kalau ingin berjalan dengan lancar, setidaknya RAM PC yang harus dimiliki lebih dari 2GB.


Terlepas dari itu, Bluestack merupakan emulator yang mudah dipasang di PC Windows. Mengatur konfigurasi jaringan internet juga tidak perlu repot untuk menyambungkan emulator ini dengan  internet.

 


3. Nox

Kalau ada yang membutuhkan emulator terbaik dengan kemampuan seperti Bluestack tetapi ringan digunakan, maka Nox adalah jawabannya. Emulator ini mampu berjalan dengan lancar dan berjalan  baik.

5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

Nox juga tidak terlalu membutuhkan spesifikasi tinggi tetapi tentu saja spesifikasi tinggi tetap lebih baik. Pad aintinya, Nox berjalan tanpa memberatkan sistem komputer Anda.  Ini yang saya suka dari Nox.

Kelebihan Nox lainnya adalah mampu berjalan di Windows 10, mendukung gamepad, dan juga  bisa mengatur resolusi, bahkan mampu mengatur CPU dan RAM.

 


4. Droid4X

Droid4X merupakan emulator Android yang berkembang cukup baik dan cepat. Artinya, perkembangan emulator ini tidak kalah dengan emulator lain yang sejenis. Apalagi, emulator ini sudah dilengkapi fitur penting seperti dukungan perangkat root.

Droid4X juga dikembangkan dengan fokus pada performanya.  Pengembangnya sangat fokus untuk mengatur konfigurasi hardware PC agar emulator ini bisa lebih optimal. Merekapun mengklaim jika emulator ini menjanjikan performa diatas 50%.

Pengembangnya jga mengatakan kalau emulator ini sudah bisa memecahkan permasalahan aplikasi ARM untuk berjalan di framework x86. Ini membuat Droid4X mampu menjalankan 99% aplikasi dan games yang ada di Google PlayStore

We perfectly solved problems in ARM application which running in x86 framework, Compatible applications and games available more than 99%

 

5. MEmu

Kalau Anda membutuhkan emulator Android dengan kinerja melebihi smartphone flagship, maka Memu adalah jawabannya. Emulator Android asal Tiongkok ini mengklaim mampu menghadirkan melebihi kinerja sebuah perangkat Android. Hal ini dapat terlihat dari gambar hasil AnTuTU Bencmark yang ditampilkan pada situs resminya berikut ini.

5 Emulator Android Terbaik dan Gratis untuk PC Windows


Luar biasa bukan? Selain itu, MEmu dapat berjalan di beberapa perangkat seperti PC, Notebook sampai tablet. Memu  pun memiliki kompabilitas dengan sistem operasi desktop dan hardware desktop.

Sayang, MEmu berbasis Android 4.2.2 Jelly Bean. Tapi ini bukan masalah besar karena emulator ini tergolong stabil stabil  untuk digunakan.

 

Nah, itulah lima emulator Android pilihan terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan di komputer Windows Anda. Selain kelima emulator tersebut, ada juga emulator lainnya. Hanya saja saya memiilih yang terbaik. Kalau Anda punya dana, Anda juga bisa memilih emulator berbayar yang cukup baik seperti Youwave atau Genymotion.

 

Tags emulator

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel