5 Inovasi Teknologi ini Membuat Hidup Semakin Mudah

14 Jan 2016 18:00 1972 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa diantaranya sudah ada di Indonesia.

Kita sekarang ini hidup dimana setiap menit dari waktu kita sangatlah berharga. Namun, semakin kesini hidup kita terasa semakin sulit karena semakin padatnya penduduk akibat terlalu terpusatnya pembangunan di suatu wilayah.

Meskipun begitu, teknologi yang hingga kini terus berkembang mengikuti gaya hidup penduduk yang semakin sibuk telah berhasil membuat hidup kita menjadi tidak sesulit yang seharusnya.

Dan di bawah ini adalah 5 inovasi di bidang teknologi yang telah secara tidak sadar telah membuat setiap waktu yang kita miliki setiap harinya tidak terbuang sia-sia.

 

1. GPS (Global Positioning System)

Adalah sebuah teknologi yang umumnya terdapat pada smartphone kesayangan kita. Dengan menggunakan GPS kita dapat mengetahui posisi dari suatu lokasi dengan mudah (tapi tergantung kecepatan internet juga sih).

Selain mengetahui posisi lokasi dengan mudah, GPS juga memiliki beberapa fungsi seperti memberikan rute tercepat ke suatu tempat, mengetahui jalan mana saja yang sedang mengalami kemacetan secara real-time bahkan sampai melacak seseorang yang ingin kita ketahui lokasinya.

 

2. Taksi dan Ojek Online

Sebelumnya kita harus menunggu untuk sebuah taksi lewat apalagi sambil hujan-hujanan, ataupun naik ojek tapi harus berjalan ke pangkalan ojeg yang jaraknya mungkin cukup jauh dari rumah.

Sekarang hal tersebut bukanlah masalah lagi. Karena hanya dengan sebuah smartphone di genggaman tangan kita, taksi ataupun ojeg dapat kita panggil menjemput kita tanpa kita harus menunggunya sambil hujan-hujanan atau berjalan ke pangkalan terlebih dahulu.

Selain menghemat waktu, aplikasi taksi dan ojek ini juga sangatlah praktis untuk digunakan.

 

3. Digital Signature

Ada kalanya ketika kita ingin meminta tanda tangan suatu kontrak, harus ada tanda tangan lainnya yang biasanya harus tercantum terlebih dahulu.

Secara otomatis, tentunya kita harus keliling mencari orang-orang yang memang memiliki tanda tangan tersebut. Kadang harus ke luar kota kalau kontraknya memang mendesak, ataupun harus subuh-subuh datang ke rumahnya dan mendapat sorotan tajam dari pak satpam yang ada di komplek.

Dengan teknologi digital signature seperti aplikasi DocuSign, sebuah kontrak yang harus tercantum banyak tanda tangan sekarang ini akan dengan mudah ditandatangani. Karena kita hanya perlu mengirimkan dokumen melalui internet ke penanda tangan tanpa harus mencari dan mendatangi orang yang dibutuhkan tersebut.

 

4. Toko Online

Jika ada disini yang memiliki profesi mulia sebagai ibu rumah tangga, berbelanja ke pasar setiap hari mungkin merupakan sebuah hal yang cukup melelahkan. Apalagi jika ibu rumah tangga tersebut adalah ibu rumah tangga yang juga harus mengurus toko sendiri ataupun menjaga bayi di rumahnya.

Dengan inovasi teknologi berupa toko online, seorang ibu rumah tangga yang seharusnya pergi ke pasar setiap hari untuk membeli bahan masakan, kini dapat dengan mudah membeli sembako secara online tanpa harus meninggalkan rumah.

 

5. Tukang Cat Online

Mengecat rumah ataupun kantor di Indonesia hingga saat ini masih menggunakan tenaga sendiri ataupun tukang cat manual dimana para tukang cat tersebut mengecat dengan menggunakan imajinasi atau dengan melihat blueprint sesuai permintaan para pelanggannya.

Namun, berkat kemajuan teknologi saat ini, tukang cat rumah pun sekarang sudah mulai bergerak lewat online.

Untuk melakukan sebuah order pengecatan secara online, pelanggan biasanya diharuskan untuk mengirimkan foto ruangan yang ingin dicat, kemudian dengan menggunakan software khusus dari tukang cat online tersebut, Anda kemudian dapat menentukan sendiri warna yang ingin Anda terapkan pada ruangan tersebut.

Setelah selesai memberikan warna secara digital, Anda kemudian tinggal berkonsultasi dengan jasa cat tersebut secara online. Setelah mencapai kesepakatan, maka Anda hanya tinggal menunggu pasukan tukang cat datang ke ruangan Anda dan mengecat ruangan Anda sesuai dengan warna yang Anda inginkan. [FM]

 

 

 

gambar: nrpin

 

About The Author

Fahd M. 74
Bolpoint

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel