Tips Mengatur Penataan Lampu untuk Berbagai Ruangan di Rumah

30 Nov 2015 19:00 7800 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penataan lampu yang tepat dan baik akan memberikan pengaruh yang baik untuk setiap ruangan.

Home sweet home. Pernah mendengar ungkapan tersebut? Ya, ungkapan yang menunjukkan bahwa rumah merupakan tempat yang paling nyaman dan menyenngkan untuk setiap orang ini akan semakin terasa dengan berhasilnya pemilik rumah mengatur setiap ruangan di rumahnya.

Pengaturan ruang-ruang di rumah mencakup tata letak barang, ventilasi udara, jendela, hiasan, juga penerangan atau penataan lampu. Penataan lampu sebenarnya tidak bisa dianggap sepele karena akan banyak memberikan pengaruh terhadap kenyamanan serta keindahaan rumah pada malam hari.

Penataan lampu di setiap ruangan di rumah harus diatur sedemikian rupa, mulai dari seberapa terang lampu yang digunakan, bentuk lampu, letak penyimpanan lampu, dan lain-lain. Pemilihan jenis lampu juga akan memberikan pengaruh yang cukup besar.

Bagi Anda yang ingin mulai menata ulang lampu ruangan atau yang berencana membangun rumah, berikut tips-tips untuk mengatur penataan lampu di berbagai ruangan dalam rumah.

Penataan Lampu di Ruang Tidur/Kamar

Tips Mengatur Penataan Lampu untuk Berbagai Ruangan di RumahGambar via: www.desainrumahminimalistz.com

Ruang tidur merupakan ruangan privat setiap anggota keluarga yang tentunya haruslah dibuat senyaman dan sebaik mungkin. Untuk penerangan, selain lampu utama yang digunakan terutama ketika Anda melakukan kegiatan seperti belajar atau menyelesaika pekerjaan, tempatkan juga lampu-lampu lainnya yang akan menunjang waktu istirahat Anda.

Anda bisa menempatkan hidden lamp di balik trap flavon. Hidden lamp ini akan memberikan kesan teduh dan tentunya menjadi bentuk penerangan yang cukup untuk istirahat. Bagi yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, bisa menggunakan hidden lamp atau lampu duduk di samping tempat tidur.

Untuk lampu-lampu yang dinyalakan ketika sedang tidur, pilihlah warna lampu yang membuat nyaman dan tentunya tidak begitu terang.

Penataan Lampu di Ruang Keluarga

Tips Mengatur Penataan Lampu untuk Berbagai Ruangan di RumahGambar via: spacehistories.com

Salah satu ruangan di rumah yang menjadi tempat untuk berbagai kegiatan keluarga adalah ruang keluarga. Untuk memaksimalkan fungsi ruang keluarga, maka dibutuhkan beberapa jenis penerangan seperti penerangan yang sifatnya merata, penerangan yang searah, dan penerangan setempat.

Gunakan lampu yang terang untuk penerangan merata di ruang keluarga, lampu ini juga berfungsi sebagai lampu utama. Sedangkan penerangan searah maksudnya adalah penerangan untuk menerangi bagian-bagian tertentu dalam ruang keluarga seperti foto keluarga dan hiasan-hiasan dinding. Penerangan selanjutnya yang bisa ditambahkan adalah penempatan penerangan setempat seperti lampu duduk yang akan mempercantik ruangan keluarga.

Penataan Lampu di Ruang Tamu

Tips Mengatur Penataan Lampu untuk Berbagai Ruangan di RumahGambar via: desaininteriorrumah.info

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang umumnya paling dekat dengan pintu masuk dan menjadi ruangan pertama yang akan dilihat oleh para tamu. Oleh karena itu, penerangan yang merata sangat dibutuhkan di ruangan ini.

Gunakan lampu yang bisa menerangi ruang tamu secara maksimal. Hal ini akan membuat Anda dan juga para tamu merasa nyaman saat sedang mengobrol. Jika tidak ada tamu, Anda bisa menyalakan jenis penerangan setempat seperti lampu duduk atau lampu dinding.

Penataan Lampu di Dapur

Tips Mengatur Penataan Lampu untuk Berbagai Ruangan di RumahGambar via: www.desainic.com

Dapur merupakan sebuah ruangan vital tempat dibuatnya berbagai hidangan lezat untuk keluarga. Untuk mendukung aktivitas memasak pada malam hari, diperlukan penerangan yang merata dan penerangan setempat.

Pastikan menggunakan lampu yang tepat, terang tetapi tidak juga berlebihan. Pastikan semua lampu yang dipasang di ruang dapur dapat menunjang aktivitas memasak yang memang memerluka cahaya yang cukup.

Penataan Lampu di Ruang Makan

Ruang makan juga tidak luput dari penataan lampu yang harus diperhatikan dengan baik. Anda bisa menempatkan lampu gantung tepat di atas meja makan yang akan menerangi keseluruhan meja makan dengan baik.

Untuk tambahan penerangan, bisa menggunakan lampu dinding yang juga akan menambah keindahan di area ruang makan. Pilihlah warna lampu sesuai dengan desain ruang makan yang Anda buat.

Penataan Lampu di Kamar Mandi

Untuk kamar mandi, gunakanlah lampu terang dengan penataan yang bisa memberikan penerangan merata pada seluruh ruangan. Kamar mandi dengan penerangan yang baik akan membuat nyaman pengguni rumah terutama pada malam hari.

Pastikan juga jarak lampu dengan kemungkinan cipratan air cukup jauh. Hal ini untuk menghindarkan area lampu terkena cipratan air yang bisa jadi berbahaya.

 

Tips penataan lampu untuk berbagai ruangan di rumah tersebut semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Sudahkah Anda mengatur penerangan di rumah Anda secara maksimal?

Tags

About The Author

DIA 56
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel