Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat Ini

27 Nov 2015 10:30 10183 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa jenis pucuk daun memiliki banyak manfaat dan lezat untuk disantap.

Menyantap hidangan yang terbuat dari pucuk daun segar tentunya akan terasa nikmat. Terlebih jika pucuk daun tersebut sebagian dijadikan lalapan yang dikonsumsi dengan sambal pedas. Ada banyak jenis tanaman yang pucuk daunnya memiliki rasa lezat.

Tetapi tahukah Anda? Beberapa jenis pucuk daun yang bisa dikonsumsi tersebut ternyata banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa jenis pucuk daun lezat yang kaya manfaat.

 

1. Pucuk Daun Singkong

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat Ini

Gambar via: obatsakitpinggangtradisional.com

Tanaman yang dikenal dengan nama singkong ini merupakan jenis tanaman yang umum diketahui dan mudah untuk ditanam. Umbi singkong juga bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak dan lezat.

Selain umbinya, daun singkong juga kaya akan manfaat terutama pucuk daunnya yang masih muda dan segar. Pucuk dari daun singkong kaya akan kandungan protein, vitamin A, dan vitamin C. Kandungan nutrisi dalam daun singkong tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh.

 

2. Pucuk Daun Katuk

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat IniGambar via: www.deherba.com

Pohon katuk termasuk ke dalam jenis tanaman perdu. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang umum dijumpai dan kaya manfaat. Pucuk dari daun katuk banyak mengandung protein dan kalsium. Selian ituk, pucuk daun katuk juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Pucuk daun katuk juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satunya yang umum dibuat adalah sayur bening. Anda bisa menjadikan sayur bening sebagai menu makan siang Anda bersama keluarga.

 

3. Pucuk Daun Melinjo

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat Ini

Gambar via: www.2.bp.blogspot.com

Jika Anda penggemar emping, maka Anda pasti juga tahu bahan utama untuk membuat emping. Emping terbuat dari buah melinjo. Tetapi selain buah melinjo, ternyata pucuk daun melinjo pun bisa dikonsumsi dan menjadi campuran untuk sayur lodeh dan sayur asam.

Pucuk daun melinjo bisa memberikan aroma dan rasa yang khas pada sayur yang dibuat.Selain dari segi rasa, pucuk daun melinjo juga kaya akan kandungan zat besi, vitamin A, vitamin C, protein, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

4. Pucuk Daun Kemangi

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat Ini

Gambar via: i896.photobucket.com

Pucuk daun kemangi umum digunakan sebagai campuran untuk sayur, pepes, dan juga sebagai lalapan. Aroma khas dari kemangi banyak membuat orang suka. Tanaman kemangi juga mudah untuk tumbuh di berbagai tempat baik di dataran tinggi maupaun di dataran rendah.

Selain aroma dan rasanya yang membuat masakan menjadi lezat, pucuk daun kemangi mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C. Kandungan kalsium dan fosfor dalam pucuk daun kemangi baik untuk menjaga kesehatan tulang.

 

5. Pucuk Daun Pepaya

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat Ini

Gambar via: jabar.tribunnews.com

Daun pepaya memiliki banyak manfaat, bisa dijadikan bungkus untuk masakan buntil, sebagai pengempuk daging sebelum dimasak, dan pucuk daunnya bisa dijadikan lalapan yang lezat. Rasa dari daun pepaya memang agak pahit, tetapi rasa pahit tersebut merupakan bagian dari kelezatan pucuk daun pepaya.

Pucuk daun pepaya mengandung banyak sekali nutrisi di antaranya kalsium, vitamin A, vitamin C, dan zat Papain. Zat Papain sendiri merupakan jenis zat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan nutrisi bernama zat Papain ini akan melancarkan proses pencernaan dalam perut.

 

6. Pucuk Daun Labu Siam

Nikmati Manfaat dari Aneka Pucuk Daun Lezat IniGambar via: detik.com

Pucuk dari tanaman labu siam bisa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau dimasak menjadi urap dan tumisan. Anda juga bisa mengkonsumsi pucuk daun labu siam yang dikukus terlebih dahulu. Selain rasanya lezat, pucuk daun labu siam kukus ternyata mengandung serat yang tinggi yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada pucuk daun labu siam adalah protein, fosfor, kalsium, dan vitamin A. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut dengan rutin mengonsumsi pucuk daun labu siam.

 

Mengonsumsi aneka pucuk daun kaya nutrisi secara rutin dan teratur bisa memenuhi kebutuhan serat dan beberapa jenis nutrisi lainnya pada tubuh. Selain itu, beberapa jenis pucuk daun tersebut juga kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan penurun kolesterol.

Itulah beberapa jenis pucuk daun yang memiliki banyak nutrisi baik yang kaya manfaat dan tentunya lezat saat dikonsumsi. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel