Pastikan kamu menyukainya. Welcome to College.

20 Nov 2015 23:42 1766 Hits 2 Comments

Ketika kamu menentukan jurusan kuliah, pastikan kamu tidak akan salah jurusan. 
Kenali dirimu, minatmu dan kemampuanmu.
 

Welcome to College. 
Yup, selamat datang Mahasiswa Baru. 
Buat kamu-kamu yang bentar lagi bakal kuliah, maba = mahasiswa baru bakalan jadi sapaan buat kamu. 
Hi, maba. ahaha :)

Untuk para camaba (calon mahasiswa baru) sebelum kamu masuk dunia kampus pastikan kamu memiliki pilihan yang tepat. Bukan sekedar mengenai universitas ternama atau tidak, tapi hal terpenting adalah jurusan apa yang paling tepat buat kamu. Tepat dalam arti sesuai dengan minat dan kesukaan kamu. Bukan karena apa yang disukai orang tua atau karena ada orang yang kamu suka ada disana apalagi cuma karena ' ikut-ikutan' teman. Ini banyak sekali terjadi, serius. Karena namanya siswa masih belum memiliki pendirian yang tetap istilahnya labil. Dapat dibuktikan setiap tahunnya di setiap universitas, dapat ditemui banyak sekali mahasiswa yang minggat dari universitas sebelumnya karena ga sesuai alias ' salah jurusan '. 
Kenapa hal ini dapat terjadi ?
yuk sharing bareng disini. 
 

Salah jurusan.

Ya salah jurusan merupakan momok terbesar ketika kamu dihadapkan dengan keadaan ini. 
Keadaan dimana banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu memutuskan untuk mencari jati diri kamu. 
Kenapa harus ada salah jurusan ?
Kenapa kamu memilih jurusan itu sebelumnya ?
Lalu, kenapa memilih pindah ?

Tentu banyak penyesalan ketika kamu sudah berusaha untuk bertahan tetapi ternyata tidak bisa.
 

Salah jurusan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Ada yang menunggu tes selanjutnya karena belum bisa diterima dijurusan favoritnya, ada yang memilih secara acak karena mottonya 'yang penting diterima' , ada juga karena ketakutan tidak bisa diterima lagi setelah bermacam-macam kegagalan dialami, dan lain sebagainya. Ketakutan dan kegagalan. 
Ketika kamu takut maka disana kamu akan gagal. Ya, berpikir positif dan stay calm. 
Jangan khawatir dan jangan takut, karena memang benar ketakutan dan kekhawatiran kamu akan menjadi penghalang buat kesuksesan kamu, makanya datanglah kegagalan dan kesuksesan menjauh. So, don't be afraid guys. Must GO ON. 

 

Dalam memilih jurusan, pastikan kamu benar-benar menyukainya. Kamu bisa lihat dari segi belajar kamu, kamu lebih minat kemana. Setiap belajar ketika mata pelajaran apa semangat belajar kamu tinggi terus you never get sleepy.hehehe

Hal itu harus terus kamu pantau, karena ini bagian dari proses guys. Kita masih muda, berproses itu penting dan perlu. Nikmati proses kamu dan pelajari setiap proses itu, jangan dibiarkan saja berlalu. Gagal itu sudah biasa, jangan pernah berhenti mencoba tetaplah mencoba. Karena ketika kamu berhenti mencoba makanya semuanya akan berakhir. 

Sekedar berbagi pengalaman, tergantung para reader responnya seperti apa. Karena menurut saya ini ada guru paling berharga paling saya. Yup, pengalaman. 

Dulu, sewaktu SMA aku bukan lah anak berprestasi. Bukan anak pinter juga, ya bisa dibilang anak biasa-biasa saja. Sekedar anak perempuan yang bersekolah mengikuti alur dari sistem sekolah menengah atas. Kelas satu aku ga suka banget pelajaran biologi, fisika dan geografi. Paling suka pelajaran matematika dan olahraga. Menurut aku ya, biologi dan geografi itu teori dan hafalan banget. Ya aku kurang minat disana. Tapi berbeda dengan fisika, aku memang ga suka karena sulit dipahami. Herannya ya, aku justru berusaha untuk memahami fisika sampai memberanikan diri daftar seleksi anggota olimpiade fisika. Gila ga tuh ! hahaha...
Lalu, ketika tes universitas aku gagal di tes undangan, lalu aku panik. Aku takut, khawatir akan kegagalan. Akhirnya aku memilih jurusan yang memiliki kouta paling banyak supaya ga gagal. Niat awalnya supaya ga gagal, tapi ternyata kegagalan baru dimulai ketika aku diterima sebagai mahasiswa baru sebuah universitas ternama Pulau Jawa. 
Karena aku ' salah jurusan '. 
Pahit kurasa, sakit dan penuh penyesalan. 
Berulang kali bergumam dalam hati, apa ini ? kenapa seperti ini ? harus berbuat apa untuk mengatasi semua ini. 
Ini pengalaman banget lah buat aku, setelah sekarang aku sadar ternyata aku sudah melalui semua kebimbangan itu dan telah 5 semester menikmati jurusan baru yang InsyaAllah aku minati. :)

Itulah bagian dari proses aku :)
Banyak hal yang telah aku petik, dalam menentukan sesuatu dipikir mateng-mateng jangan sekedar beres saat itu tapi pikirkan juga dampak kedepannya seperti apa. 
Karena penentuan jurusan ini bener-bener harus dipertimbangkan dan diputuskan dengan benar. Nantinya kamu akan menjalani proses pendidikan di universitas juga ga sebentar loh, kurang lebih 3-4 tahun untuk jenjang D3 dan S1. 
Itulah mengapa aku memutuskan untuk pindah di tahun pertama karena untuk 3-4 tahun bertahan kemungkinan besar aku belum mampu untuk berbahagia, hehe 
Mungkin kesannya aku seperti orang yang bersyukur ya? tapi ini adalah bagian dari usaha aku untuk lebih baik dan mencari apa yang aku suka. 

Do what you love do what you like and success never be far away 
 

Tetap semangat dan open mind dengan segala masukan. 

Perbanyak sharing dengan kakak kelas atau kenalan kamu yang udah kuliah siapatau kamu bisa memperoleh gambaran seperti apa nantinya ketika kamu kuliah. 

 

Tags

About The Author

Avnew 11
Novice

Avnew

Newbie yang sedang belajar menulis dan akan terus berusaha hingga pada akhirnya akan menggapai semua impian.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Avnew