5 Saluran Belajar Fotografi di YouTube

19 Oct 2015 17:00 4766 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tingkatkan ilmu fotografi Anda dengan menyaksikan saluran-saluran ini.

Belajar sesuatu selalu membutuhkan waktu, tidak terkecuali belajar fotografi. Belajar sesuatu juga akan terasa menyenangkan jika dalam mempelajari sesuatu Anda menyesuaikannya dengan waktu dan kemampuan belajar yang Anda miliki.

Pada situasi seperti inilah YouTube menjadi solusi terbaik yang dapat Anda temukan.

Di salah satu penyedia layanan hiburan dan informasi dunia maya bernama YouTube, terdapat banyak channel atau saluran yang memang khusus dan didedikasikan pada topik “Fotografi”. Dan beberapa diantaranya adalah saluran yang memang ditujukan bagi para newbie atau pemula di dunia fotografi.

Sehingga di dalam saluran tersebut penjelasannya sangat mendetil dan mendasar tapi mudah dimengerti.

Inilah lima Channel YouTube yang dapat menginspirasi dan juga meningkatkan kemampuan Anda dalam fotografi.

 

1. Academy of Photography

Adalah sebuah saluran di YouTube yang dibuat oleh Christian Tudor, yaitu seorang fotografer profesional yang bermarkas di Sydney, Australia. Dia percaya bahwa mereka yang mengikuti tutorial di saluran YouTube miliknya dapat menguasai fotografi dasar hanya dalam waktu dua minggu saja.

Subscriber dari saluran ini sendiri sudah lebih dari 69,000 subscribers. Sedangkan tayangan dari saluran ini sudah memiliki lebih dari 3.6 juta penonton.

 

2. SLR Lounge

Adalah sebuah channel di YouTube, dimana channel ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar teknik pemotretan menggunakan media berupa kamera DSLR.

Playlist yang ada pada saluran ini seperti Photography 101 | Master Manual Mode dan Lighting 101 | Best Way to Learn Flash Photography mungkin menjadi topik yang menarik bagi mereka para pemilik kamera DSLR atau yang ingin belajar teknik pemotretan menggunakan kamera DSLR.

Topik lain seperti tutorial untuk Adobe Photoshop dan Lightroom juga tersedia di saluran atau channel ini.

Hingga saat ini, saluran ini sudah memiliki subscribers di atas 157 ribu orang. Dan penayangan lebih dari 10 juta penayangan.

 

3. COOPH

COOPH adalah sebuah nama sekaligus singkatan dari sebuah saluran di YouTube yang mungkin membuat Anda sedikit terkejut dengan video yang tidak begitu banyak dimiliki oleh saluran ini. Yang mungkin mengejutkan adalah dengan jumlah video yang sedikit saluran ini mampu menarik subscribers lebih dari 315 ribu orang dan penayangan lebih dari 28 juta total penayangan.

COOPH atau Cooperative of Photography adalah sebuah saluran di YouTube yang isinya berbagai macam tips dan trik yang sangat bermanfaat dalam fotografi, dimana Anda dapat langsung mempraktekkan teknik atau tips dan trik yang ada pada video-video di saluran ini seperti pada playlistnya tentang 7 DIY Photography Tips Using Household Objects.

 

4. AdoramaTV

AdoramaTV adalah salah satu saluran di YouTube yang menyediakan berbagai tutorial bagi para shutterbugs di berbagai tingkat kemahiran, mulai dari tingkat pemula, tingkat menengah dan tingkat profesional.

Bagi Anda para pemula di dunia fotografi, mungkin Anda akan sering mengunjungi saluran yang satu ini karena playlist untuk tingkat pemula di saluran ini sendiri terdiri dari 244 video yang setiap videonya mengajarkan tips dan trik yang berbeda-beda.

Hingga saat ini, saluran fotografi AdoramaTV sudah memiliki subscriber mencapai 347 ribu orang dan total penayangan lebih dari 35 juta view.

 

5. Matt Granger

Adalah seorang fotografer portrait dan seorang edukator yang berasal dari Sydney, Australia.

Playlist-nya yang bernama Educating Tina adalah sebuah playlist yang diperuntukkan untuk mereka yang baru saja terjun ke dunia fotografi. Selain itu, dalam saluran ini juga terdapat sebuah playlist yang isinya berupa panduan-panduan untuk membeli alat-alat fotografi jika kelak Anda ingin memperbanyak alat-alat fotografi Anda.

Dengan total 363,104 subscribers pada saat artikel ini dibuat, saluran Matt Granger sudah memiliki total penayangan lebih dari 58 juta views. Dimana menjadi saluran fotografi dengan penayangan tertinggi yang ada di YouTube.

 

Penutup

Kelima saluran yang penulis ulas di atas adalah saluran dengan bahasa Inggris. Walaupun tidak menggunakan bahasa Indonesia, istilah-istilah fotografi yang ada di kelima channel di atas cukup mudah dimengerti.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tidak mengerti bahasa Inggris dapat juga menyaksikan video ini dengan meniru gestures atau gerakan-gerakan yang ada pada kelima channel ini. [FM]

About The Author

Fahd M. 78
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel