Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

13 Oct 2015 19:00 40650 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kenali RAM tipe LPDDR yang ternyata berbeda dengan DDR

Apa itu LPDDR? Sebagian dari Anda mungkin ada yang bertanya tekait LPDDR. Sebagian dari Anda mungkin baru mengenal istilah ini.  Untuk itulah, kemudian saya akan memberikan sedikit penjelasan terkait LPDDR ini. 

Untuk diketahui, LPDDR ini merupakan jenis RAM DDR (Double Data Rate) yang dikembangkan khusus untuk perangkat computer mobile. 

LPDDR ini merupakan singkatan dari Low Power DDR. Artinya, LPDDR adalah tipe RAM hemat daya yang diperuntukan untuk perangkat mobile.  Dengan penjelasan ini, jelas Anda tahu bahwa LPDDR berbeda dengan RAM DDR yang biasa digunakan pada perangkat komputer. 

Seperti apa LPDDR ini? Dan bagaimana cara kerjanya? Pemaparan terkait LPDDR ini bisa menjawab pertanyaan tersebut. 

 

LPDDR

Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

LPDDR generasi pertama (kemudian disebut LPDDR1) adalah tipe RAM hasil modifikasi dari DDR SDRAM . 

Modifikasi yang  dilakukan adalah pengurangan konsumsi daya 9karena itu disebut low power) serta beberapa perubahan yang diperlukan untuk sebuah perangkat mobile. 

Tegangan suplai memori RAM LPDDR ini berkurang sekitar 2,5 sampai 1,8 V dari versi orginalnya. Selain itu, RAM LPDDR bekerja agar perangkat hardware lebih hemat dengan melakukan refresh ketika temperature naik. 

Sistem kerja ini tentu saja berbeda dengan tipe DDR pada komputer yang cenderung stabill. 

LPDDR  sendiri memiliki bentuk yang kecil  dan tidak banyak memakan ruang mainboard. Tentu saja karena mainboard karena perangkat mobile lebih kecil dibandingkan motherboard untuk perangkat PC maupun laptop 14 inci keatas. 

Beberapa perangkat yang pertama menggunakan tipe RAM ini adalah Apple iPad, Samsung Galaxy Tab dan Motorola Droid X

 


LPDDR2

Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

LPDDR2 kemudian menjadi generasi penerus LPDDR dan menjadi standar yang layak digunakan berdasarkan JEDEC. 

Bagi yang belum tahu, JEDEC  adalah organisasi independen  berisi para teknisi yang menentukan standar sebuah perangkat bodi semiconductor. 

Nama  JEDEC  sendiri sering disebut sebagai JEDEC Solid State Technology Association atau dikenal pula dengan sebutan Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC). 

Dan JEDEC mendaftar LPDDR2 sebagai sebuah standar baru dengan kode JESD209-2E. Standar ini ditetapkan karena LPDDR2 memiliki efisiensi daya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan LPDDR2. 

LPDDR2 sendiri berkerja dengan daya 1,2V dan tipe RAM ini tidak kompatibel dengan DDR1 atau DDR2 SDRAM,

 

LPDDR3

Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

LPDDR3 adalah singkatan untuk Low Power Data Rate 3. LPDDR3 ini merupakan tipe RAM yang cukup banyak digunakan di smarpthone saat ini. 

Pasalnya, LPDDR3 memilki lebar pita dan  data rate yang jauh lebih tinggi dibandingkan LPDDR2.  Jenis RAM ini juga efisinesi daya serta memori density-nya lebih tinggi.  

LPDDR3 juga dibekali dengan teknologi yang tidak ada pada LPDDR2. Teknologi tersebut adalah ODT, Command/Address Training, Low I/O capactive, dan write leveling.

LPDDR3 diperkenalkan pada tahun 2012. Pada saat itu, smartphone yang menggunakan tipe memori RAM ini adalah Samsung Galaxy S4, HTC One M8, dan Nexus 10, iPhone 5s, Macbook Air, dan Microsoft Surface Pro 3.

Oh yah, LPDDR3 ini memiliki beebrapa model, yakni LPDDR3 3GB, LPDDR3 SDRAM 4GB, dan LPDDR3 6 GB yang diperkenalkan Samsung. 

 


LPDDR4

LPDDR4 menjadi bahan pembicaraan ketika produsen OnePlus mengumumkan bahwa OnePlus Two menggunakan tipe RAM LPDDR4.  

Produsen lain pun tak mau kalah. Samsung  denngan Galaxy S6-nya, Xiaomi lewat Mi Note Pro, dan LG dengan G Flex 2 pun menggunakan RAM LPDDR4. 

Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

Ini menandakan bahwa mulai tahun 2015 keatas, akan banyak smarpthone kelas premiun menggunakan tipe RAM LPDDR4. 

Apa yang istimewa dari LPDDR4? 

Jelas ini adalah tipe RAM generasi selanjutnya yang tentunya lebih baik dibandingkan
LPDDR3. Jenis RAM ini memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi serta mampu menurunkan clock speed ketika sebuah aplikasi sederhana berjalan di belakang. 

Tipe RAM ini juga sudah mendukung lebar pita (bandwith) sampai 3.200Mbps. Tujuannya tentu saja agar transmisi data bisa lebih cepat. Fitur merekam video 4K dan kamera diatas 20MP pun sudah didukung oleh RAM LPDDR4. 

RAM LPDDR4 sendiri baru diproduksei oleh perusahaan Samsung dan Micron (saat artikl ini dibuat). Bahkan, Samsung telah menghadirkan RAM LPDDR4 berkapasitas 8GB. Model RAM ini lebih cepat dan hemat daya dibandingkan RAM LPDDR3 8GB. 

Oh yah, RAM LPDDR4 ini berjalan dengan lancar jika sytem-on-chip yang digunakan sudah mendukung RAM LPDDR4.  Contohnya adalah Qualcomm Snapdragon 810 dan Samsung Exynos 7420 yang sudah mendukung tipe RAM ini. 

Kedepan, mungkin akan banyak tipe chipset yang mendukung tipe RAM ini. 

Untuk melihat perbandingan keempat tipe RAM LPDDR, coba lihat tabel berikut yang saya ambil dari Wikipedia. 

Pengertian LPDDR dan Penjelasan LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4

Dari tabel tersebut, tampak bahwa tiap generasi LPDDR, ada varian huruf akhir E dengan peningkatan angka kecepatan dibandingkan versi standarnya. 

Itulah pemaparan terkait tipe RAM LPDDR. Semoga setelah membaca ini, Anda jadi tahu perbedaan tentang RAM LPDDR dan RAM DDR yang digunakan pada perangkat komputer PC atau laptop. 

Tags RAM

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel